Home keuangan Kecerdasan Finansial yang jarang Diajarkan di Sekolah

Kecerdasan Finansial yang jarang Diajarkan di Sekolah

by admin

Sekolah memang sangat penting untuk bekal hidup selanjutnya. Tapi hanya dengan sekolah saja tidak akan cukup untuk mu mencari bekal tersebut. Karena masih banyak ilmu mengenai kehidupan nyata yang tidak kamu dapatkan dibangku sekolah, termasuk ilmu mengenai finansial. Finansial adalah hal yang sangat penting dalam hidup, tetapi mengapa sekolah banyak yang tidak mengajarkan bagaimana muridnya untuk menjadi cerdas secara finansial. Untuk itu, agar mendapatkan kecerdasan finansial ini kamu harus mencarinya di luar sekolah.

Salah satu caranya adalah dengan terjun langsung untuk mengelola finansial mu sendiri. Dari situ kamu akan sedikit banyak mengetahui mengenai pentingnya kecerdasan finansial dan mencari ilmu mengenai hal tersebut. Lalu apa saja sebenarnya kecerdasan finansial yang seharusnya kamu kuasai tetapi jarang diajarkan di sekolah?

4 Kecerdasan Finasial yang Jarang Diajarkan Dibangku Sekolah

  • meningkatkan pendapatan

kecerdasan finansial pertama yang jarang diajarkan di sekolah adalah bagaimana cara meningkatkan pendapatan. padahal peningkatan pendapatan ini sangat penting untuk membuat kondisi finansial kita semakin membaik. kecerdasan finansial sendiri misalnya kamu memiliki pendapatan per bulannya Rp. 5 juta dan temanmu mendapatkan pendapatannya Rp. 10 juta maka dari kalian berdua temanmu dikatakan lebih cerdas berdasarkan finansial karena memiliki pendapatan yang lebih tinggi dari mu. Untuk meningkatkan pendapatan ini sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak harus sebagai pekerja kantoran saja. karena pada umumnya sekolah sekolah mengajarkan melihat kemapanan seorang hanya dari orang tersebut dapat bekerja di kantor.

 Padahal banyak pekerjaan lain yang dapat dilakukan bahkan dengan gaji yang lebih tinggi. Salah satunya adalah sebagai pengusaha. Untuk menjadi seorang Pengusaha sendiri tentunya sangat tidak gampang, oleh karena itu kamu dapat memulainya dari usaha kecil kecilan dahulu. bahkan sebenarnya kamu dapat memulainya sedari sekolah, misalnya dengan berjualan makanan atau kuota internet yang bidikan pasanya masih teman teman mu sendiri. Dengan begitu lama kelamaan kamu akan terbiasa dalam dunia bisnis dan menjadikanmu seorang pebisnis yang handal. tetapi sebaliknya, terkadang di sekolah sangat membatasi muridnya untuk membuka usaha nya sendiri atau berjualan.

  • Uang Bukanlah Segalanya

Dibangku sekolah tentunya kita sering mendengar pernyataan mengenai uang bukan lah segalanya. Tapi pada nyatanya ketika lulus sekolah dan terjun langsung ke dunia kerja uang dapat menjadi segalanya. karena tanpa uang kita tidak bisa berbuat apa apa, selama hidup juga kita tidak berhenti untuk terus mencari uang. lalu apakah benar uang bukan segalanya? karena segalanya didunia ini sangat membutuhkan uang. Dimulai dari hal hal paling mendasar, seperti kebutuhan pokok sehari hari. Untuk memenuhinya tentu saja sangat dibutuhkan uang, jika kita tidak mampu untuk memenuhinya karena tidak memiliki uang pasti akan membuat kita stress sendiri. 

 

Baru hanya kebutuhan paling dasar saja kita sudah sangat membutuhkan uang, bagaimana dengan kebutuhan kebutuhan lainnya. sudah dipastikan semua kebutuhan dalam hidup ini sangat diperlukan adanya uang. Dalam beribadah sekalipun, bersedekah, pergi ketanah suci bagi umat muslim itu semua juga membutuhkan uang. Jadi semakin cerdas kita mengenai masalah finansial nantinya semakin tinggi pula pendapatan yang kita miliki. Teruslah belajar untuk dapat cerdas dalam segala hal termasuk finansial agar menjadikan hidupmu lebih baik kedepannya. Cari ilmu tersebut dimana pun dan jangan hanya berpatokan pada satu tempat saja.

  • Uang Menjadi Sumber Masalah

Di Sekolah sekolah banyak pelajaran yang tidak berorientasi pada kecerdasan finansial karena statement semakin banyak uang semakin  menimbulkan banyak masalah. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tidak ada uang yang malah akan menimbulkan banyak masalah. Ada dan tidaka ada uang jika berdasarkan pada logika tentunya akan timbul banyak masalah ketika seseorang tidak memiliki uang. Berdasarkan cara memenuhi kebutuhan hidup, orang yang memiliki banyak uang akan lebih mudah memenuhi kebutuhan hidupnya dibandingkan orang yang tidak punya uang. 

 

Dan ketika tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup tersebut tentunya akan sangat banyak masalah yang terjadi. Jadi banyak uang banyak masalah itu tidak juga, tergantung bagaimana kita dapat mengelolanya. Orang yang cerdas secara finansial bukan hanya pandai dalam mendapatkan uang, tetapi ia juga pandai dalam mengelola atau mengatur semuanya uang yang dimilikinya. Oleh karena itu pentingnya kecerdasan finansial ini harus kita kuasai. Jika memang di sekolah tidak diajarkan, tidak masalah karena kamu masih dapat belajar di luar sana.

  • Uang Tidak Dibawa Mati

Tentunya kita sering mendengar kalimat, uang tidak dibawa mati. Iya memang uang tidak dibawa mati, tapi jika dalam hidup ini kita tidak memiliki uang apakah bisa bertahan hidup? Untuk itu kecerdasan finansial seperti ini harus kita pelajari dengan sungguh sungguh agar hidup lebih berorientasi pada masa depan yang lebih baik.

You may also like