Home Tips Langkah dan Cara Membuat CV Yang Baik Dan Menarik

Langkah dan Cara Membuat CV Yang Baik Dan Menarik

by Mas Abadi
ilustrasi cara membuat cv

 Terkadang, kita telah menyusun daftar riwayat hidup secara rapi dan lengkap namun masih belum diterima oleh perusahaan. Percayakah anda kalau daftar riwayat hidup juga mempengaruhi anda diterima atau tidaknya sebuah perusahaan? Lalu bagaimana? berikut adalah tips cara membuat cv supaya terlihat menarik agar anda diterima bekerja pada perusahaan yang anda lamar.

CV dan Fungsinya bagi Pekerja

Di era pandemi seperti ini, banyak bagian yang ikut terkena dampak baik dan buruknya termasuk pada sektor ekonomi. Sejumlah perusahaan memutuskan untuk menghentikan beberapa pegawainya karena penurunan pendapatan. Oleh sebab itu banyak orang yang mencari pekerjaan pengganti demi melanjutkan kelangsungan hidup masing-masing. Mereka mengumpulkan kembali data-data yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Di antara banyak data yang diharuskan perusahaan ada salah satu yang harus wajib ada yaitu CV atau curriculum vitae atau yang disebut daftar riwayat hidup.

cara membuat cv untuk bekerja

  • Pahami isi CV terlebih dulu

Sebelum membuat CV ada baiknya anda memahami isi dari CV yang akan anda ajukan terutama untuk Anda yang baru pertama kali akan melamar pekerjaan. Pada dasarnya, isi dari CV yang wajib anda cantumkan berupa :

  1. Identitas diri seperti nama, alamat, email dan nomor telepon. 
  2. Tingkat pendidikan ( termasuk pendidikan terakhir dan nama sekolah )
  3. Gambaran singkat tentang diri anda
  4. Keterampilan yang dimiliki.
  5. Pengalaman kerja atau proyek yang pernah anda lakukan. Hal ini biasanya dicantumkan oleh seorang yang sebelumnya pernah bekerja. Namun untuk fresh graduate, anda bisa mencantumkan tempat magang atau tempat praktek kerja bila anda pernah melakukannya.
  6. Informasi tambahan tentang seperti hobi, minat dan referensi pendukung lainnya.
  7. Usahakan untuk menulis sesingkat dan sejelas mungkin agar CV anda mudah dibaca.
  • Desain sederhana namun menarik

Salah satu cara yang dapat menarik minat HRD untuk merekrut anda sebagai karyawan adalah design CV yang menarik. Anda perlu memperhatikan jenis font yang anda pakai, pengaturan bold dan italic serta capslock untuk penekanan. Jangan menggunakan tipe huruf yang sudah sering digunakan contohnya adalah calibri atau arial. Membuat cv juga harus didukung dengan desain yang apik dan eye catching namun terlihat sederhana. Gunakan aplikasi seperti photoshop, coreldraw atau aplikasi lainnya. Bila anda tidak mahir dalam kedua aplikasi tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi bernama canva yang bisa anda unduh melalui ponsel pintar anda.

  • Cantumkan pengalaman kerja secara detail

Untuk anda yang pernah bekerja sebelumnya, anda bisa mencantumkan pengalaman kerja meliputi nama perusahaan dari awal anda bekerja, tahun anda bekerja serta posisi atau jabatan anda. Semakin tinggi posisi yang pernah anda duduki, semakin tinggi pula kesempatan anda untuk direkrut sebagai karyawan. Namun untuk anda yang masih fresh graduate, anda bisa mencantumkan pengalaman kerja magang anda saat berkuliah atau sekolah ataupun proyek yang pernah anda lakukan. Dengan begitu, anda memiliki peluang sama seperti orang yang pernah bekerja sebelumnya.

  • Tunjukkan kemampuan bahasa asing anda

Bila anda bisa berbahasa asing, jangan pernah ragu untuk menuliskan pada CV anda dalam bahasa yang dikuasai. CV yang memakai bahasa asing acapkali mempunyai nilai daya tarik yang lebih bagi perusahaan apalagi bila perusahaan yang anda lamar adalah perusahaan global. Tapi anda harus memperhatikan tata bahasa yang benar serta formal dan menghindari bahasa non formal agar mudah dimengerti.

  • Informasi sosial media milik anda

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi sosial media yang anda miliki seperti Facebook, Instagram, ataupun LinkedIn yang anda miliki. Berusahalah untuk membuat sosmed anda lebih menarik karena dapat mempengaruhi penilaian pribadi anda lebih dalam. Selain itu juga, dari sosmed inilah perusahaan akan melihat apakah Anda cocok dengan visi misi yang dimiliki oleh mereka. 

  • Soft Skill

Adapun softskill yang dimaksud disini seperti kemampuan anda berkomunikasi, kepemimpinan, cara anda berpikir, cara anda bernegosiasi, melakukan teamwork serta strategi lainnya. Menuliskan hard skill memang penting di dalam CV, namun ada baiknya kalau anda juga membutuhkan soft skill anda.

  • Cantumkan kontak referensi

Tujuan kontak referensi di sini adalah memberikan informasi penting dari pihak ketiga, terkait dengan kompetensi pekerjaan yang akan diberikan perusahaan kepada anda. Namun anda harus terlebih dahulu memiliki izin pada orang yang akan dicantumkan kontak referensinya.

Nah, yang di atas tadi adalah tips dan cara membuat cv yang baik dan benar. Setiap yang anda tuangkan dalam resume atau cv anda sangat berpengaruh pada karier yang akan anda ambil setelah sekolah atau yang ingin bekerja dan memiliki pengalaman baru. Bila anda masih ditolak oleh perusahaan, jangan menyerah dan gunakan waktu untuk mengasah skill yang anda miliki. Selain itu, jangan pernah kehilangan kepercayaan diri ketika kabar baik belum Anda terima.

You may also like