Home Investasi Konsep Uang Nganggur dan Mengapa itu Penting Disediakan Sebelum Berinvestasi

Konsep Uang Nganggur dan Mengapa itu Penting Disediakan Sebelum Berinvestasi

by Mas Abadi

Pernahkah Anda mendengar tentang konsep uang nganggur? Konsep yang satu ini sendiri sangatlah umum dibicarakan bagi orang yang memang tertarik berinvestasi. Pada kenyataanya konsep yang satu ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting terhadap kondisi keuangan Anda. Mengingat bahwa ini berkaitan dengan investasi. Lalu, sebenarnya apa itu uang nganggur, simak ulasannya di bawah ini. 

Apa Itu Konsep Uang Nganggur? 

Bagi Anda yang masih tidak memahami apa itu konsep uang nganggur, maka akan kita jelaskan secara singkat. Konsep yang satu ini sebenarnya adalah kondisi dimana Anda sudah di tahap mencapai keamanan finansial. Sehingga tidak hanya uang untuk kebutuhan sehari-hari saja yang sudah siap, tapi juga ada dana darurat, dana pensiun dan lain sebagainya. 

Sehingga bisa dikatakan Anda tidak perlu lagi khawatir akan masalah keuangan. Karena semuanya sudah siap dan Anda hanya tinggal terus menggunakan metode pengelolaan uang yang tepat agar uang yang nganggur ini bisa terus ada dan memberikan rasa aman kepada Anda. 

Uang Nganggur Penting Sebelum Anda Berinvestasi 

Dari penjelasan di atas, maka sudah dapat disimpulkan bahwa dengan adanya uang nganggur yang cukup akan memberikan rasa aman dalam urusan finansial. Maka daripada itu, penting sekali ketika akan berinvestasi, Anda sudah memiliki uang nganggur yang cukup. Kenapa? Berikut ini adalah alasannya: 

Investasi memiliki risiko 

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dalam investasi sendiri terdapat risiko yang berbeda-beda. Ketika Anda memilih investasi dengan risiko yang tinggi, jelas adanya uang nganggur akan menjadi sangat penting. Kenapa? Karena ketika Anda berinvestasi dan mengalami kerugian, Anda tidak akan terlalu khawatir dengan masalah keuangan di masa depan. 

Karena dana yang dijadikan cadangan sudah dipersiapkan dengan sangat baik. Sehingga Anda pun tidak akan banyak mengalami kendala kedepannya. Hal ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena pada dasarnya investasi bisa Anda lakukan ketika sudah mendapatkan kestabilan finansial yang sangat kuat. 

Memberikan rasa aman 

Seperti yang sudah disebutkan berkali-kali di atas, dengan memiliki uang nganggur Anda pun akan merasa sangat tenang dan aman. Tidak hanya dalam berinvestasi saja, tapi uang nganggur juga sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Anda harus tahu bahwa kondisi bisa saja berubah dengan cepat. 

Contohnya saja kondisi seperti sekarang ini yang sedang terjadi pandemi. Sebelum pandemi masuk ke Indonesia, ekonomi negara sangat bagus dan tidak ada masalah yang terlalu besar. Tapi, ketika pandemi seakan-akan semuanya berhenti. Bahkan dampak ekonomi tidak secara macro saja, namun juga mikro. 

Banyak masyarakat yang terkena dampaknya karena kehilangan pekerjaan dan tidak memiliki uang nganggur. Kesulitan untuk terus menyambung hidup pun jadi masalah utama saat ini. Tapi, jika Anda memiliki uang nganggur, jelas kondisi sekarang tidak memberikan banyak pengaruh buruk. Karena Anda sudah sangat siap. 

Masa depan lebih terjamin 

Dengan berinvestasi dan menyiapkan uang nganggur yang cukup, maka Anda pun akan memiliki masa depan yang lebih terjamin. Hal ini sendiri karena Anda sudah mendapatkan kestabilan finansial. Sehingga di masa depan pun Anda tidak akan kesulitan dalam masalah uang. 

Bahkan tidak hanya masa depan Anda sendiri, tapi juga keluarga. Karena ketika sudah mencapai kestabilan finansial, Anda tidak akan merepotkan keluarga dalam urusan uang. Anda bisa berdiri sendiri dan mampu menjalani kehidupan dengan lebih bahagia lagi. Sehingga, keluarga Anda bisa menjalani kehidupan tanpa ada beban lain. 

Apalagi ketika Anda sudah berinvestasi yang mengharapkan keuntungan. Dimana dengan adanya uang nganggur, maka setidaknya Anda bisa menambah sedikit demi sedikit agar profit dari investasi bisa semakin tinggi dan masa depan juga akan terjamin. 

Bisa memilih instrumen investasi apapun 

Anda harus tahu bahwa investasi tidak hanya satu jenis saja, ada banyak jenis investasi yang dapat dipilih. Dengan kestabilan finansial atau adanya uang nganggur, maka Anda pun bisa memilih investasi jenis apapun. Mulai dari saham, obligasi, reksadana dan lain sebagainya. Anda akan lebih leluasa untuk memilih investasi yang sekiranya memang dipahami dengan baik. 

Perencanaan yang matang pun akan mudah Anda lakukan bila ada uang nganggur. Anda akan lebih memahami dengan jelas akan investasi yang dipilih. Dengan menyiapkan dana nganggur ini, Anda juga akan menjadi orang yang berhati-hati dalam memilihnya. Karena mau bagaimanapun, investasi harus sesuai dengan kemampuan baik dari masalah modal hingga pengetahuan. 

Demikianlah pentingnya ada uang nganggur sebelum berinvestasi. Pada dasarnya konsep uang nganggur ini tidak hanya digunakan pada investasi saja, tapi juga kehidupan sehari–hari. Sehingga Anda pun akan menggunakan uang sebijak mungkin agar tidak kesusahan di masa depan.

You may also like