Home Tabungan Keunggulan Kartu ATM Chip Dibandingkan Magnetic Stripes

Keunggulan Kartu ATM Chip Dibandingkan Magnetic Stripes

by Mas Abadi
kartu ATM chip

Pasti sebagian dari Anda pernah mendapatkan himbauan untuk mengganti kartu ATM yang menggunakan magnetic chip dengan ATM yang memakai chip. Penggantian kartu ATM chip ini tidak lepas dari beberapa keunggulan yang memang tidak dimiliki oleh jenis magnetic chip. Lalu apa saja keunggulan dari kartu ATM yang chip dibandingkan dengan magnetic stripes? Berikut ini adalah ulasannya.

Tentang Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripes

Sebelum Anda mengetahui keunggulan dari kartu ATM versi chip, mungkin ada baiknya memahami lebih jauh apa yang dimaksud dengan kartu ATM dengan chip dan magnetic stripes. Simak ulasannya berikut ini.

Kartu ATM Berbasis Chip (EMV)

Pengertian dari kartu EMV ini adalah kartu ATM yang didalamnya telah ditanamkan chip. Adanya chip ini nantinya akan menyimpan seluruh data dari pemilik ATM termasuk nomor pinnya. Ketika menggunakan kartu ini pun harus memakai mesin Point of Sale Terminal. Sehingga ketika kartu dimasukan ke dalam mesin, maka akan terbaca lalu Anda akan diminta memasukan pin. Kemudian Anda bisa melakukan transaksi. Jadi, secara garis besar kartu ATM tidak dapat digunakan bila tidak memasukan nomor pin.

Kartu ATM Berb

asis Magnetic Stripes

Sedangkan untuk kartu ATM Magnetic Stripes adalah kartu yang mempunyai garis atau stripe hitam di bagian belakangnya. Pada strirp inilah, terdapat magnet-magnet kecil yang berisi tentang akun bank atau data milik Anda. Jadi, ketika melakukan transaksi dengan kartu ini, maka mesin yang digunakan akan mengumpulkan informasi pada kartu. Kemudian akan mengirimkan ke bank yang menerbitkan kartu ATM tersebut. lalu, Anda pun melakukan transaksi yang dibutuhkan.

Perbedaan Kartu ATM Chip dengan Magnetic Stripes

Dari penjelasan singkat keduanya, maka Anda juga harus mengetahui perbedaan kedua kartu tersebut. Berikut ini adalah perbedaan antara kartu ATM EMV atau chip dengan magnetic stipes:

  • Desain

Perbedaan pertama yang paling jelas adalah dari desainnya. Untuk kartu EMV mempunyai chip yang berada di bagian depan kartu. Sedangkan untuk magnetic stripes hanya ada garis hitam yang terletak di belakang kartu. Pada versi chip juga mempunyai stripes hitam di bagian belakangnya.

  • Cara menggunakannya

Untuk penggunaannya pun juga menggunakan cara yang berbeda. Meski penggunaan di mesin ATM sama, tapi jika Anda ingin melakukan pembayaran dengan mesin EDC ada perbedaannya. Untuk kartu chip jika ingin membayar hanya dengan cara dimasukkan ke dalam mesin atau sistem deep. Sedangkan untuk magnetic stripes hanya bisa digesek saja.

  • Limit kartu

Perbedaan selanjutnya adalah dari limit kartu yang diberikan. Pada kartu ATM dengan chip bergantung pada jenis kartu yang Anda pilih. Semisalnya adalah untuk ATM platinum, limit transfer ke sesama bank bisa mencari 100 juta rupiah.

Keunggulan dari Kartu ATM Chip Dibandingkan Magnetic Stripes

kartu ATM chip

Dari perbedaan di atas, maka sudah jelas ada kelebihan yang bisa dirasakan pengguna ATM chip. Berikut ini adalah keunggulan dari kartu ATM yang sudah menggunakan teknologi chip:

  • Transaksi jauh lebih aman

Keunggulan pertama dari kartu EMV ini adalah terbilang lebih aman untuk seluruh penggunaannya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketika bertransaksi menggunakan kartu ini maka Anda harus memasukan pin dengan benar. Bila tidak, jelas transaksi akan gagal atau tidak bisa dilanjutkan. Berbeda dengan magnetic stripes yang terbilang masih rawan untuk dibobol.

  • Sulit dipalsukan

Kelebihan selanjutnya dari kartu ATM dengan teknologi chip ini adalah sulit sekali untuk dipalsukan. Karena keaslian dari kartu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan metode offline maupun online yang disebut dengan CAM. Tidak seperti yang magnetic stripes, di mana mudah sekali palsukan karena data hanya disimpan pada pita magnetic tanpa memerlukan otentikasi atau pin.

  • Kapasitas data lebih besar

Anda juga bisa bertransaksi dengan lebih cepat tanpa gangguan dengan menggunakan ATM chip ini. Hal tersebut dikarenakan kapasitas pada kartu dengan basis chip ini sangatlah besar dan telah menggunakan teknologi yang lebih memadai dan canggih.

  • Nominal limit transaksi lebih besar

Pada ATM yang sudah menggunakan chip ini sendiri memiliki limit yang lebih besar dari pada magnetic stripes. Semisalnya adalah besaran jumlah transfer per hari, jika sebelumnya limitnya adalah 20 juta bisa naik menjadi 25 juta rupiah. Tentu saja limitnya bergantung pada bank yang menerbitkan ATM Anda.

  • Kartu lebih awet

Tidak hanya itu saja, keunggulan dari kartu ini adalah fisiknya yang lebih kuat sehingga sangat awet. Karena pada kartu ini terdapat chip yang harus dilindungi, maka tidak heran bahan kartu dibuat dengan sangat kuat. Tidak seperti kartu ATM dengan magnetic stripes yang cepat rusak.

Itulah penjelasan perbedaan dari kartu ATM chip dengan magnetic stripes. Dapat diambil kesimpulan, bahwa kartu atm dengan teknologi ini memberikan perlindungan yang lebih baik dari magnetic stripes. Sehingga, jika Anda masih menggunakan versi yang stripes, segeralah ganti dengan yang chip.

You may also like