Home Keterampilan Keuntungan Menjadi Freelancer di Era Digital

Keuntungan Menjadi Freelancer di Era Digital

by Mas Abadi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam era digital seperti sekarang ini sudah ada banyak peluang bisnis yang jadi lebih luas dan bisa kamu lakukan dengan lebih mudah. Hal ini juga jadi dimanfaatkan oleh para freelancer yang jadi semakin menambah banyak keuntungan dan pengalaman bekerja.

Khususnya di beberapa tahun kebelakang ini, ada begitu banyak freelancer yang merupakan pekerjaan yang populer, khususnya di kalangan anak-anak muda sekarang ini. Bisa dikatakan, bahwa dengan bekerja sebagai freelancer bukan semata-mata karena kebutuhan dalam ekonomi, namun bisa menjadi gaya hidup juga.

Singkatnya saja, menjadi freelancer adalah jadi boss bagi diri kamu sendiri. Semua kemudahan dapat kamu ambil dan terima jadi alasan yang cukup kuat dalam pekerjaan ini. Maka dari itu, tidak heran jika masih banyak yang bekerja menjadi freelancer belakangan ini, khususnya para kalangan muda.

Tentu saja cocok bagi kalangan muda menjadi freelancer. Sebab, selain menjadi bos bagi diri sendiri, di era digital seperti sekarang ini kerap kali cocok dengan anak muda yang memang sudah banyak yang menguasai teknologi dan komputer.

Jadi, ada cukup banyak keuntungan menjadi freelancer di era digital ini. Simak beberapa keuntungannya di bawah ini.

Ini Dia Keuntungan Menjadi Freelancer di Era Digital, Mendapatkan Kebebasan yang Lebih 

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui secara singkatnya, bahwa pekerjaan menjadi freelancer cukup jadi populer beberapa akhir ini. Apalagi di era digital yang semakin memudahkan kinerja seseorang yang menguasai teknologi dan informasi yang identik dengan anak-anak muda sekarang.

Maka dari itu, daripada sudah penasaran, ini dia keuntungan menjadi influencer di era digital, intip yuk!

Punya Lebih Kebebasan

Hal pertama yang jelas jadi keuntungan freelancer di era digital ini adalah memiliki kebebasan yang lebih dibanding kerja di kantor sebagai karyawan dengan pimpinan perusahaan yang bukan milik sendiri. Bisa dibilang lebih bebas karena kamu adalah bos sekaligus karyawan.

Kamu kerja sendiri, menentukan, menyusun, dan juga bekerja menyelesaikan pekerjaan seorang diri tanpa ada bantuan dari orang lain untuk diajak kerja sama. Kamu juga bebas memilih orang yang cocok dengan kamu sendiri jika ingin kerja sama dalam suatu proyek tertentu.

Kamu juga jadi lebih bebas menentukan klien kamu. Jika saja ada klien yang membuat pekerjaan kamu jadi lebih rumit, kamu bisa menolaknya seorang diri. Kamu tidak ada kewajiban yang terikat dengan klien kamu nanti, karena seorang freelancer.

Manajemen Pekerjaan Dilakukan Sendiri  

Kamu tentu sudah tahu betul bagaimana kinerja seorang freelancer. Kamu adalah pemimpin bagi diri sendiri dan kerja sendiri, serta bisa kerja dengan bebas menentukan apa saja proyek yang akan kamu kerjakan, jadwal/waktu, dan yang lainnya.

Hal ini merujuk pada manajemen yang kamu lakukan seorang diri. Tentu ini sangat memudahkan kamu yang memang ada pekerjaan utama lain. Selain itu, kamu juga akan jadi lebih mudah dalam mengatur jadwal dengan klien, pengeluaran, dan juga negosiasi tentang upah kerja, dan juga laporan.

Jam Kerja yang Lebih Fleksibel

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa masih ada kaitannya dengan beberapa poin diatas bahwa kamu akan lebih memiliki jam kerja yang jadi lebih fleksibel. Salah satu kebebasan yang kamu punya adalah soal waktu bekerja yang bebas.

Maksudnya bukan menunda pekerjaan, namun jam kerja yang akan kamu pilih bisa kamu sesuaikan sendiri dengan waktu luang yang kamu punya. Selain itu, ini juga cocok bagi kamu yang memang ingin memiliki hidup yang lebih seimbang.

Jam kerja dan dateline yang ada bisa kamu tentukan sendiri atas dasar kesepakatan bersama dengan klien. Tentu saja ini bisa membantu kamu dalam menentukan waktu tepat dan juga nyaman dalam pekerjaan ini.

Selain itu, jika kamu memang ada aktivitas lain, pekerjaan ini juga tidak akan mengganggu aktivitas utama kamu. Kamu akan tetap menjalankan olahraga dan juga hobi, atau hal lainnya.

Dapat Kerja di Mana Saja

Keuntungan lain yang bisa kamu dapat dari pekerjaan sebagai freelancer adalah dengan bisa kerja kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa bekerja dengan pakaian yang santai di rumah atau bisa juga sembari menikmati pemandangan di suatu tempat sambil menikmati secangkir kopi di mana saja.

Singkatnya saja, kamu bisa bekerja dengan santai di rumah, perpustakaan, kafe, atau di tempat seperti working space lainnya. Jadi, kamu tidak akan mudah bosan kerja dengan pemandangan tembok rumah yang membosankan.

Peluang Baru yang Terbuka

Dengan bekerja sebagai freelancer, kamu dapat membuka peluang yang baru. Luasnya peluang tersebut bisa jadi bantu kamu memperluas adanya jaringan kerja dengan seorang klien, skill kamu juga jadi lebih bertambah, dan pola dari komunikasi kamu juga terbangun. 

You may also like