Home Perencanaan Kebiasaan yang Membantumu Bebas Finansial

Kebiasaan yang Membantumu Bebas Finansial

by Mas Abadi

Setiap orang pastinya tidak menginginkan kehidupannya sengsara. Semua orang tentu saja ingin dapat menjalani kehidupannya dengan sukses dan mapan. Akan tetapi hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Tidak sedikit orang yang telah bekerja keras bertahun-tahun demi mempunyai harta benda, namun gagal untuk memperoleh impian tersebut.

Tidak perlu khawatir, sebenarnya upaya untuk memperoleh kebebasan finansial tersebut dapat dilakukan dari usia muda. Anda dapat mempraktikkan nya dengan beberapa kebiasaan. cobalah untuk meniru sifat hingga cara berpikir dari tokoh terkenal yang telah menjadi sukses pada usia muda.

Contohnya seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg. Dibawah ini terdapat beberapa kebiasaan yang dapat membantu Anda bebas finansial saat di usia yang masih muda.

Berani untuk bermimpi

Agar dapat menjadi seseorang yang mapan finansialnya maka perlu untuk berani bermimpi. Kemudian bayangkanlah beberapa target finansial yang hendak diraih. Apabila sudah menentukan target tersebut maka tentukan batas waktunya secara realistis untuk mencapainya.

Supaya dapat semakin terarahkan, tidak ada salahnya jika Anda mulai menurunkan prioritas terhadap faktor-faktor yang dapat mengakibatkan terjadinya sebuah kegagalan.

Membuat sebuah rencana finansial dengan jelas

Setelah menetapkan beberapa target finansial yang hendak Anda raih tersebut, kemudian tentukan sebuah rencana keuangan sebagai faktor yang dapat mendukung tercapainya keinginan Anda. Usahakan untuk membuat rencana dalam jangka panjang dan lengkap dengan menyesuaikan perkiraan modalnya.

Anda mungkin saja hendak membuat penyesuaian agar dapat mendukung rencana finansial tersebut. Contohnya dengan mencari sebuah pekerjaan tambahan atau bahkan menyesuaikan gaya hidup supaya rencana yang telah Anda susun tadi dapat berjalan dengan optimal.

Meluangkan waktu untuk belajar

Kunci paling penting dalam menggapai kemapanan dalam finansial yaitu dengan mengetahui secara benar cara kerja pada uang. Seseorang yang mempunyai kekayaan pada usia muda tidak asing lagi baginya mengenai kredit, inflasi, dan tingkat suku bunga. Penting bagi Anda untuk mempelajari beberapa istilah serta fenomena keuangan.

Hal tersebut dapat menjadi sebuah pilar untuk meraih kesuksesan. Apabila Anda merasa jika masih belum memiliki bekal keilmuan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengambil sebuah pendidikan pada bidang yang dapat mendekatkan diri Anda menuju kebebasan finansial.

Menyadari akan pentingnya menabung

Mempunyai sebuah tabungan yang dikhususkan untuk digunakan dalam kondisi darurat memang sangatlah penting. Hal tersebut dapat membantu melindungi keuangan utama Anda yang telah disiapkan untuk digunakan dalam memperoleh hasil dari target finansial. Mempunyai kebiasaan untuk menabung merupakan hal yang positif. Anda dapat menjadi seseorang yang lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan dari hasil jerih payah Anda sendiri.

Mempunyai kepercayaan diri

Apabila rencana yang telah Anda buat sebelumnya tidak berjalan seperti perkiraan Anda atau mungkin gagal, maka jangan sampai Anda terpuruk terlalu lama dan percaya dengan kemampuan yang Anda miliki. Kemudian tanamkan ke dalam pikiran jika Anda mempunyai modal yang diperlukan agar menjadi sukses.

Karena kesuksesan berawal dari sebuah pola pikir positif. Ingatlah jika dalam mencapai kebebasan finansial tentu saja tidak akan berjalan dengan mulus. Akan tetapi Anda akan memiliki berbagai kesempatan untuk mencobanya berulang kali.

Mengabaikan komentar negatif dari orang-orang

Tidak ada gunanya untuk memikirkan perilaku atau komentar negatif orang lain. Anda tidak perlu menguras pikiran untuk menanggapi hal-hal tersebut, cobalah untuk mengabaikannya atau respon dengan cara yang sederhana dengan menganggukkan kepala dan tersenyum, namun perlu diingat lagi jika kerja keras Anda sekarang akan terbayarkan di kemudian hari.

Pemeliharaan

Anggaplah seluruh barang yang Anda miliki saat ini merupakan aset. Agar aset tersebut dapat selalu menjadi hal yang berharga maka memerlukan pemeliharaan, pemeliharaan tersebut merupakan  hal yang krusial dan juga harus Anda lakukan.

Contohnya seperti Anda memiliki sepasang sepatu, maka pastikan jika sepatu tersebut dirawat dengan sebaik mungkin agar Anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang lagi untuk membeli sepasang sepatu baru di kemudian hari.

Menghindari diri untuk berhutang

Cobalah semaksimal mungkin agar tidak memiliki utang. Beberapa pakar ekonomi mengatakan jika utang merupakan sebuah faktor yang dapat membuat seseorang kehilangan waktu dan kebebasan mereka. Adanya kewajiban untuk melunasi utang, maka seseorang dipaksa untuk menghabiskan banyak waktu mereka untuk bekerja dan terpaksa lembur.

Tanpa memiliki utang, Anda dapat mencurahkan pikiran serta tenaga untuk digunakan pada hal-hal produktif, contohnya seperti membangun rencana untuk memulai bisnis atau juga mempelajari berbagai pengalam baru agar dapat menjadi sebuah value pada diri Anda.

Membantu sesama

Sebuah kebebasan finansial tidak selalu hanya terpaku pada diri Anda sendiri. Pengusaha-pengusaha sukses juga mengerti jika uang tidak dapat menjadi sebuah tujuan utama dalam kehidupan mereka. Oleh karena banyak dari mereka sering menyumbangkan dana dengan jumlah yang besar untuk membantu sesama. Pola pikir seperti itu perlu untuk Anda tiru jika mempunyai niat meraih kebebasan finansial.

You may also like