Home Tips Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Wanita

Kesalahan Finansial yang Sering Dilakukan Wanita

by Mas Abadi

Dalam hidup ini wanita kerap dituntut untuk dapat mengelola keuangan baik bagi yang sudah berumah tangga ataupun belum menikah dengan baik, bahkan sampai ada sebuah anggapan bila masalah keuangan akan lebih baik jika dipegang oleh wanita. 

Namun, sayangnya banyak juga kesalahan yang kerap dilakukan oleh para wanita dalam hal pengelolaan finansial, sehingga membuat mereka kalang kabut ketika menemukan kondisi keuangannya tidak baik menjelang akhir bulan.

Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Wanita

Agar kamu bisa mengetahui apa saja kesalahan yang kerap dilakukan sebagai wanita dan sebisa mungkin menghindari hal-hal tersebut, maka berikut di bawah ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan, yaitu :

  • Tidak memiliki catatan pengeluaran

Mempunyai catatan pengeluaran merupakan suatu hal yang memang wajib dilakukan, karena memang dari catatan itu nantinya kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan setiap bulan dan kamu bisa tahu untuk apa saja uang tersebut digunakan.

Selanjutnya adalah kamu harus membuat pos-pos keuangan, caranya adalah dengan mempersiapkan amplop khusus yang di luarnya ditulisi untuk apakah uang tersebut. Misalnya kuota/ pulsa/ wifi, dapur, transport/ bensin, keperluan pribadi, tagihan/ cicilan dan sebagainya.

Dengan menggunakan cara tersebut, diharapkan kamu bisa lebih mengatur keuangan dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat belajar mempergunakan uang sesuai dengan keperluan dan mengontrol diri agar tidak lagi konsumtif.

  • Tidak mengutamakan kebutuhan

Kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan dan termasuk kesalahan finansial, yaitu berbelanja hal-hal impulsif. Dimana ketika merasa barang atau tersebut terlihat menarik, langsung membelinya tanpa berpikir apakah memang dibutuhkan atau tidak.

Belum lagi ketika melihat diskonan atau promosi pada produk-produk tertentu yang memang sudah lama diinginkan. Namun, kamu harus tahu bahwa berbelanja secara implusif seperti itu tidaklah baik, apalagi bila tidak masuk pada list belanja.

  • Tidak memiliki dana darurat dan asuransi

Dana darurat merupakan hal ketiga yang kerap dilupakan oleh wanita untuk dimiliki. Padahal adanya simpanan darurat ini sangat penting untuk membantu kamu ketika ada kejadian-kejadian yang tidak terduga, misalnya kecelakaan, di PHK, kendaraan mogok dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu merasa khawatir dan bingung mencari pinjaman yang belum tentu juga bisa langsung diperoleh. Jadi, ada baiknya kamu mulai menyisihkan uang dari mulai 10% hingga 20% tiap bulannya supaya di kemudian hari bisa kamu pakai ketika menghadapi hal darurat.

Selain dana darurat, kamu juga sebaiknya memiliki asuransi, baik kesehatan, jiwa, properti ataupun kendaraan. Tentunya masing-masing asuransi mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri dan mampu memberikan bantuan pada dirimu ketika sedang di masa sulit.

Asuransi sendiri tentunya akan dapat melindungi dirimu dari pengeluaran dana berlebihan, misalnya ketika kamu sakit dan harus dirawat beberapa hari di rumah sakit, maka pihak asuransi akan mengcover biaya selama sesuai dengan syarat dan ketentuan.

  • Tidak mempunyai tabungan

Menabung merupakan kewajiban bagi siapapun, karena adanya tabungan tentunya akan sangat berguna bagimu untuk memenuhi kebutuhan. Tabungan ini nantinya bisa kamu buat untuk beberapa tujuan, misalnya dana pensiun, pendidikan anak atau tujuan-tujuan lain yang memang menjadi target.

Nah, hal inilah yang kerap tidak dilakukan oleh wanita, yaitu melupakan untuk menyisihkan uang mereka untuk menabung. Bila kamu termasuk salah satunya, mulai sekarang belajarlah menabungkan uang penghasilan kamu setidaknya 15% dari total pendapatan bulanan.

  • Tidak memiliki investasi

Kesalahan selanjutnya adalah tidak memiliki investasi. Padahal ketika kamu mempunyai penghasilan pasif yang diperoleh dari investasi, kamu akan mempunyai keuntungan berlipat ganda. Apalagi ketika sudah mempunyai investasi, kamu bisa memperoleh uang tanpa harus bekerja keras.

Namun, ketika kamu ingin berinvestasi sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai hal-hal yang memang berkaitan dengan investasi. Misalnya seperti profil resiko, jenis investasi yang cocok denganmu dan lain sebagainya. Untuk jenis dari investasi, yaitu Reksadana, Saham, Emas, Properti, Obligasi, SBN dan masih banyak lagi.

  • Tidak enak hati bila ada yang ingin meminjam uang

Terakhir adalah wanita itu kerap kali mendahulukan perasaannya sehingga ketika ada seseorang yang meminta tolong ingin meminjam uang, maka kadang kala langsung memberikannya tanpa mempertimbangkan kebutuhannya sendiri.

Padahal sebaiknya ketika ada teman, saudara atau siapapun yang ingin meminjam uang kepadamu. Pertimbangkanlah terlebih dahulu apakah saat ini keuanganmu sedang baik—baik saja ataukah memang dalam keadaan mepet. Selain itu, kamu juga harus bersiap ketika uangmu tidak dikembalikan.

Setelah kamu mengetahui kesalahan-kesalahan diatas, maka diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal tersebut agar finansialmu dalam keadaan baik-baik saja. Sehingga kamu bisa mencapai kebebasan finansial  dan meraih target-target yang diinginkan di masa depan. Mulailah dari hal yang menurutmu mudah, baru setelahnya melangkah ke yang lainnya.

You may also like