Home Investasi Kenali Berbagai Jenis Produk Investasi yang Ada di Pasar Modal

Kenali Berbagai Jenis Produk Investasi yang Ada di Pasar Modal

by Mas Abadi
ide bisnis menjanjikan

Melakukan Investasi pasar modal tentu sangat menggiurkan bagi banyak orang. Selain dapat memperoleh keuntungan dari nilai yang tidak akan tergerus inflasi, terdapat beberapa pilihan terkait instrumen investasi pada pasar modal. Maka tidak heran apabila investasi tersebut semakin populer di tengah masyarakat.

Kutipan dari situs resmi milik Bursa Efek Indonesia, pasar modal didefinisikan sebagai sebuah sarana pertemuan perusahaan atau institusi lain yang memerlukan dana dari rakyat untuk mengembangkan usaha, penambahan modal bisnis, ekspansi dan lain sebagainya, dengan masyarakat yang mau menginvestasikan uang mereka.

Agar memperoleh pendanaan, sebuah institusi atau perusahaan tersebut harus menerbitkan surat utang atau saham. Masyarakat yang menjadi pemodal atau yang akan memberikan dana ke perusahaan atau institusi tersebut bisa membeli produk investasi tersebut di pasar modal, entah itu secara langsung atau bentuknya berupa reksa dana. Karena hal ini, dapat dikatakan hadirnya pasar modal mempunyai peran sangat berpengaruh bagi perekonomian sebuah negara.

Beberapa produk investasi yang ada di pasar modal antara lain, reksa dana, obligasi dan saham. Selain itu pasar modal turut memperdagangkan bentuk lainnya seperti right, waran, hingga produk derivatif lain. Agar lebih jelas, sebaiknya simak artikel kali ini sampai habis.

1.       Saham

Kutipan dari situs resmi milik Bursa Efek Indonesia, Investasi saham adalah salah satu bentuk pasar keuangan terpopuler di tengah masyarakat. Penerbitan saham adalah salah satu opsi perusahaan saat memutuskan untuk membutuhkan pendanaan perusahaan atau institusi. Disamping itu, saham adalah instrumen investasi yang menjadi pilihan banyak orang sebab saham dapat memberikan potensi keuntuntungan yang begitu menarik bagi para investor.

Saham bisa didefinisikan sebagai sebuah tanda pengadaan modal dari seseorang dalam sebuah perusahaan atau PT. Dengan menyertakan dana atau modal tersebut, otomatis pihak yang menjadi investor mempunyai klaim terkait aset perusahaan, pendapatan perusahaan dan memiliki hak untuk hadir pada rapat umum untuk pemegang saham.

2.       Reksa dana

Reksa dana juga merupakan pilihan ayternatif investasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat sebagai pemodal, terutama para pemodal kecil serta pemodal yang tidak mempunyai banyak waktu serta keahlian dalam memperhitungkan risiko dari investasi yang mereka ambil. Reksa dana diciptakan sebagai sebuah sarana untuk menghimpun suntikan dana dari kalangan masyarakat yang mempunyai modal, memiliki keinginan untuk dapat melakukan investasi, namun hanya mempunyai waktu serta pengetahuan terbatas. Tidak hanya itu, Reksadana diharapkan bisa meningkatkan para pemodal lokal agar melakukan investasi di pasar modal khususnya Indonesia.

Biasanya reksa dana sendiri diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari pemodal yang nantinya diinvestasikan dalam bentuk portofolio oleh pihak manajer investasi.

Terdapat tiga hal berkaitan oleh definisi diatas. Pertama yaitu adanya uang dari pihak pemodal. Kedua, modal tersebut diinvestasikan ke dalam portofolio efek, dan yang Ketiga, modal akan dikelola langsung oleh manajer investasi.

Maka dari itu, modal yang masuk dalam reksa dana adalah modal bersama dengan pemodal. Sementara manajer investasi merupakan orang yang dipercaya mengurus atau mengelola modal tersebut hingga berhasil menciptakan keuntungan bagi perusahaan dan berimbas ke para masyarakat yang sebagai pemodal.

3.       Obligasi

Obligasi atau surat utang adalah salah satu investasi yang ada di dalam bursa efek lainnya berupa sukuk, saham, efek beragun aset atau dana investasi. Obligasi bisa dikelompokkan menjadi efek yang sifatnya hutang dengan sistem yang sudah terstruktur.

Obligasi bisa didefinisikan sebagai sebuah surat utang yang bisa berpindah tangan. Selain itu, obligasi berisikan janji dari mereka yang menerbitkan dan membayar imbalan dalam bentuk buang di periode tertentu. Serta melunasi hutang di waktu yang sudah ditentukan ke pihak yang membeli obligasi tersebut, dan obligasi juga bisa diterbitkan oleh Negara.

Produk Pasar Modal Syariah

Di dalam dunia investasi pasar modal ada juga produk investasi berjenis pasar modal syariah. Pasar modal diartikan sebagai bentuk kegiatan pasar modal seperti yang tercantum di UUPM dan pastinya tidak bertentangan oleh prinsip syariah, atau aturan-aturan yang menganut syariat Islam.

Maka dari itu, pasar modal syariah bukan sebuah sistem yang berbeda dari pasar modal itu sendiri. Secara umum pasar modal syariah bisa dikatakan sama dengan jenis pasar modal konvensional. Akan tetapi, produk investasi dalam pasar modal syariah serta metode transaksinya tetap dalam prinsip syariah.

Produk investasi dalam pasar modal syariah yakni seperti surat berharga yang sejelan oleh definisi pada UUPM. Sebab produk syariah berbentuk efek yang tetap menjalankan prinsip syariah serta efek tersebut disebutkan sebagai efek syariah. Hingga sekarang ini, produk untuk instrumen investasi pasar modal syariah yang sudah diterbitkan, yaitu sukuk, saham syariah serta unit penyertaan reksa dana syariah.

 

 

You may also like