Home Investasi Keuntungan Investasi Reksadana dan Cara Memulainya

Keuntungan Investasi Reksadana dan Cara Memulainya

by Mas Abadi
Investasi Reksadana

Sebagian dari masyarakat kita pasti sudah tidak asing dengan Investasi Reksadana. Investasi Reksa dana adalah sebuah investasi yang didapat dengan cara mengumpulkan uang atau modal dari beberapa investor yang selanjutnya dikelola dan diinvestasikan kedalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. 

Investasi Reksa dana yang terdapat di pasar modal mempunyai beberapa jenis. Beberapanya yaitu Reksadana saham, Reksadana campuran, Reksadana Pendapatan Tetap, ,Reksadana Pasar Uang, dan Reksadana Index. Pengertian tersebut sesuai dengan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 pasal 1, ayat 27. Walaupun begitu, tidak sedikit juga masyarakat yang masih salah kaprah dalam mengartikan Investasi Reksadana ini. 

Dengan pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya, didalam artikel ini akan dibahas apa saja keuntungan dalam berinvestasi reksadana dan bagaimana cara memulainya. Diharapkan dengan pembahasan ini, masyarakat yang belum mengetahui atau masih salah kaprah dengan investasi reksa dana ini akan mulai paham dan dapat mulai mencoba berinvestasi.

Keuntungan Investasi Reksadana, diantaranya :

  • Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Keuntungan investasi reksa dana yang pertama didapat adalah dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) atau dengan kata lainnya adalah anda akan mendapatkan untung jika harga reksadana anda naik. Contoh, anda membeli reksadana A senilai Rp 100.000 . 1 tahun kemudian anda menjual reksadana anda dan ternyata harga reksadana anda naik menjadi Rp120.000. Nah, untung yang anda dapatkan sebesar Rp 20.000.

Nilai Aktiva Bersih (NAB) dapat naik karena didalam reksadana tersebut karena didalam investasi reksa dana ini memiliki beberapa aset seperti saham, obligasi, dan deposito. Dalam memilih aset yang bisa naik harganya inilah tugas utama yang dilakukan oleh Manajer Investasi.

  • Management yang Profesional

Didalam Investasi Reksa dana ini dikelola oleh seorang manajer investasi yang tentunya sudah profesional. Manajer Investasi disini sudah berpengalaman dan bekerja secara transparan, jadi anda tidak perlu ragu dan khawatir jika ingin mulai melakukan investasi pertama anda.

  • Keuntungan Besar

Jika manajer investasi pintar dalam memilih investasi reksa dana, anda akan mendapatkan untung yang lumayan besar. Karena, anda bisa mendapatkan untung sampai 20% pertahun didalam investasi reksadana ini. 

  • Minim Resiko

Bagi pemula yang ingin melakukan investasi, bisa disarankan melalui investasi reksadana dini. Investasi reksadana ini minim resiko karena dikelola oleh seorang manajer investasi yang sudah berpengalaman dan bekerja secara transparan. Anda hanya perlu memilih beberapa saham yang telah disiapkan oleh manager investasi.

Modal yang ringan

Investasi Reksadana

Bagi pemula, dapat dengan mudah membeli saham reksadana ini karena harga atau modal yang ditawarkan dalam investasi ini terbilang sangat terjangkau.

Berikut beberapa keuntungan didalam investasi reksa dana. Selanjutnya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah beberapa cara bagaimana anda akan memulai berinvestasi reksadana.

Cara dalam memulai investasi, diantaranya :

  • Jenis-jenis Reksadana

Investasi reksa dana memiliki beberapa jenis. Sebelum anda mulai menginvestasikan keuangan anda, pertama yang harus anda lakukan adalah memahami jenis-jenis investasi reksadana. Jika anda sudah memahami jenis-jenis investasi reksadana tersebut, anda dapat dengan mudah memilih jenis reksadana mana yang bagus menurut anda untuk menginvestasikan uang anda. Anda juga dapat berkonsultasi dengan manajer investasi anda dalam memilih investasi reksadana ini.

  • Tujuan Investasi

Salah satu tujuan anda berinvestasi adalah tak lain ingin mendapatkan untung dalam hal keuangan. Investasi reksadana ini keuntungan yang didapatkan membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Anda dapat menentukan jangka waktu berapa anda ingin mendapatkan keuntungan . Bisa kurang dari 1 tahun, lebih dari 1 tahun, 3 tahun, atau bahkan 5 tahun. Sesuaikan dengan tujuan apa anda berinvestasi.

  • Legalitas Investasi Reksadana

Walaupun investasi reksa dana ini telah dikelola oleh seorang manajer investasi yang berpengalaman, profesional, dan bekerja secara transparasi, anda tetap tidak boleh lengah dalam hal perijinan dan legalitas investasi ini. Anda tetap harus mengkonfirmasi ulang tentang legalitas dan perijinan investasi ini kepada manajer investasi . 

Apakah investasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Lembaga Keuangan (OJK) atau belum. Anda juga dapat mengkonfirmasi langsung ke OJK. Jika memang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, anda dapat melanjutkan investasi anda.

  • Mulai Investasi Reksadana

Setelah anda sudah melakukan konsultasi dengan manajer investasi , mengkonfirmasi legalitas dan perijinan yang diawasi langsung oleh OJK, memahami  investasi reksadana, memiliki tujuan yang jelas, dan sudah memilih mau ke jenis investasi reksadana mana anda ingin menginvestasikan uang anda, anda dapat dengan yakin memulai investasi anda.

Bagaimana penjelasan diatas tentang Investasi Reksadana? Apakah anda yang pemula akhirnya tertarik ingin melakukan investasi reksa dana? Jika memang anda ingin dan masih belum memahaminya, anda dapat melakukan konsultasi kepada manajer investasi.

Semoga sukses dan berhasil. Selamat mencoba.

You may also like