Home Perencanaan Langkah Mudah Atur Keuangan Bulanan

Langkah Mudah Atur Keuangan Bulanan

by admin
atur keuangan bulanan

Banyak orang yang terjebak dalam kebangkrutan atau masalah finansial hanya karena mereka tidak mampu mengatur keuangan mereka dengan baik. Tanpa disiplin dalam mengatur keuangan memang bisa membuat orang pada akhirnya mengalami kesulitan keuangan. Jebakan hutang apabila tidak diwaspadai akan sangat mengerikan dampaknya walaupun di awal tampak sangat menggiurkan penawarannya. Terutama bagi kita yang memiliki penghasilan yang pas-pasan pasti ketika melihat kredit tampak seperti angin segar yang bisa membuat kita terlena. 

Gaji yang pas-pasan memang seringkali membuat kita kesulitan untuk mengaturnya. Tidak jarang kita di akhir bulan kita sudah “ngos-ngosan” bahkan “susah napas” Karena sudah kehabisan dana anggaran. Banyak faktor memang yang harus kita penuhi walaupun hanya dengan gaji yang pas-pasan. Tapi dengan tata kelola keuangan bulanan yang baik, kita sebisa mungkin untuk mengatur gaji pas-pasan kita untuk bisa mencukupi kebutuhan dalam sebulan. 

Lalu bagaimana cara mengatur uang bulanan yang baik walaupun dananya pas-pasan? Yuk mari kita simak tips dan cara untuk mengatur uang bulanan agar tetap bisa bernapas lega di akhir bulan. 

cara mengatur uang bulanan

  • Membuat list anggaran

Buatlah list anggaran bulanan yang sesuai dengan penghasilan yang kita terima dalam satu bulan. Utamakan dulu untuk menulis semua kebutuhan pokok dan juga tanggungan-tanggungan yang wajib untuk dibayar sebagai pos pengeluaran utama yang mendapat porsi paling besar. Buatlah urutan pos pengeluaran sesuai dengan prioritas dan urgensi dari masing-masing pengeluaran tersebut. 

Dengan membuat list anggaran yang berskala prioritas, kita bisa membedakan mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya sebuah keinginan. Tunda semua keinginan dan masukkan dalam list impian untuk lebih memotivasi untuk menabung dan juga mencari penghasilan lebih. 

  • Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Pastikan kita bisa membedakan tentang kebutuhan dan juga keinginan. Jangan sampai kita mengeluarkan dana untuk sesuatu yang tidak urgent hanya karena ingin. Pastikan dulu semua kebutuhan sudah tercukupi pos dananya. 

Dengan lebih memprioritaskan kebutuhan dibanding dengan keinginan, kita bisa mengamankan lebih banyak dana untuk keperluan lainnya atau untuk ditabung. Jangan mudah tergiur untuk membeli ini dan itu hanya karena diskon, promo atau hanya karena ingin membelinya. 

Kita bisa saja mempersiapkan dana untuk mengakomodir keinginan tapi harus setelah mencukupkan semua kebutuhan yang memang harus diutamakan.

  • Catat pengeluaran

Buatlah pembukuan dari semua pengeluaran yang dilakukan sehari-hari. Hal ini penting sebagai evaluasi dan juga pertimbangan untuk pembuatan anggaran di bulan-bulan berikutnya. Dari catatan harian pengeluaran kita bisa melihat pos mana yang frekuensi pengeluaran dananya paling besar dan kita bisa mencoba mencari solusi terbaik untuk mengatasi pengeluaran besar tersebut. 

  • Siapkan dana darurat dan tabungan

Jangan pernah menyepelekan dana darurat dan juga tabungan. Kedua hal ini sangat penting dan sangat membantu kita apabila tiba-tiba kita menemui kebutuhan yang mendesak. Keberadaan dana darurat bisa menjadi solusi cepat yang bisa digunakan agar terhindar dari hutang. Sesuaikan dengan kemampuan dalam mempersiapkan dana darurat dan ataupun tabungan.

Pada dasarnya tabungan saja juga sudah cukup mencakup fungsi sebagai dana darurat, tetapi apabila memang mampu tidak ada salahnya kita membedakan antara keduanya agar dana yang sudah masuk tabungan tidak perlu terganggu ketika kita butuh dana darurat.  

Ada baiknya juga bila kita memisahkan rekening antara tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian kita bisa lebih fokus dalam menabung dan tabungan kita tidak terganggu dengan kebutuhan sehari-hari. 

  • Bijaklah dalam membelanjakan uang

Walaupun penghasilan kita bisa dikatakan lebih dari cukup, kita harus tetap bijak dalam membelanjakan uang yang kita miliki. Jangan sampai kita jadi terjebak dalam masalah finansial hanya karena pola hidup kita yang buruk dan ketidakmampuan dalam memanajemen keuangan. Lebih baik bila kita mengalokasikan kelebihan dari pendapatan untuk ditabung, berinvestasi atau untuk belajar yang bisa menambah skill ataupun ilmu yang cukup berguna untuk diri sendiri dan juga orang lain di sekitar kita.

  • Hindari kredit dan juga hutang

Walaupun penawarannya sangat menggiurkan, ingatlah bahwa kredit dan juga hutang adalah kewajiban yang harus kita bayar di kemudian hari. Memang sangat terlihat menarik dan menggiurkan penawaran dari kredit entah itu dari kartu kredit, kredit tanpa agunan, paylater atau bahkan sampai pinjaman online. 

Tahan semua keinginan dan jadikan itu sebagai list impian yang bisa kita capai dengan menabung. Sebisa mungkin juga kita jangan sampai berhutang. Gunakan dana darurat untuk menghandle kebutuhan mendadak ataupun mendesak. 

Apabila pada akhirnya kita tetap harus berhutang, pastikan kita segera mengembalikan hutang tersebut dan pastikan juga besaran hutang tersebut sesuai dengan kemampuan finansial kita setiap bulannya. 

Itulah beberapa cara untuk mengatur uang bulanan. Disiplinlah dalam menggunakan uang dan jangan sampai kita terjebak dalam masalah finansial hanya karena terlalu menuruti keinginan yang sebetulnya tidak perlu dilakukan.

You may also like