Home Tabungan Keuntungan Menabung Emas Untuk Masa Depan

Keuntungan Menabung Emas Untuk Masa Depan

by Mas Abadi

Selama berabad-abad, manusia telah mengenal emas. Bahkan menggunakan emas sebagai bagian dari perekonomian sebagai nilai tukar ataupun investasi. Ketika ekonomi sedang bergejolak, emas menjadi salah satu instrumen paling aman untuk para investor mengalihkan investasinya.

Emas telah menjadi salah satu andalan para investor masa kini ketika terjadi gejolak ekonomi seperti inflasi karena emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Investasi emas cocok untuk dijadikan investasi menengah dan jangka panjang karena kestabilan nilainya.

Sejarah emas sebagai aset berharga selama ribuan tahun

Emas telah dianggap sebagai salah satu aset berharga selama ribuan tahun. Sepanjang sejarah, emas telah banyak digunakan untuk mata uang, perhiasan, dan dekorasi. Walaupun saat ini emas  tidak lagi menjadi mata uang utama, emas masih menjadi salah satu instrumen investasi penting jangka panjang yang solid dan mampu menjadi tambahan portofolio investasi kamu.

Selama sejarah berabad-abad emas telah dianggap sebagai mata uang atau nilai tukar yang universal. Sampai hari ini, emas masih digunakan sebagai mata uang cadangan keuangan dunia dan disimpan di bank-bank sentral dunia. Salah satu tempat yang populer pernah kamu dengar adalah Fort Knox dimana cadangan emas terbesar tersimpan.

Keuntungan menabung emas sebagai investasi

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa kamu pilih sebagai sarana untuk melipatgandakan uang kamu. Terutama di saat ekonomi sedang bergejolak seperti sekarang ini. Memiliki investasi emas merupakan langkah tepat karena emas sampai saat ini masih dianggap sebagai salah instrumen investasi paling stabil di pasaran.

Beberapa faktor yang mempengaruhi emas sebagai salah satu investasi yang berharga diantaranya, tingkat inflasi, suku bunga, harga mata uang dipasaran sampai produksi emas. Faktor tersebut yang mempengaruhi nilai investasi emas, walaupun harganya naik turun tapi tetap terjaga kestabilannya. 

Investasi emas sedang menjadi tren saat ini, karena harganya yang stabil dan mengalami kenaikan yang cukup signifikan beberapa tahun terakhir. Berikut beberapa keuntungan menabung emas sebagai investasi untuk masa depan kamu

1. Anti inflasi 

Emas sudah terbukti merupakan instrumen investasi yang mempunyai daya tahan terhadap inflasi paling baik jika dibandingkan dengan investasi lain. Harga nya cenderung stabil bahkan ketika terjadi inflasi dimana nilai tukar mata uang menurun atau pun meningkat.

Bahkan sejarah sudah membuktikan, ketika ekonomi dunia sedang bergejolak dan dunia terkena dampak inflasi besar, nilai emas tetap bertahan dan bahkan menjadi pilihan para investor saat itu untuk mengamankan investasinya.

2. Nilai likuiditas tinggi

Emas mempunyai tingkat likuiditas yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan investasi yang lain. Karena tingkat likuiditasnya yang tinggi inilah  menjadikannya salah satu instrumen investasi yang sangat berharga. Kamu bisa menjual atau mencairkan investasi emas kamu kapan saja kamu membutuhkannya menjadi uang tunai.

3. Bisa diwariskan

Selain properti, emas menjadi aset investasi yang bisa kamu wariskan kepada anak cucumu nanti kelak, emas juga tidak mudah rusak walau disimpan dalam waktu lama berbeda dengan properti yang walaupun juga bisa diwariskan tapi sejalan waktu jika tidak dirawat akan mengalami kerusakan atau penurunan nilai.

4. Emas sebagai produk

Karena bentuknya yang padat dan titik cairnya yang tinggi, emas selain diperjual belikan sebagai aset atau investasi juga digunakan sebagai bahan baku beberapa produk. Beberapa produk seperti perhiasan, peralatan industri dan elektronik menggunakan emas sebagai komponen produknya. 

Karena beragamnya penggunaan emas tersebut membuat tingginya permintaan emas meningkat yang menyebabkan harga emas menjadi stabil dan cenderung mengalami kenaikan karena tingginya permintaan pasar untuk komoditi ini.

  1. Praktis dan terjangkau

Tidak seperti dulu saat ini kalau kamu ingin memulai investasi emas cukup mudah. Kamu bisa langsung mengunjungi gerai penjual emas seperti toko-toko emas, dan membeli langsung emas dalam bentuk perhiasan, atau kamu dapat mengunjungi pegadaian untuk  menebus emas atau menabung emas. Kamu juga dapat mengunjungi gerai Antam jika tertarik mengoleksi emas dalam bentuk batangan atau kepingan. 

Bahkan dengan majunya teknologi saat ini kamu pun sudah dapat membeli emas digital secara online, bahkan kamu juga dapat membeli dalam satuan rupiah yang  kamu miliki, bukan gramasi seperti ukuran emas padat pada umumnya. Banyak aplikasi online yang menawarkan penjualan dan pembelian emas digital dengan promo menarik. Semua transaksi ini bisa kamu lakukan hanya lewat smartphone kamu.  

Kesimpulan

Demikian beberapa keuntungan berinvestasi emas yang bisa menjadi investasi untuk masa depan kamu. Dengan banyaknya keuntungan dari investasi emas, kamu mungkin akan bisa mempertimbangkan emas sebagai salah satu aset investasi kamu. 

Emas akan selalu menjadi aset investasi favorit untuk dijadikan salah satu aset instrumen investasi. Ketika kamu berinvestasi jangan lupa rencanakan dengan baik tujuan investasi kamu, perhatikan juga waktu terbaik untuk berinvestasi, dan juga sesuaikan dengan kemampuan finansial kamu jangan sampai memberatkan keuangan kamu.

 

You may also like