Home Tips Kesalahan Finansial Anak Muda yang Sering Dianggap Sepele

Kesalahan Finansial Anak Muda yang Sering Dianggap Sepele

by Mas Abadi
Kesalahan Finansial Anak Muda Yang Sering Dianggap Sepele (1)

Di saat usia masih muda tentunya banyak orang yang kerap kali melakukan kesalahan dalam urusan finansial. Tentunya hal ini bisa dihindari apabila sudah mempunyai pengetahuan mengenai cara mengelola uang sejak usia dini. Namun tentunya tidak semua dari kalian yang dibekali ilmu oleh orang tua dalam mengelola keuangan saat masih kecil.

Sehingga kebiasaan menggunakan uang tanpa dipikir bisa terbawa hingga dewasa. Kebanyakan kasus yang ditemukan dari anak muda dalam kesalahan finansial yaitu mereka tidak menyisihkan uang untuk ditabung ataupun diinvestasikan sehingga saat dewasa cukup sulit untuk mengatur penghasilan yang mereka dapat tiap bulannya.

Kesalahan yang kerap dianggap sepele oleh anak muda

Di bawah ini adalah beberapa kesalahan yang kerap dianggap sepele oleh kaum muda, kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat mempengaruhi kehidupanmu di masa mendatang. Kira-kira dari poin-poin di bawah ini kamu termasuk yang menyepelekan masalah finansial atau tidak. Yuk! kita cek bersama.

1. Tidak menyisakan penghasilan

Ketika kamu mendapatkan gaji kamu termasuk tipe yang langsung menghabiskan nya saat itu atau menyisakannya untuk disimpan? Apabila kamu termasuk pada tipe yang pertama yaitu dihabiskan tanpa menyisakan, maka kamu termasuk pada golongan yang menyepelekan masalah finansial.

Padahal kamu harus setidaknya memiliki tabungan supaya nantinya ketika kamu membutuhkan sesuatu tidak harus kebingungan mencari pinjaman atau meminta ke orang tua. Sisihkan saja setidaknya 10% dari nominal penghasilan setiap bulan secara rutin agar kamu menjadi terbiasa untuk menabung.

2. Jajan online

Apakah kamu termasuk yang hobi jajan makanan di luar/ online ataukah kamu lebih suka masak sendiri? Jika kamu termasuk yang poin pertama yaitu membeli makanan secara online atau keluar berarti ini merupakan kesalahan financial kedua kamu.

Kamu harus belajar menghitung berapa besar pengeluaranmu ketika kamu jajan atau membeli makan menggunakan go-jek dalam satu hari dibandingkan jika kamu memilih untuk makan masakan orang tuamu atau memasak sendiri.

Ketika kamu memilih untuk membeli bahan makanan di pasar atau di supermarket memang awalnya terlihat besar dan nominal saat membayar, namun percayalah bahwa bahan makanan yang kamu beli tersebut dapat kamu gunakan beberapa kali atau untuk hari-hari berikutnya. 

3. Tidak bisa membedakan mana keinginan dan kebutuhan

Kesalahan finansial selanjutnya yang kerap disepelekan adalah ketika kamu tidak bisa membedakan mana yang benar-benar dibutuhkan dan tidak. Misalnya bulan ini kamu berencana untuk membeli sepatu, tetapi ada baiknya kamu melihat terlebih dahulu apakah sepatu yang kamu miliki memang perlu diganti atau sebenarnya masih layak digunakan.

Apabila sepatu tersebut nyatanya masih layak untuk kamu pakai, ada baiknya tidak membeli dulu sepatu baru dan alihkan dana tersebut untuk hal yang lebih penting misalnya untuk membayar cicilan membeli kebutuhan rumah atau jika memang ada peralatan yang rusak kamu harus mendahulukan hal tersebut.

4. Mencampur rekening

Mulailah untuk memisahkan antara rekening gaji dengan simpanan, karena ketika kamu masih menggabungkan keduanya akan sulit bagimu untuk menabung sebab uangnya akan selalu terpakai.

Lalu ketika kamu memiliki rekening lain yang khusus digunakan untuk menabung, pilihlah jenis tabungan yang hanya dapat ditarik beberapa kali dalam sebulan atau tidak menggunakan kartu ATM.

5. Belum memiliki tabungan

Menabung juga masuk pada kebiasaan yang kerap disepelekan oleh kaum muda apalagi ketika mereka sudah terlanjur merasakan gaya hidup glamor dan mewah. Kamu harus tahu bahwa memiliki satu simpanan termasuk dalam kategori finansial yang sehat, karena saat kamu membutuhkan sesuatu.

Tidak perlu meminjam uang yang sudah pasti nantinya bisa menjadi beban finansial tersendiri. Karena itu sebaiknya kamu menyeimbangkan gaya hidupmu dengan penghasilan yang kamu miliki setiap bulannya, jangan sampai penghasilanmu yang hanya satu atau dua juta namun gaya hidupmu melebihi pendapatan bulanan.

6. Tidak pernah membuat perencanaan anggaran bulanan

Kesalahan finansial yang kerap disepelekan oleh para anak muda zaman sekarang yaitu tidak pernah membuat perencanaan anggaran bulanan. Padahal melakukan budgeting setiap bulan sangatlah penting supaya kamu tahu berapa besar pengeluaran dan mengetahui apakah memang dana yang digunakan untuk hal-hal tersebut itu dibutuhkan atau tidak.

7. Belanja berlebihan

Kesalahan finansial yang terakhir yaitu terlalu berlebihan ketika berbelanja. Inilah mengapa kamu harus membuat rancangan anggaran bulanan, supaya kamu bisa mengontrol keluarnya uang. Memang betul kita sebagai anak muda harus selalu mengikuti fashion yang saat ini sedang trend. 

Tetapi bukan berarti kamu bisa belanja sesuka hati tanpa memikirkan bagaimana kehidupanmu di masa mendatang. Karena bagaimanapun juga segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, kamu tidak bisa selalu membeli pakaian, sepatu atau outfit apapun yang bahkan sebenarnya tidak kamu butuhkan.

Nah, apabila kamu merupakan salah satu anak muda yang kerap melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan sebaiknya mulailah untuk memperbaikinya agar kehidupanmu di masa mendatang atau di masa tua lebih terjamin.

You may also like