Home Perencanaan Kenapa Hidup Di Papua Mahal? 5 Rincian Bawah Ini Bisa Menjawabnya

Kenapa Hidup Di Papua Mahal? 5 Rincian Bawah Ini Bisa Menjawabnya

by Mas Abadi
Biaya Hidup di Papua

Keindahan dan kekayaan Papua memang sudah tidak diragukan lagi, berbagai keelokan wisata dan budaya yang masih sangat terjaga membuat banyak orang ingin pergi kesana. Namun, tahukah Anda apabila kehidupan di Papua itu sangat mahal? Karena wilayah yang ada diujung timur Indonesia itu masih ada beberapa daerah yang tertinggal dan belum merata. 

Bahkan, masih banyak akses yang hanya bisa ditempuh melalui jalur udara. Dampak yang terjadi mengakibatkan beberapa kebutuhan pokok kian mahal dan tidak sama antara satu tempat dengan lainnya. Nah, apabila Anda ingin tinggal dan hidup disana, kami ada beberapa rincian yang harus dipertimbangkan, simak yuk penjelasannya. 

Rincian Biaya Hidup di Papua

1. Rumah atau Tempat Tinggal 

Hal paling utama apabila Anda berpindah ke suatu tempat atau wilayah itu dengan memperhatikan tempat tinggal. Terutama untuk Anda yang baru merantau ke Papua, kost atau kontrakan menjadi pilihan yang harus dilakukan. Karena apabila Anda tidak memperhitungkannya akan terdampar dan luntang lantung di kota orang. 

Apalagi jika Anda pergi sendirian, sehingga pilihan kost yang paling tepat dan bijak untuk dilakukan secara keseluruhannya. Untuk biaya kost di Papua bervariasi dan berbeda-beda, tergantung dari lokasi, fasilitas, dan luas huniannya. Rata-rata biaya yang harus Anda keluarkan atau habiskan itu sekitar 600 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. 

Harga diatas untuk kalangan mahasiswa, namun apabila Anda pindah ke Papua untuk urusan pekerjaan tentunya biaya sewanya ada perbedaan. Terkait biaya kostnya sendiri Anda harus menghabiskan uang sekitar 1,5 juta rupiah sampai 2 juta rupiah. Memang Anda bisa mencari yang paling murah, karena semuanya didasarkan pada kebutuhan masing-masing. 

2. Biaya Makan dan Minum 

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk harus diperhitungkan adalah terkait biaya makan dan minum untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Selain tempat tinggal, kebutuhan hidup tersebut telah menjadi pengeluaran wajib yang sudah harus Anda pertimbangkan. Pengeluaran setiap orang memang berbeda-beda, karena tergantung dari gaya hidup seseorang. 

Jika Anda pergi ke Papua untuk bekerja dan terbiasa membeli makan di luar, maka akan berbeda dengan beberapa orang yang memasak sendiri. Untuk harga makanan sehari-hari, kisaran 15 ribu rupiah sampai 25 ribu rupiah. 

Pengeluaran tersebut tergantung dari biaya makan Anda sehari-hari, apabila Anda menghabiskan makan 3 kali seharinya tentu harus memperhitungkannya. Jika dikalkulasi secara lebih jelas, maka pengeluaran makan satu kali rata-rata 20 ribu, setiap harinya menghabiskan 60 ribu rupiah. Dengan begitu, biaya yang dihabiskan 1,6 juta rupiah per bulan. 

3. Transportasi 

Dalam mendukung dan menunjang mobilitas keseharian anak rantau yang bekerja atau pelajar merantau ke Papua tentunya sangat membutuhkan transportasi. Untuk perhitungan harga yang harus dikeluarkan atau dihabiskan antara satu sama lainnya berbeda-beda, sehingga tergantung dengan rute dan jenis kendaraan yang digunakan. 

Apabila Anda menginginkan gambaran umum, maka kami memperhitungkan berdasarkan dari beberapa kendaraan atau transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat lokal. Biasanya untuk angkutan kota atau angkot sendiri biaya yang harus dihabiskan sekitar 5 ribu rupiah untuk sekali jalan, namun ada juga beberapa jenis transportasi lainnya yaitu ojek. 

Namun, kendaraan tersebut tidak begitu diminati oleh masyarakat. Karena, harganya tidak konsisten dan sering berubah-ubah. Tetapi, untuk kota yang sudah besar layaknya Jayapura mungkin bisa menggunakan dan menikmati ojek daring, melalui aplikasi yang ada tersebut Anda akan lebih mudah mendapatkan perhitungan harga yang pas dan pasti. 

4. Biaya Komunikasi 

Perlu dipahami beberapa wilayah di Papua hanya didukung oleh beberapa provider saja dan terkadang masih ada beberapa daerah yang jaringannya kurang stabil. Hal ini perlu Anda pertimbangkan dan pahami bersama-sama, karena tidak seperti Pulau Jawa yang hampir semua tempatnya sudah didukung oleh beberapa provider. 

Untuk mengantisipasi agar tidak putus komunikasi, maka perlu mempertimbangkan terkait biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya. Melalui beberapa perhitungan yang umum, kami mengambil biaya yang harus dikeluarkan. Biasanya biaya yang harus Anda sisihkan terkait biaya komunikasi tersebut kisaran 200 ribu rupiah sampai 250 ribu rupiah per bulannya. 

Jika Anda bekerja dan pindah kesana pastikan terlebih dahulu mengenai jenis provider yang paling mendukung dan tidak jarang mengalami kendala, sehingga kedepannya Anda tidak salah dalam memutuskan membeli provider untuk komunikasi tersebut. 

5. Hiburan dan Wisata 

Terakhir yang harus dipertimbangkan terkait beberapa hiburan dan wisata, hal ini penting untuk Anda perhitungkan. Karena tidak mungkin Anda menghabiskan waktu hanya untuk bekerja, sesekali membutuhkan hiburan dan pergi wisata ke beberapa tempat yang ada. Untuk biaya nonton bioskop di Papua Anda harus mengeluarkan sekitar 50 ribu rupiah. 

Namun, untuk pergi nongkrong dan pergi ke tempat wisata lainnya minimal mungkin Anda harus menghabiskan 100 ribu rupiah setiap minggunya. 

Nah, itulah beberapa rincian yang bisa Anda perhitungkan apabila memutuskan untuk hidup di Papua kedepannya. 

 

You may also like