Home Tabungan Kode Transfer BRI Untuk Keperluan Transfer Antar Bank

Kode Transfer BRI Untuk Keperluan Transfer Antar Bank

by Mas Abadi
kode transfer BRI

Saat ini untuk melakukan transfer antar bank sangatlah mudah. Tidak seperti dulu yang harus datang untuk lakukan setor tunai ke bank. Anda hanya perlu ke ATM untuk mentransfer uang ke bank lain. Tapi, ketika ingin transfer ke beda bank, maka Anda memerlukan kode bank. Setiap bank mempunyai kode yang berbeda-beda. Lalu berapa kode transfer BRI untuk keperluan kirim uang dari beda bank? Simak terus ulasannya dalan artikel ini.

Sejarah Singkat Bank BRI

Sebelum mengetahui kode bank BRI, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh tentang bank milik BUMN ini. Tidak banyak yang tahu bahwa BRI sudah ada semenjak tahun 1895. Tentu, pertama kalinya berdiri, bank ini tidak bernama BRI, di mana sebelumnya adalah De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden dan berdiri di Purwokerto. Bank ini pertama kali memang ditujukan untuk pribumi atau penduduk asli Indonesia pada saat itu.

Lalu, pada tahun 1946 ditetapkan bahwa BRI adalah bank pertama milik pemerintah Indonesia. Pada tahun 1948, Bank BRI sempat berhenti beroperasi karena beberapa hal. Tapi, setelah Perjanjian Renville di tahun 1949 bank ini kembali beroperasi dengan nama Bank Rakyat Indonesia Serikat.

pinjaman KUR BRI

Perjalanan Bank BRI terbilang sangatlah panjang, apalagi dinobatkan sebagai bank pertama milik pemerintah. Hingga tahun 2002, saham BRI 100% masih dimiliki oleh pemerintah. Namun, pada tahun 2003, sebesar 30% sahamnya sudah dijual dan memiliki nama PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Dari penjelasan singkat tentang sejarahnya, bisa dilihat bahwa BRI sudah mengabdi untuk rakyat Indonesia dari sebelum masa kemerdekaan. Saat ini Bank BRI pun terus memberikan pelayanan terbaik untuk membantu masyarakat dalam urusan perbankan. Banyak sekali produk yang ditawarkan seperti tabungan berjangka, deposito dan lain sebagainya.

Fungsi Utama Kode Bank

Lalu sebenarnya apa fungsi utama dari kode bank? Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa bank yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Secara nama sudah pasti bisa dibedakan, tapi tentu tidak dengan sistemnya. Berikut ini adalah fungsi utama dari kode Bank BRI:

  1. Identitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa secara nama kita dapat mengenali setiap bank yang ada. Namun, tidak mungkin sistem menggunakan nama secara lengkap. Sehingga dibuatlah kode bank untuk menjadi identitas pada sistem. Ketika Anda ingin transfer dana ke bank lain, maka kode bank ini akan digunakan agar proses pengiriman dana cepat diproses. Kode bank sendiri terdiri dari 3 digit angka yang dimasukan sebelum melakukan transfer di mesin ATM.

  1. Agar tidak terjadi kesalahan

Fungsi selanjutnya dari adanya kode bank ini agar tidak terjadi kesalahan. Karena kode bank ini berfungsi sebagai identitas pada sistem. Sehingga ketika Anda mentransfer dana tidak akan salah ke bank lain. Pada saat Anda salah memasukan kode bank, sudah pasti transfer tidak akan diproses atau akan gagal. Jadi, sudah jelas bahwa adanya kode bank supaya transaksi yang dilakukan masyarakat tidak akan salah.

Kode Transfer BRI dan Cara Transfernya

Adanya fungsi dari kode bank tersebut, maka sudah jelas bahwa tidak mungkin Anda bisa melakukan transfer antar bank tanpa menggunakan kode bank ini. Untuk kode Bank BRI adalah 002 dan ini berlaku pada seluruh jenis tabungan dari bank tersebut. Bagi Anda yang ingin transfer uang ke Bank BRI, maka berikut ini adalah caranya:

  • Kunjungi ATM bank terdekat yang Anda gunakan. Anda juga bisa menggunakan ATM Bersama.
  • Lalu masukan kartu ATM Anda.
  • Kemudian input PIN ATM Anda.
  • Bila sudah maka akan muncul pilihan bahasa. Anda bisa memilih salah satu, semisalnya Bahasa Indonesia.
  • Jika sudah, carilah menu untuk transfer ke bank lain atau transfer antar bank.
  • Pada tahap ini Anda akan diminta untuk memasukan kode bank. Untuk Bank BRI kodenya adalah 002 dan diikuti dengan nomor rekening tujuan.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukan nominal atau jumlah dana yang akan ditransfer. Tekan tombol Lanjutkan bila sudah memasukan jumlah dananya.
  • Setelah itu, akan muncul keterangan transfer seperti nama dan nominalnya. Pastikan jika nama sudah sesuai dan jumlahnya sudah benar. Kemudian tekan tombol Ya.
  • Tunggu beberapa saat sampai ada keterangan transfer berhasil. Apabila Anda ingin melanjutkan transaksi bisa tekan Ya, jika tidak ingin melanjutkan tekan tombol Tidak.
  • Kemudian tunggu sebentar hingga struk atau bukti transfer tercetak. Uang pun sudah terkirim ke rekening tujuan.

Itulah penjelasan dari kode transfer BRI, di mana kodenya adalah 002. Perlu Anda ketahui bahwa transfer ke beda bank akan dikenakan biaya transfer. Untuk biayanya sendiri tergantung kebijakan bank, tapi rata-rata biaya yang dikenakan adalah Rp. 6.500 per transaksi. Jadi, pastikan bahwa jumlah dana ketika ingin transfer antar bank cukup.

You may also like