Home Tips Kisah Inspirasi Dari Andrea Hirata yang Patut Diikuti

Kisah Inspirasi Dari Andrea Hirata yang Patut Diikuti

by Mas Abadi

Bagi para pecinta novel dan sastra pastinya sudah tidak asing lagi dengan Andrea Hirata. Andrea Hirata merupakan seorang penulis asal Indonesia yang namanya mulai terkenal saat karya trilogy laskar pelangi meledak di pasaran. Bahkan karyanya berhasil dijadikan sebuah film pada tahun 2008.

Dibalik kesuksesan Andrea Hirata pastinya terdapat kisah inspiratif yang dapat diikuti. Terutama bagi kamu yang juga tertarik untuk menjadi seorang penulis. Melalui kisah inspiratif Andrea Hirata, kamu bisa belajar tentang perjalanan yang ia lalui dan caranya dalam menyikapi berbagai persoalan. Yuk simak kisah inspiratif Andrea Hirata!

Biografi Andrea Hirata

Sebelum membahas kisah inspirasi Andrea Hirata, sebaiknya kamu mengetahui biografi dari Andrea Hirata terlebih dahulu. Pria yang merilis novel Laskar Pelangi ini memiliki nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun atau lebih dikenal dengan Andrea Hirata. Beliau lahir pada tanggal 24 Oktober 1967 di Gantung, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. 

Andrea Hirata merupakan anak keempat dari Seman Said Harunayah dan NA Masturah. Beliau lahir di sebuah desa yang tergolong miskin yang lokasinya cukup terpelosok di pulau Belitung. Berbagai kenangan tentang masa kecilnya membuat beliau terinspirasi untuk menulis novel Laskar Pelangi. Novel tersebut ditulis dalam waktu enam bulan yang isinya menggambarkan sebuah ironi tentang minimnya akses pendidikan bagi anak-anak yang tinggal di salah satu pulau terkaya di dunia. Novel tersebut akhirnya berhasil terjual sebanyak lima juta eksemplar dengan edisi bajakan terjual sebanyak 15 juta lebih. Selain itu, novel tersebut berhasil diterjemahkan kedalam 34 bahasa asing serta sukses diterbitkan lebih dari 130 negara. 

Karya Andrea Hirata

Selain Laskar Pelangi, Andrea Hirata memiliki berbagai karya sastra lain yang ditulis pada tahun yang berbeda. Novel Laskar Pelangi menghasilkan tetralogi yaitu :

1. Sang Pemimpi

Sang pemimpi merupakan sebuah cerita lanjutan dari novel Laskar Pelangi. Jika novel Laskar Pelangi lebih menceritakan tentang perjalanan hidup seorang anak bernama ikal, di novel Sang Pemimpi lebih menceritakan perjalanan masa SMA ikal dan teman-temannya. Adapun pesan moral dari novel ini adalah ketika kita ingin menggapai sesuatu maka lakukanlah dengan kerja keras dan semangat yang tinggi. 

2. Edensor

Sama seperti sebelumnya, novel ini merupakan lanjutan dari Laskar Pelangi. Novel Edensor menceritakan tentang ikal yang tinggal di pelosok melayu. Tidak hanya itu, novel ini juga menceritakan tentang kehidupan Weh yaitu salah satu teman ayahnya Ikal yang tinggal di sebuah perahu. Pesan yang terkandung dari novel ini adalah tentang pendidikan dan kerja keras dalam meraih cita-cita. 

3. Maryamah Karpov

Novel Maryamah Karpov merupakan cerita terakhir dari Laskar Pelangi. Novel ini menceritakan tentang perjuangan dan kepulangan Ikal setelah menempuh pendidikan di Prancis.

Selain novel tersebut, terdapat pula karya-karya lain yang dirilis oleh Andrea Hirata seperti Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas, Sebelas Patriot, Laskar Pelangi Song Book, Ayah, Sirkus Pohon, dan yang terakhir Orang-orang Biasa.

Kisah Inspirasi Andrea Hirata

  • Selalu Berusaha

Sikap utama yang dimiliki oleh Andrea Hirata adalah selalu berusaha. Walaupun beliau harus jatuh bangun menghadapi kehidupan, beliau selalu berusaha dan percaya dengan kemampuan yang dimilikinya. Sejak kecil, beliau harus menempuh jarak sekolah yang sangat jauh dengan akses yang minim. Jalannya yang terjal dan tidak bisa ditempuh dengan sepeda harus dilaluinya untuk mencapai ke sekolah. Hal tersebut tidak membuatnya mundur, beliau selalu berusaha untuk mewujudkan cita-citanya yaitu bisa bersekolah di luar negeri dan menjadi seorang penulis yang sukses.

  • Pantang Menyerah

Pantang menyerah merupakan sikap tidak mudah putus asa saat menghadapi sebuah tantangan atau permasalahan. Seseorang yang memiliki sikap pantang menyerah tentunya tidak akan pasrah dalam menghadapi suatu keadaan dan dapat bangkit dari keterpurukan. Sama halnya dengan Andrea Hirata. Keterbatasan ekonomi tidak menjadi penghalang baginya. Justru beliau terus maju dan berusaha untuk meraih cita-citanya. Bahkan saat beliau sudah sukses merilis novel Laskar Pelangi, masih ada beberapa pihak yang meragukan isi novel tersebut dan menganggap isinya terlalu berlebihan. Namun beliau tetap percaya dengan kemampuannya dan tidak menghiraukan pendapat yang menjatuhkan. Beliau bisa membuktikan bahwa karyanya layak untuk dibaca dan sukses menjadi sebuah cerita yang menarik hingga berhasil diangkat menjadi sebuah film.

  • Memiliki Motivasi Besar

Semasa sekolah dasar, Andrea Hirata pernah menimba ilmu di salah satu sekolah yaitu SD Muhammadiyah. Kondisi dari sekolah beliau bisa dikatakan tidak bagus bahkan bangunannya hampir roboh. Fasilitas yang disediakan pun cukup memprihatinkan. Walaupun sekolahnya memiliki bangunan yang tidak nyaman, beliau tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar.hingga bisa sukses sampai saat ini.

Motivasi menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan. Motivasi dapat menjadi penentu seseorang apakah sukses atau gagal. Seseorang yang sukses biasanya memiliki motivasi yang besar dalam hidupnya. Begitupun sebaliknya, kegagalan yang diterima oleh seseorang biasanya terjadi karena kurangnya atau hilangnya motivasi dalam diri. Maka dari itu, jika kamu ingin sukses seperti Andrea Hirata, kamu harus memiliki motivasi yang besar dalam hidup

You may also like