Home Bisnis Kenali Cara Ternak Kambing Modal Rp 10 Juta Dengan Potensi Untung Besar

Kenali Cara Ternak Kambing Modal Rp 10 Juta Dengan Potensi Untung Besar

by Mas Abadi
Cara Ternak Kambing

Peluang bisnis memang tidak ada batasannya. Apalagi jika Anda melirik pangsa pasar produk ternak yang seakan tidak akan pernah kehabisan minat. Mulai dari bisnis ternak ayam, ikan, bahkan kambing sekalipun. Bisnis ternak kambing sendiri bisa dimulai dengan modal 10 jutaan. Jika Anda tertarik untuk mencoba, cek terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Kebutuhan Yang Harus Dibeli Dengan Modal 10 Jutaan

Jika Anda bertanya, bagaimana bisnis ini bisa dimulai dengan modal 10 jutaan saja? Jawabannya mungkin hadir dari kebutuhan ternak yang cenderung rendah. Dalam hal ini, Anda dapat melihat biaya bibit kambing usia sekitar 3-5 bulan yang per akhir tahun 2020 dibanderol sekitar 600 ribuan saja. Anda pun dapat membeli kurang lebih 5 ekor kambing.

Untuk kebutuhan kandang, Anda dapat menggunakan kandang modern yang dijual di marketplace online seharga kurang lebih tiga jutaan. Ukurannya sekitar 2 x 2 meter, yang mana cukup untuk bibit kambing muda. Beberapa kebutuhan lainnya mencakup obat dan vitamin ternak seharga satu jutaan dan biaya pakan rumput per bulan sekitar satu juta.

Jika Anda memiliki kebun, maka kebutuhan pakan akan lebih berkurang. Biaya pekerja bisa diperkirakan sekitar 1,5 jutaan, dan biaya tambahan atau cadangan sekitar 1 jutaan. Jika diakumulasikan, total biayanya hanya berkisar 10 jutaan. Jumlah tersebut adalah hitungan kasar, yang bisa berubah dengan kondisi lahan hingga kebutuhan sewa lahan.

Baca Juga Artikel Berikut :

Panduan Memulai Bisnis

Cara Ternak Kambing

Jika Anda yakin dan tertarik untuk mencoba bisnis ini, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Mengingat bahwa bisnis ini dapat memberi untung besar dan bersifat jangka panjang, ada baiknya Anda cek cara ternak kambing terbaik. Hal tersebut penting untuk menghindari rugi dalam proses pelaksanaannya.

1. Persiapkan Lahan

Untuk menghemat kapita bisnis, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan lahan. Akan lebih baik jika Anda memiliki lahan pribadi yang dapat disulap untuk lokasi kandang atau sumber pangan. Agar proses ternak tidak mengganggu rumah dan tetangga, Anda dapat memilih lokasi yang jauh dari pemukiman.

2. Membuat Atau Membeli Kambing Modern

Pada umumnya, ukuran kandang untuk kambing dewasa adalah 1,5 x 1,5 meter. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah kambing yang dimiliki. Untuk desain yang lebih mudah diakses dan diperbaiki, bangun atau beli kandang modern. Desain ini umumnya berbentuk rumah panggung dengan dominasi bahan utama berupa kayu.

3. Pemilihan Bibit Berkualitas

 

Dengan kapital yang terbatas, ada baiknya Anda cerdik dalam memilih bibit. Bibit kambing yang baik umumnya berusia 8 bulan sampai 1 tahun. Perlu diketahui bahwa jenis kambing akan mempengaruhi harga bibit itu sendiri. Umumnya, modal 10 juta dapat dimulai dengan kambing kacang atau jawa yang terdiri dari 3 betina dan 2 jantan.

4. Berikan Pakan Terbaik

Peternakan kambing dengan pakan berkualitas akan hasilkan produk yang baik pula. Untuk itu, Anda bisa menambahkan suplemen vitamin dan konsentrat. Tujuannya adalah menjaga kesehatan dan membuat kambing lebih cepat gemuk. Pakannya sendiri cukup mudah di dapat, seperti rumput, daun singkong, daun turi sayuran sisa dan tumbuhan hijau lainnya.

5. Pengembangbiakan

Agar bisnis semakin berkembang, Anda bisa melakukan pengembangbiakan dengan mengawinkan kambing yang telah berusia 12 bulan. Kambing yang siap menikah akan tampak dari gelagatnya yang tampak gelisah dan tidak nafsu makan. Masa kandungan betina sendiri dapat memakan waktu sampai 5 -6 bulan.

Alasan Memulai Bisnis Ini

Cara Ternak Kambing

1. Biaya Pemeliharaan Yang Terjangkau

Kenapa harus kambing? Salah satu alasan mengapa bisnis ini sangat menarik dicoba adalah cara ternak kambing dan biaya pemeliharaan yang terjangkau dan mudah. Kambing tidak membutuhkan lahan yang luas, jenis pakannya pun beragam dan mudah ditemukan. Kapital untuk bibitnya pun tidak terlalu mencekik, dan proses pengembangbiakannya cukup cepat.

2. Panen Cepat

Usia kambing yang siap dijual umumnya berusia 8 – 12 bulan. Menariknya, perkembangbiakannya termasuk cepat. Dalam hitungan satu tahun, modal ternak tiga betina dan dua jantan dapat menghasilkan 25 anak kambing. Tentunya setelah masuk usia jual, Anda dapat meraup untuk belasan juta. Yang didapat dari harga kambing yang berkisar 1,8 – 3 jutaan.

3. Pasar Yang Luas

Jangan takut kambing tidak laku. Asalkan kualitas ternak baik, maka akan selalu ada yang berminat membeli. Hal ini karena pasar ternak ini sangat luas. Kambing dapat dijadikan berbagai macam bahan baku produk dan pasar. Seperti restoran sate, gulai, atau untuk acara akikah dan idul adha. Kulit dan susunya pun tidak jarang menjadi produk pasar yang diminati.

Jika Anda perhatikan dan perhitungkan dengan baik, ide bisnis ternak kambing bukanlah hal yang absurd di era modern ini. Bahkan, minat dari kebutuhan bisnis ternak ini seakan tidak ada surutnya. Memulainya bisnis pun bisa dengan modal 10 jutaan. Asalkan dilakukan dengan benar, maka bisnis ternak murah ini juga akan menghasilkan untung besar.

 

You may also like