Home Tips KTP Rusak atau Hilang? Ini Cara Mengurus KTP Hilang Paling Cepat

KTP Rusak atau Hilang? Ini Cara Mengurus KTP Hilang Paling Cepat

by Greg Pascal
cara mengurus KTP hilang

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah kartu identitas utama bagi seluruh masyarakat Indonesia. KTP menjadi banyak syarat untuk keperluan administrasi atau bahkan registrasi. Lalu bagaimana cara mengurus KTP hilang atau rusak? Tenang saja, cara dan syaratnya sangat mudah.

Perbedaan e KTP dan KTP Biasa

Selain mengganti KTP yang hilang, langkah ini juga bisa digunakan untuk mengganti KTP lama dengan e KTP atau KTP jenis baru. Pasalnya, ada perbedaan antara e KTP dan KTP. Berikut perbedaannya.

  1. e KTP Memiliki Micro Chip yang digunakan merekam data. Jadi data pribadi Anda tersimpan dalam chip yang bisa diakses secara elektronik secara cepat meski tidak terbaca tulisannya
  2. Bila KTP hanya menggunakan plastik, e KTP sudah menggunakan bahan PETG yang membuatnya lebih kuat juga ringan dan lentur.
  3. E KTP tidak bisa digandakan karena terverifikasi dari mulai tingkat RT, RW hingga nasional
  4. KTP Nasional memiliki tanda tangan kepala Dinas Dukcapil, sedangkan E-KTP tidak ada
  5. KTP Nasional memiliki stempel, sedangkan E-KTP sudah tidak ada lagi.
  6. KTP Nasional tidak menampilkan kewarganegaraan pemiliknya, sedangkan di E-KTP ada keterangan kewarganegaraan pemiliknya.
  7. KTP Nasional tidak memiliki hologram sehingga mudah dipalsukan, sedangkan E-KTP terdapat tanda hologram yang amat jelas dan sulit untuk dipalsukan

Oleh karena itulah apabila Anda memiliki sanak saudara atau rekan dekat yang masih memiliki KTP lama, ada baiknya jika Anda membantu untuk mengurus pembuatan e KTP sehingga lebih aman. Pasalnya untuk persyaratan administrasi saat ini pun wajib menggunakan e KTP terbaru.

cara mengurus KTP hilang

Baca Artikel Selanjutnya :

Syarat Mengurus KTP Hilang

KTP yang sekarang sudah didukung dengan format elektronik atau chip di dalamnya diterbitkan oleh Dinas Kependudukan. Apabila e KTP Anda hilang atau rusak bahkan ada perubahan data, Anda bisa mengajukan e KTP yang baru. Berikut syarat yang perlu Anda siapkan sebelumnya.

  1. Surat kehilangan E-KTP dari kantor polisi
  2. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto copy E-KTP yang hilang apabila ada
  4. Surat pengantar dari RT/RW dan kelurahan
  5. Formulir permohonan KTP baru dari kelurahan
  6. e KTP Yang Rusak

Apabila e KTP Anda hanya rusak, seperti foto tidak lagi jelas atau patah, Anda tidak membutuhkan syarat surat kehilangan dari kantor polisi. Anda hanya perlu membawa e kTP rusak beserta syarat nomor 2 hingga 5 untuk membuat KTP baru sebagai pengganti.

Nantinya KTP lama Anda yang telah rusak baik sebagian maupun rusak berat akan dimusnahkan agar tidak dimanfaatkan.

Cara Mengurus KTP Hilang

  1. Langkah pertama adalah Anda harus membuat laporan kehilangan atas KTP hilang Anda. Nantinya Anda akan mendapatkan surat kehilangan e KTP dari kantor polisi. Anda bisa mendatangi Polsek setempat atau sesuai KTP Anda kemudian membuat laporan kehilangan. 
  2. Selanjutnya Anda perlu meminta surat pengantar yang membuktikan bahwa Anda memang benar merupakan warga setempat ke Ketua RT kemudian RW. Setelah mendapatkan keduanya, Anda bisa menuju ke kantor kelurahan dimana Anda tinggal. 
  3. Surat pengantar dari kelurahan ini nantinya juga disertai dengan formulir untuk permohonan KTP baru sebagai ganti KTP Anda yang hilang, rusak atau ada perubahan data. Dari kelurahan, Anda harus ke kecamatan atau ke dinas kependudukan dengan semua berkas. 
  4. Semua berkas nanti akan diperiksa dan bila telah memenuhi syarat proses pembuatan KTP elektronik baru akan dilanjutkan. Anda akan diminta untuk melakukan perekaman data ulang apabila dibutuhkan seperti ketika Anda kini berjilbab, maka Anda akan mengambil foto ulang.
  5. Setelah semua proses selesai, KTP akan dicetak oleh pihak Kecamatan atau Dinas Kependudukan. Proses pencetakan E-KTP ini berkisar antara 7 hari kerja. Nantinya Anda akan diminta untuk meninggalkan nomor telepon untuk mengkonfirmasi ketika kartu sudah tercetak.
  6. E-KTP yang sudah jadi harus diambil oleh pemiliknya sendiri dan tidak bisa diwakilkan. Alasannya setelah e KTP jadi, akan ada verifikasi berupa perekaman sidik jari ke kartu e KTP. Proses perekaman ini tidak berlangsung lama, Anda hanya diminta untuk mengikuti antrian saja.

Dalam proses pembuatan E-KTP ini sama sekali tidak dipungut biaya. Mulai dari penggurusan surat kehilangan dari kepolisian, pembuatan surat pengantar dari kelurahan, hingga pencetakkan kartu di kecamatan atau dinas kependudukan. 

Manfaatkan e KTP Anda dengan bijaksana dan jaga kerahasiaan data pribadi Anda agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengurus KTP hilang ataupun rusak dan juga termasuk pergantian data KTP. Semoga dengan artikel ini Anda bisa dipermudah untuk melakukan pengurusannya sehingga dapat menghemat waktu dan juga dapat membawa syaratnya lengkap.

You may also like