Home Tips Kegunaan Teknologi Cloud Untuk Perkembangan Bisnis

Kegunaan Teknologi Cloud Untuk Perkembangan Bisnis

by Mas Abadi

Saat ini keberadaan teknologi memang sudah sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Penggunaan teknologi untuk mengoptimalkan proses bisnis pun sudah menjadi hal yang lumrah. Karena Indonesia kini sudah berhasil memasuki era revolusi industri 4.0 yang artinya banyak terjadi peralihan model kerja bisnis konvensional ke teknologi modern.

Nah, salah satu yang saat ini banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yaitu teknologi cloud atau cloud computing (komputasi awan). Pemanfaatan teknologi cloud pada sebuah perusahaan dianggap sebagai solusi yang tepat untuk menjalankan serta mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. 

Lantas, apa sebenarnya teknologi cloud itu? Dan mengapa penggunaan teknologi cloud bisa sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis? 

Mengenal Teknologi Cloud 

Cloud merupakan sebuah teknologi digital berbasis jaringan, server, dan data yang hanya bisa diakses  melalui internet dan digunakan untuk pemeliharaan berbagai layanan. Teknologi cloud juga bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis file maupun aplikasi yang memungkinkan untuk diakses dari mana pun dan kapan pun. 

Teknologi cloud bisa bersifat private, public, maupun hybrid. Layanan private hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Sedangkan public sebaliknya, siapa saja bisa mengakses layanan cloud. Untuk hybrid adalah kombinasi dari private dan public. 

Pentingnya Teknologi Cloud untuk Perkembangan Bisnis

Bagi perusahaan yang terbatas modal untuk mengembangkan bisnisnya, teknologi cloud menjadi sebuah alternatif pilihan yang tepat. Adapun manfaat teknologi cloud bagi keberlangsungan suatu bisnis adalah sebagai berikut : 

  • Menghemat Biaya 

Manfaat teknologi cloud yang paling awal dirasakan para pebisnis adalah lebih efisien. Dalam hal ini perusahaan dipastikan bisa lebih menghemat biaya pemeliharaan karena tak perlu mengadakan perangkat komputer untuk menyimpan file maupun perangkat sistem lainnya.

Biaya pengelolaan dan pembaruan perangkat lunak bisa dihilangkan dengan beralih ke layanan cloud. Tak hanya itu, biaya operasional lainnya seperti  listrik dan gaji karyawan pengelola IT pun juga bisa dikurangi bahkan dihilangkan. 

  • Bayar Sesuai Pemakaian 

Teknologi cloud mengadopsi sistem bayar sesuai pemakaian. Dengan begitu, perusahaan bisa memanfaatkan layanan cloud sesuai dengan kebutuhan saja. Jika layanan sedang tidak digunakan, maka perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya operasional.

Lain halnya, jika sistem informasi dibangun sendiri oleh perusahaan. Biaya pengeluaran akan tetap ada meski perangkat sedang tidak dioperasikan. Perusahaan juga akan dimudahkan dengan penagihan layanan cloud yang terencana. Sehingga biaya pengeluaran bisa diperkirakan sebelumnya. 

  • Penggunaan Lebih Fleksibel 

Teknologi cloud dirancang dengan skalabilitasnya yang cukup tinggi. Cara kerja cloud terbilang cepat dan praktis sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan pengguna. Tak perlu ahli dalam bidang teknologi karena penggunaan cloud relatif sederhana. 

Perusahaan cukup meminta kepada cloud provider untuk upgrade layanan apabila membutuhkan lebih banyak kapasitas ruang penyimpanan. Dengan begitu, perusahaan tidak perlu membeli peralatan tambahan meski kebutuhan pemakaian sedang tinggi. 

  • Data Terpusat di Server

Selama terhubung dengan internet, para pengguna cloud bisa mengakses data dari mana saja dan kapan saja. Dan seluruh data yang tersimpan di server, otomatis akan terkoneksi ke perangkat laptop maupun handphone pribadi. 

Jadi, jika pengguna sedang berada di luar, data tetap bisa diakses secara real time dengan memanfaatkan teknologi berbasis cloud tersebut. Sehingga seluruh data yang terpusat di server membuat bisnis mudah dijalankan tanpa harus terikat waktu dan ruang. 

  • Akses Mudah dan Tingkat Keamanan Tinggi

Kemudahan mengakses data dari jarak jauh bukan hal mustahil jika menggunakan layanan cloud. Sehingga para pengguna tidak harus selalu mengaksesnya melalui perangkat komputer perusahaan. Apabila ada hal  mendadak yang harus dibenahi, maka bisa langsung segera diatasi saat itu juga. 

Tak hanya itu, jaminan keamanan yang tinggi juga diberikan oleh penyedia layanan cloud. Database perusahaan pun bisa selalu terjaga keamanan serta performanya. Karena kejahatan cyber justru semakin meningkat dari tahun ke tahun. Maka dari itu, perlu kewaspadaan untuk menjaga keamanan data perusahaan. 

  • Kolaborasi dan Transparansi

Pemanfaatan teknologi cloud akan memudahkan kolaborasi dan koordinasi antar divisi yang memiliki akses pada database yang sama. Hal tersebut tentu bisa menghilangkan batasan-batasan model komunikasi konvensional. 

Dengan kata lain, teknologi berbasis cloud memudahkan kolaborasi antar karyawan meski sedang berada di lokasi yang berbeda. Dengan begitu, pekerjaan pun akan lebih mudah diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat. Tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk menjalankan operasional bisnis. 

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa kegunaan teknologi cloud untuk perkembangan bisnis dinilai sangat efektif. Karena cloud memang dirancang sebagai teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan perusahaan yang sering berubah-ubah. Bisnis bisa berkembang pesat dengan pemanfaatan layanan berbasis cloud. 

 

You may also like