Home Pinjaman KTA dari Bank Mandiri, Ini Syarat Untuk Mengajukannya

KTA dari Bank Mandiri, Ini Syarat Untuk Mengajukannya

by Mas Abadi

Bank di Indonesia menyediakan kredit kepada nasabah. Hal ini bertujuan untuk membantu nasabah dalam hal pemenuhan kebutuhannya. Setiap nasabah akan dikenakan bunga dengan tempo tertentu yang sudah disepakati bersama. 

Nasabah biasanya akan diminta untuk memberikan jaminan yang disebut sebagai agunan. Kredit dengan agunan ini sudah lazim dipahami oleh masyarakat. Biasanya ada yang memberi jaminan berupa surat tanah, sertifikat rumah, gadai bpkb mobil nasabah, yang mana total nilai asetnya sesuai dengan pinjaman nasabah. Kadang hal ini memberatkan dari sisi kreditur. Risikonya jika kredit tidak bisa dilunasi, aset yang kamu serahkan menjadi milik bank. 

Hal tersebut nyatanya tidak seperti Bank Mandiri yang menyediakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan. Bank Mandiri mendefinisikan Kredit Tanpa Agunan (KTA) ini sebagai pinjaman uang secara online yang dikhususkan untuk perorangan, yang sudah barang jelas tanpa memerlukan jaminan. Untuk nasabah Bank Mandiri, fasilitas ini dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki kartu kredit atau tidak. Calon kreditur ini tidak dibatasi statusnya, baik pegawai maupun profesional. 

Keuntungan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank Mandiri adalah kreditur dapat menikmati dana secara leluasa. Jumlah cicilan yang disetorkan bernilai tetap dan bunga angsuran yang ringan. Kekhawatiran soal tenor dapat dibicarakan, karena KTA Bank Mandiri memberikan jangka waktu menyesuaikan dengan kemampuan kreditur.

Keuntungan Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kreditur akan memperoleh keuntungan dari pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri. Apa saja keuntungannya?

Tidak Perlu Agunan

Sejak awal sudah dijelaskan dan diterangkan dengan seterang-terangnya, dan seyakin-yakinnya bahwa keuntungan mengajukan KTA Mandiri, kreditur tidak perlu menyerahkan surat berharga untuk dijadikan jaminan. Pemberian dana pinjaman diukur dari kemampuan bayar dan histori kredit nasabah. 

Penggunaan Dana Fleksibel

Tidak ada ketentuan atau batasan penggunaan dana. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri memberikan kenyamanan pada kreditur dalam menggunakan dana yang dipinjamkan. Dana tersebut dapat digunakan untuk biaya pendidikan, pengobatan, renovasi rumah, atau kebutuhan lainnya. 

Tenor Pinjaman Menyesuaikan

Secara umum, kreditur akan ditawarkan tenor pinjaman beragam mulai dari setahun hingga 5 tahun. Jangka waktu ini berdasarkan kemampuan dan kebutuhan kreditur. 

Suku Bunga Kompetitif

Jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya, suku bunga KTA Mandiri tergolong rendah dan kompetitif. Untuk tenor tertentu, KTA menawarkan suku bunga di bawah 1%.

Limit Pinjaman Tinggi

Kredit Tanpa Agunan (KTA) Mandiri menawarkan limit pinjaman yang cukup tinggi hingga ratusan juta.

Proses Pengajuan Relatif Cepat

Proses pemindahan dana dari bank ke rekening kreditur hanya memakan waktu 2-3 hari bila calon kreditur sudah memenuhi persyaratan yang diminta.

Meningkatkan Skor Kredit

Rutin membayar cicilan KTA tepat waktu berdampak pada skor kredit yang terus meningkat. Angka positif yang ditunjukkan di skor kredit akan membantu kreditur mempermudah pinjaman jenis lain. 

Syarat dan Dokumen Pengajuan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Syarat pengajuan KTA Mandiri sebagai berikut

  1. Pengajuan KTA didasari pendapatan bulanan minimum Rp3 juta.
  2. Umur calon kreditur minimal 21 tahun.
  3. Maksimal 55 tahun umur calon kreditur saat pelunasan.
  4. Calon peminjam dana KTA wajib memiliki kartu kredit minimal 1 tahun.
  5. Limit kartu kredit minimal Rp5 juta.

Setelah memahami persyaratan pengajuan KTA Mandiri, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Dokumen ini berbeda setiap status peminjam, yakni karyawan, wirausaha, profesional.

Dokumen yang perlu dipersiapkan jika jenis pekerjaan karyawan adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAS, bukti penghasilan (slip gaji), fotokopi kartu kredit, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Calon kreditur yang bekerja sebagai wirausahawan harus melengkapi dokumen fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAS, fotokopi kartu kredit, fotokopi rekening tabungan tiga bulan terakhir, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan fotokopi akta pendirian.

Beberapa dokumen yang harus siapkan oleh calon kreditur dengan pekerjaan sebagai profesional adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau KITAS, bukti penghasilan (slip gaji), fotokopi kartu kredit, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), fotokopi surat izin profesi, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Cara Pengajuan KTA Mandiri Secara Online

Pengisian Formulir 

Melalui website resmi KTA Mandiri, calon kreditur bisa mengisi formulir terlebih dahulu untuk pengajuan pinjaman KTA.

Kelengkapan Dokumen

Setelah tahap awal selesai, calon kreditur selanjutnya memenuhi persyaratan yang diminta oleh bank. Berkas yang dipersiapkan sesuai dengan jenis pekerjaan calon kreditur. 

Proses Persetujuan

Pihak bank akan memverifikasi dokumen yang sudah calon kreditur lengkapi.  Calon kreditur menunggu proses persetujuan dari bank. 

Penandatangan Kontrak Kredit

Jika pihak Bank Mandiri menyetujui pengajuan pinjaman, nasabah harus menandatangani perjanjian kredit. Kesepakatan ini yang akan menentukan suku bunga dan tenor.

Pencairan 

Proses akhir dari pengajuan pinjaman ini adalah pencairan. Penandatanganan akad jika sudah selesai, calon kreditur hanya tinggal menunggu pencairan yang akan dikirimkan ke rekening Mandiri nasabah. 

 

You may also like