Home Karier Jurusan yang Paling Banyak Diminati dan Punya Peluang Kerja Tinggi Di Masa Depan

Jurusan yang Paling Banyak Diminati dan Punya Peluang Kerja Tinggi Di Masa Depan

by Mas Abadi

Pemilihan jurusan menjadi momen penting saat akan memasuki dunia perkuliahan namun seringkali justru membuat bingung. Karena jurusan yang dipilih bisa sangat berpengaruh pada  masa depan seseorang. 

Ketika jurusan yang dipilih salah, bukan tidak mungkin kamu akan kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih jurusan yang fleksibel dan memiliki prospek bagus kedepannya. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikanmu rekomendasi jurusan-jurusan apa saja yang paling banyak diminati dan bisa menjadi pilihan. Yuk, intip jurusan yang menjanjikan di masa depan berikut ini!

8 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan

Sebenarnya masing-masing jurusan pasti memiliki peluang kerja yang bagus. Akan tetapi, dunia kerja terus menunjukkan perkembangannya. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan-perubahan yang terus terjadi pada beberapa sektor. 

Jika berbicara mengenai bidang pekerjaan yang sedang populer saat ini pasti tidak jauh-jauh dengan manajemen, teknologi, dan industri kreatif. Nah, beberapa jurusan yang berkaitan dengan ketiga bidang tersebut tentu lebih banyak diminati dan punya peluang kerja yang tinggi.    

  • Desain

Desain adalah bidang keilmuan yang semakin populer dari tahun ke tahun dan kemungkinan akan terus berkembang. Karena saat ini jasa desainer kian dicari untuk berbagai kebutuhan. Ada banyak jurusan desain yang bisa kamu pilih, misalnya Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, maupun Desain Mode.

Namun yang paling diminati adalah Desain Komunikasi Visual yang sebelumnya dikenal dengan Desain Grafis. Pasalnya, bidang pekerjaan yang sesuai dengan jurusan ini sangat beragam. Kamu bisa bekerja di industri periklanan, percetakan dan penerbitan, media massa, hingga production house. Nah, untuk kamu yang punya keahlian dalam bidang kreatif, jurusan desain patut kamu pertimbangkan. 

  • Teknik 

Dari dulu hingga sekarang, bidang keilmuan yang satu ini selalu diminati banyak orang. Pasalnya, hampir di setiap lini kehidupan pasti tidak bisa dijauhkan dari teknologi. Maka tak heran jika permintaan untuk lulusan teknik terus meningkat setiap tahunnya.

Cabang keilmuan jurusan teknik sangat beragam dan masing-masingnya memiliki prospek yang berbeda. Berikut beberapa cabang keilmuan dari jurusan teknik :

Teknik Informatika, jurusan ini punya prospek karir di bidang pembuatan aplikasi dan pemrograman. Singkatnya, mahasiswa jurusan teknik informatika fokus mempelajari bidang teknologi. 

Teknik Mesin, kamu yang berminat menjadi mahasiswa jurusan teknik mesin harus memiliki pengetahuan dasar sains, seperti Fisika dan Matematika. Dan peluang pekerjaan yang bisa digeluti antara lain teknisi dan operator mesin, industri otomotif, maupun pembuatan robot.

Teknik Sipil, cabang keilmuan teknik yang satu ini fokus mempelajari perancangan dan perencanaan infrastruktur publik. Lulusan teknik sipil banyak dibutuhkan untuk konsultasi konstruksi bangunan, surveyor kontrol bangunan dan berbagai infrastruktur publik lainnya. 

  • Manajemen 

Tak dipungkiri, dunia bisnis semakin berkembang pesat seiring dengan terus bertambahnya jumlah UMKM dan startup saat ini. Nah, jurusan manajemen merupakan bidang keilmuan yang menjanjikan karena berpengaruh pada perkembangan bisnis di berbagai sektor. 

Ilmu manajemen mempelajari segala aspek yang berhubungan dengan bisnis. Diantaranya adalah bagaimana mengelola sebuah bisnis, mengatur strategi, membuat perencanaan, dan juga memasarkan produk ke konsumen. Prospek karir untuk lulusan manajemen lebih luas, yakni Recruiter/HRD, Sales Manager, Accounting, Marketing, dan masih banyak lagi.  

  • Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan perhotelan dan pariwisata patut kamu pertimbangkan juga, apalagi industri pariwisata tak pernah mati. Hanya pada saat pandemi Covid-19 saja, industri ini terdampak hebat namun tak lama kemudian sudah kembali pulih. Sehingga jurusan perhotelan dan pariwisata bisa kamu jadikan pilihan karena sangat menjanjikan untuk masa depan.

Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa kamu dapatkan melalui jurusan ini, antara lain menjadi manajer hotel, pengusaha travel agent, pengelola tempat wisata, dan lain-lain. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang pandai berkomunikasi karena sudah pasti akan berhubungan langsung dengan orang banyak. 

  • Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi tak kalah menjanjikan dari jurusan lainnya karena memiliki prospek kerja yang cukup beragam. Hampir semua bidang pekerjaan pasti terdapat proses komunikasi di dalamnya. 

Umumnya, cabang keilmuan ini lebih identik dengan perusahaan media tetapi sektor lainnya pun juga membutuhkan lulusan Sarjana Komunikasi. Dengan memilih jurusan ini, kamu bisa berpeluang menjadi public relations, penyiar radio, copywriter, jurnalis, dan lain sebagainya. Tak hanya punya peluang kerja tinggi, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan public speaking dengan memilih jurusan ini.

Itulah 5 jurusan yang selalu banyak peminatnya dan punya peluang kerja yang bagus di masa depan. Namun bukan berarti prospek kerja jurusan lainnya tidak bagus. Hal yang paling penting ketika kamu ingin memilih jurusan yaitu menyesuaikannya dengan minat dan bakatmu. 

You may also like