Home Karier Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan? Simak Prospek Kerjanya Disini!

Kuliah Jurusan Ekonomi Pembangunan? Simak Prospek Kerjanya Disini!

by Mas Abadi
prospek kerja ekonomi pembangunan

Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan ekonomi pembangunan, banyak sekali prospek pekerjaan yang bisa kamu dapatkan. Meskipun jurusan satu ini tampak kurang populer, namun ternyata peluang kerja dari jurusan ini pun cukup tinggi. Oleh karena itu, kali ini akan diulas apa saja prospek kerja ekonomi pembangunan.

Apa itu Jurusan Ekonomi Pembangunan

Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan jurusan satu ini, akan tetapi bagi yang ingin melanjutkan di Fakultas Ekonomi, jurusan ini pun patut untuk anda perhitungkan. Hal ini dikarenakan Ekonomi Pembangunan adalah salah satu cabang dari Ilmu Ekonomi yang lebih spesifik.

Mata kuliah ini mempelajari tentang pembangunan yang sedang terjadi, telah terjadi dan yang akan terjadi di negara berkembang. Tak hanya mempelajari tentang pembangunan saja, di dalam mata kuliah jurusan ini juga akan membahas tentang berbagai isu ekonomi. Sebab, pada jurusan ini kamu akan dididik untuk menjadi salah satu perencana di bidang pembangunan.

Peluang Kerja Dari Jurusan Ekonomi Pembangunan

1. Pegawai Pemerintahan

Jurusan satu ini memang dikenal memiliki prospek kerja yang cukup luas. Untuk itu, anda bisa mengawali jenjang karir anda dengan mendaftar sebagai pegawai di instansi pemerintahan. Saat ini, banyak instansi pemerintahan yang telah membuka lowongan untuk kamu yang merupakan lulusan dari ekonomi pembangunan.

Ada beberapa lowongan yang tersedia, antara lain seperti Bappenas, BPK, OJK, Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, Bappeda dan berbagai lembaga tingkat daerah lainnya. Hal ini dapat menjadi peluang yang menggiurkan bagi kamu yang berkeinginan kuliah di jurusan tersebut. Namun perlu anda tahu persaingan untuk bisa diterima di instansi pemerintahan pun juga ketat.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

Prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan selanjutnya adalah bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM. Hal ini dikarenakan setiap LSM tentu saja akan membutuhkan jurusan satu ini. Pasalnya, lulusan ekonomi pembangunan ini memiliki keahlian di bidang analisa pembangunan industri hingga perbankan.

3. Tenaga Pengajar

Untuk kamu yang memiliki keinginan menjadi pengajar, tentu saja jurusan satu ini menjadi peluang yang tepat. Pasalnya, jurusan ekonomi pembangunan memiliki jenjang karir yang dapat dibilang tinggi. Sehingga anda pun bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan menjadi tenaga pengajar atau dosen.

Hal ini dikarenakan dengan menjadi dosen, profesi ini sangat menjanjikan dan bisa ditekuni terutama bagi kamu yang menyukai mata kuliah yang ada di jurusan ini. ditambah lagi, ketika kamu telah menjadi dosen, tentu saja gaji yang kamu dapatkan pun akan sangat besar dan mumpuni.

Jika ingin menjadi dosen, kamu tak hanya diharuskan untuk mendapatkan gelar minimal S2, melainkan kamu juga perlu untuk mendalami ilmu satu ini. selain itu, sebagai seorang pengajar kamu juga perlu untuk memiliki peran aktif di dalam penelitian dan juga berkontribusi di dalam dunia akademik.

Baca Artikel Selanjutnya : Berniat Mengambil Jurusan Farmasi? Simak Prospek Kerjanya Di Sini

4. Analisis Bisnis

prospek kerja ekonomi pembangunan

Prospek kerja lulusan ekonomi tak hanya itu saja. Kamu juga bisa menjadi analisis bisnis. Pekerjaan satu ini memiliki job desk yakni menganalisis kebutuhan bisnis dari perusahaan. Tak hanya itu saja kamu juga dituntut mampu untuk memberi usulan maupun solusi yang praktek untuk kepentingan sebuah bisnis di dalam sebuah perusahaan maupun sebuah proyek.

Selain itu, jika kamu lulusan dari jurusan satu ini, kamu juga perlu memiliki peran aktif di dalam mendukung pengembangan dari materi pelatihan. Tidak hanya sampai disitu saja, kamu juga perlu turut serta untuk berpartisi dalam setiap acara yang diadakan dan juga memberikan dukungan setelah berakhirnya kegiatan tersebut.

Lulusan Ekonomi Pembangunan tentunya dibutuhkan oleh perusahaan dan juga berbagai industri yang bergerak di bidang keuangan maupun perbankan. Analisis bisnis ini juga dibutuhkan bagi perusahaan seperti telekomunikasi, layanan perangkat lunak dan juga beberapa perusahaan yang lain.

5. Research and Development

Research and development juga menjadi salah satu prospek kerja jurusan ekonomi. Untuk itu, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke jurusan ini, maka pekerjaan ini akan menantimu kelak. Ketika kamu ingin menjadi research and development, kamu pun dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dan dana tertentu guna melakukan riset dan pengembangan.

Selain itu, pekerjaan ini tak jarang juga akan membuat berbagai alat sendiri untuk mengembangkan berbagai teknologi terbaru. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas yang ada di perusahaan. Kamu juga perlu melek tentang isu ekonomi dan dituntut memiliki pemikiran yang kritis saat bekerja di research and development.

Ada banyak sekali prospek kerja Ekonomi Pembangunan yang bisa anda geluti setelah lulus dari jurusan satu ini. oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Ekonomi Pembangunan karena karir dan pekerjaan di jurusan ini telah banyak dan kamu pun bisa memilih sesuai dengan passion yang kamu inginkan.

You may also like