Home Bisnis Kelebihan Mempelajari Facebook Ads Bagi Pebisnis

Kelebihan Mempelajari Facebook Ads Bagi Pebisnis

by Mas Abadi

Kamu pasti akrab dengan media sosial yang sempat booming pada masanya itu. Sampai sekarang pun Facebook masih ramai digunakan oleh warganet untuk berbagi cerita, tulisan, foto, dan video.

Melihat perkembangan global saat ini, Facebook memberikan fitur yang memudahkan pelaku bisnis untuk menjalankan usahanya. Facebook meluncurkan fitur Facebook Ads. Fitur ini memberikan kesempatan kepada kamu mempromosikan produk atau jasa. Tidak harus sebuah bisnis, figur publik atau siapa pun bisa menggunakan fitur ini. Fitur Facebook Ads ini dilengkapi dengan Facebook Adverts Manager yang berguna untuk memantau iklan yang kamu pasarkan. Seperti target pasar yang diinginkan dan sudah sejauh mana iklan kamu. 

Pengguna Facebook yang sekaligus pelaku bisnis dapat memanfaatkan jenis iklan yang ada di Facebook Ads. Iklan berbayar yang bisa kamu manfaatkan seperti page post engagement, yaitu iklan yang dapat meningkatkan engagement-mu.

Iklan page likes untuk meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu pasarkan. Iklan seperti ini dapat menambah kepercayaan terhadap bisnismu. 

Iklan Klik ke Website akan mengarahkan pengguna menuju website tertentu yang masih berhubungan dengan bisnismu. Selain itu iklan lain yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis adalah website conversion yang akan mengarahkan pengguna untuk melakukan check out, registration, atau leads. Lalu ada event responses untuk menemukan target pasar. 

Memiliki Pengguna yang Luas sampai ke Dunia

Untuk sebuah bisnis yang memiliki target pemasaran produk sampai ke luar negeri, Facebook Ads merupakan pengiklan yang tepat. Kamu bisa menawarkan berbagai produkmu ke pengguna di seluruh dunia. Artinya kamu bisa menentukan siapa pun target yang menjadi pasarmu. Kelebihan ini memberikan peluang yang besar untuk bisnis yang berkembang. 

Kalau targetmu masih di dalam negeri, hal tetap mendapatkan keuntungan yang sama. Hampir di seluruh negeri, masyarakat menggunakan facebook. Memanfaatkan Facebook Ads mampu menjangkau pengguna dengan kriteria yang sudah kamu tentukan. Dari pengguna yang beragam ini kamu bisa sesuaikan dengan produk yang kamu jual, apakah di kalangan remaja atau dewasa.

Lebih Murah

Suatu keuntungan tentunya jika kamu mendapatkan harga yang lebih murah untuk beriklan. Seperti Facebook Ads, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan dengan biaya yang lebih murah dari Google Ads. Perhitungan mengenai biaya ini akan membebani sebuah bisnis jika tidak sedikit yang dikeluarkan. Apalagi beriklan tidak cukup sekali atau dua kali. Biaya yang terjangkau bagi pelaku usaha akan sangat dibutuhkan. 

Meningkatkan Brand Awareness

Mengembangkan sebuah usaha harus dibarengi dengan branding yang kuat. Fitur facebook Ads dapat kamu manfaatkan untuk branding produk atau bisnismu.  Pengguna Facebook yang menembus angka jutaan itu akan dengan mudah mengenal bisnis yang kamu jalankan, tidak terkecuali target yang sudah kamu tentukan. 

Setelah mendapat perhatian pengguna aktif Facebook, memungkinkan kamu untuk menjalankan strategi pemasaran selanjutnya. 

Tanpa Batas Memperoleh Keuntungan

Semakin pandi kamu memanfaatkan fitur-fitur Facebook Ads, semakin besar kemungkinan memperoleh keuntungan bisnis. Untuk mencapai tujuan tersebut harus dibarengi dengan kemampuan lainnya. Sebuah iklan yang berbasis display advertising memerlukan desain yang menarik, tidak kaku, dan berbeda dari iklan produk sejenis. Selain itu kemampuan copywriting juga diperlukan. Membangun sebuah struktur kalimat yang mengarah pada kalimat persuasif perlu pengalaman. Tingkatkan kemampuan ini agar hasil yang dicapai dari iklan juga lebih maksimal.  

Tersedia Tools Remarketing

Kebutuhan untuk menjangkau pengunjung yang sebelumnya pernah kepo dengan produk atau jasamu dapat didapatkan kembali dengan fitur remarketing. Memasarkan kembali sebuah produk dapat mengembalikan memori pengguna terhadap produkmu. Tools ini diperlukan dalam dunia bisnis. Walaupun pengguna hanya melihat lalu keluar dari sebuah situs, itu sudah terdaftar sebagai target remarketing. Beriklan tidak cukup dengan satu kali, remarketing membantu pengguna untuk berkunjung kembali ke halaman toko kamu dan memungkinkan melakukan transaksi. Tapi kamu sebaiknya membatasi iklan pada mereka, sebab ditakutkan keseringan menyebarkan iklan malah dianggap sebagai postingan yang mengganggu. Untuk itu kamu harus melakukan analisis terlebih dahulu.

Untuk memaksimalkan Facebook Ads, sebaiknya kamu sejak awal sudah menargetkan pengguna yang akan disasar. Produk yang kamu pasarkan, seluas apa pun dan sebanyak apapun modal yang tersedia, jika tidak kena sasaran tidak akan menghasilkan dampak yang efisien bagi bisnismu. Begitu juga untuk waktu pemasaran iklan. Kamu harus menjadwalkan waktu yang tepat untuk target pasarmu. Jika anak sekolah, sebaiknya waktu yang kamu gunakan adalah ketika jam pulang sekolah. Bijak dalam mengelola biaya iklan adalah satu hal yang wajib kamu pikirkan. Alokasikan berapa biaya yang diperlukan selama periode yang bisnis kamu tentukan. 

Pelajari secara detail dan mendalam mengenai Facebook Ads untuk memahami bagaimana kinerjanya. Kamu juga bisa merencanakan strategi pemasaran dengan baik. 

You may also like