Home keuangan Langkah Mudah Atur Finansial untuk Milenial

Langkah Mudah Atur Finansial untuk Milenial

by admin

Generasi milenial atau sering disebut dengan generasi Y merupakan generasi yang lahir di penghujung tahun 1980 an sampai awal 2000an. Generasi ini sering disebut dengan generasi yang paling sulit untuk mengatur keuangan  karena sangat berbeda dengan generasi generasi sebelumnya yang dapat dikatakan sangat disiplin dalam mengatur keuangan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah generasi milenial memiliki gaya hidup yang sangat berbeda. Mereka cenderung lebih boros dan sulit untuk mengatur keuangan.

Terlebih dalam melakukan investasi generasi milenial dianggap sebagai generasi yang paling acuh terhadap masalah finansial nya dan mereka cenderung tidak menganggap investasi adalah hal yang penting. Jika hal ini terus berlarut maka generasi milenial akan mengalami risiko finansial yang buruk kedepannya. Untuk itu jika kamu sebagai salah satu generasi milenial kamu harus mengenyahkan pendapat pendapat diatur untuk dirimu pribadi dan atur keuangan dengan baik. Dibawah ini terdapat langkah yang dapat kamu lakukan sebagai generasi milenial agar mudah dalam mengatur finansial.

Langkah Mudah Generasi Milenial dalam Mengatur Finansial

  • Menyusun Rencana Keuangan yang Jelas

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebagai generasi milenial yang ingin mengatur finansial dengan mudah adalah dengan menyusun seluruh anggaran keuangan dengan jelas. Mulai dari anggaran yang akan kamu keluarkan setiap bulannya, kemudian pembagian setiap pos agar finansial mu tetap balance dan juga mematuhi seluruh aturan yang telah kamu buat dalam merancang anggaran tersebut. Karena percumah saja jika kamu sudah menyusun sedemikian rupa anggaran untuk kedepannya tapi kamu masih menyeleweng dan tidak menaati nya. 

Untuk itu sifat konsisten sangat penting untuk mengatur keuanganmu. Dengan memiliki sifat yang konsisten ini kamu memiliki pedoman untuk terus melakukannya hingga akhir tanpa tergoda dengan berbagai macam godaan kedepannya. Kebalikannya dari sifat konsisten yang harus kamu tanamkan dalam diri, boros merupakan sifat yang harus kamu buang jauh jauh. Sadari bahwa boros tidak akan memberikan mu keuntungan terlebih untuk finansial. Yang ada jika kamu memiliki sifat boros masalah finansial mu akan semakin terpuruk bukannya semakin baik.

  • Mengecek Uang Di Rekening Secara Rutin

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan agar dapat mengatur finansial dengan mudah adalah dengan mengecek saldo yang ada di rekeningmu secara rutin. Hal ini dapat menjadi kontrol atas dirimu yang memiliki keinginan membeli sesuatu. Jika kamu mengetahui jumlah saldo terbaru mu ketika ingin membeli suatu barang, tentunya kamu akan berpikir berulang kali apakah saldo tersebut nantinya cukup hingga akhir bulan atau tidak. 

Sebaliknya jika kamu tidak rutin mengecek saldo dan langsung membeli suatu barang tanpa melihat saldo, dikhawatirkan kamu akan akan kaget jika tiba tiba saldo mu menipis dan tidak akan sampai akhir bulan. Jika hal tersebut terjadi tentunya akan merugikanmu, kamu akan mencari dana lain untuk dapat memenuhi kebutuhan sampai akhir bulan. 

  • Jangan Asal Berhutang

Seiring berkembangnya zaman yang dirasakan oleh generasi milenial tentunya akan berdampak juga pada kemudahan dalam melakukan sesuatu termasuk dalam melakukan pinjaman. Generasi milenial saat ini lebih mudah untuk melakukan pinjaman dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Generasi milenial dapat dengan mudah melakukan pinjaman hanya dengan media online. Jadi jika tidak memiliki pertahanan diri yang bagus, generasi milenial akan sangat mudah tergiur untuk melakukan pinjaman online yang sedang marak saat ini. 

 

Untuk itu, ketika akan memutuskan untuk berhutang kamu harus benar benar memastikan apa tujuan dari berhutang tersebut. Jika dirasa karena keadaan darurat dan tidak memiliki jalan lain, kamu dapat melakukannya dengan syarat mengetahui dan memiliki jalan untuk dapat mengembalikannya kembali. Tetapi jika ingin berhutang karena tergiur bujuk rayu penawaran yang sangat menggiurkan dan tidak memiliki tujuan yang jelas, sebaiknya hindari dan jangan sampai berhutang.

  • Siapkan Dana Darurat

Tidak hanya bagi generasi milenial saja, menyiapkan dana darurat sebenarnya sangat penting untuk semua orang terlebih agar lebih mudah dalam mengatur finansial. Tetapi bagi generasi milenial yang disebut sebagai generasi yang paling sulit untuk mengatur keuangan, menyiapkan dana darurat pastinya sulit untuk dilakukan. 

 

Untuk itu agar dapat menyiapkan dana ini kamu harus memikirkan jika terjadi  hal negatif dalam hidupmu. Dengan begitu kamu jadi memiliki motivasi agar dapat menyiapkannya dan tidak menyepelekan dana darurat ini.

  • Lakukan Investasi

Investasi adalah hal yang sangat penting untuk mengatur finansial dengan mudah. Dengan melakukan investasi kamu dapat meminimalisir kekhawatiran mengenai masalah finansial di masa yang akan datang. Terlebih untuk generasi milenial yang menginjak usia 20 – 30 tahunan yang akan memiliki tanggung jawab lebih besar kedepannya karena akan membangun rumah tangga. 

 

You may also like