Home Perencanaan Kesalahan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Bangun Bisnis Dari Nol

Kesalahan Yang Harus Dihindari Jika Ingin Bangun Bisnis Dari Nol

by Mas Abadi

Dalam memulai bisnis yang baru, terkadang terdapat beberapa tantangan dalamnya. Pada masa sekarang, dalam memulai bisnis sangatlah mudah. Dengan menggunakan kecanggihan teknologi sekarang banyak masyarakat memulai bisnis menggunakan smartphone dan kecanggihan teknologi lainnya. 

Membangun bisnis yang dimulai dari nol, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut akan membantu kamu untuk mengalami kerugian, maka dari itu dalam memulai bisnis kamu harus mengambil langkah yang tepat. 

Dalam memulai bisnis melalui online, media sosial merupakan salah satu cara untuk kamu mempromosikan usaha yang kamu jual. Dengan menggunakan situs platform marketplace di E-Commerce kamu dapat menjual produk atau usaha yang kamu jalankan secara online. 

Kemudahan yang dapat dimanfaatkan seperti penjelasan yang diatas tidak menjamin kesuksesan dan keberlangsungan usaha yang baru kamu jalankan. Mari simak informasi dibawah ini, untuk mengetahui hal apa saja yang biasanya menjadi kesalahan saat membangun usaha: 

1. Tidak Memiliki Rencana Usaha Yang Matang

Dalam merintis sebuah usaha tidak memiliki rencana yang matang akan mengakibatkan kegagalan dalam membangun bisnis. Sebagian orang dalam membangun bisnis tidak mengetahui target pasar dari produk yang jual, tidak memiliki strategi dalam pemasaran dan tidak memiliki rencana untuk jangka panjang.

Saat kamu memulai bisnis, kamu harus mempunyai rancangan dalam usaha yang akan kamu jalankan. Tentukan usaha apa yang akan kamu jual, tentukan target pasar dari produk yang kamu jual, kamu juga harus menentukan bagaimana pemasaran atau cara mempromosikan produk yang akan dijual. Saat memulai bisnis, hal yang harus kamu lakukan adalah menghitung modal yang dibutuhkan dalam memulai usaha tersebut. 

2. Manajemen Keuangan 

Manajemen keuangan merupakan hal yang harus diperhatikan. Jika, usaha yang kamu jalankan masih terbilang kecil, namun pengelolaan keuangan tetaplah sangat penting. Karena dengan adanya manajemen keuangan yang baik, kamu dapat mengetahui apakah usaha yang kamu jalankan sedang mengalami keuntungan atau kerugian. Saat kamu mengetahui keuangan yang tidak baik–baik saja, maka kamu harus mengambil langkah agar dapat modal yang dikeluarkan kembali lagi. 

3. Terburu-Buru Dalam Memilih Partner Kerja

Memulai bisnis dari nol sangatlah tidak mudah, tentunya anda harus mempersiapkan semuanya  dengan matang. Dalam memulai bisnis, hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah memilih partner kerja. Saat memulai usaha dengan teman dekat ataupun saudara terdekat, merupakan salah satu hal yang mudah untuk kamu memulai bisnis. 

Saat kamu mempunyai partner kerja, usaha yang kamu jalankan akan berjalan lebih mudah. Dengan mempunyai partner kerja yang saling mendukung satu sama lain, hal tersebut akan membantu usaha yang kamu jalankan mengalami kerugian. Maka dari itu, dalam memilih partner kerja janganlah terburu–buru karena hal tersebut akan membuat usaha yang kamu rintis mengalami kegagalan. 

4. Kepuasan Pelanggan

Saat kamu melakukan bisnis, hal yang jangan pernah kamu lupakan adalah saat pelanggan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Saat kamu mempunyai usaha, buatlah para pelanggan atau konsumen untuk datang kembali agar menjadi pelanggan setia dalam bisnis mu. 

Pelanggan yang mendapatkan kepuasan atas produk atau jasa yang kamu jual akan membagikan pengalamannya secara tidak langsung terhadap teman atau kerabat terdekatnya. Hal tersebut, secara tidak langsung mempromosikan produk atau jasa bisnis yang kamu jalankan. 

5. Ingin Sukses Dan Mendapatkan Keuntungan Secara Cepat

Ingin sukses dan mendapatkan keuntungan secara cepat merupakan hal yang selalu diinginkan oleh para pebisnis. Dalam membangun usaha, meraih kesuksesan dan mendapatkan keuntungan secara cepat tidaklah mudah dan memiliki waktu yang cukup panjang. 

Banyak para pebisnis baru yang cenderung memiliki prinsip ingin mendapatkan keuntungan secara cepat, hal tersebut akan membuat bisnis yang kamu jalankan mengalami kerugian secara tidak langsung. 

6. Tujuan Dalam Berbisnis

Saat kamu ingin membangun sebuah bisnis, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah tujuan dalam berbisnis. Saat kamu tidak memiliki tujuan dalam berbisnis maka hal tersebut akan membuat merasa bosan atau malas untuk menjalankannya.

Maka dari itu, saat kamu ingin membangun sebuah bisnis sebaiknya kamu memiliki tujuan dalam berbisnis, misalnya dengan kamu menjalankan binis tersebut kamu ingin mebangun rumah, mobil dan lain sebagainya. Saat kamu mempunyai alasan untuk menjalankan bisnis, maka hal tersebut akan membantu untuk mempertahankan bisnis tersebut dalam jangka waktu yang panjang. 

Maka dapat disimpulkan, dalam membangun sebuah usaha dari nol tidaklah mudah. banyak hal yang harus kamu perhatikan agar usaha yang kamu jalankan berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan. Dalam memulai bisnis juga sangatlah penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu yang ingin memulai bisnis.

You may also like