Home Karier Jurusan Beserta Prospek Kerja Teknik Kimia Yang Jarang Diketahui

Jurusan Beserta Prospek Kerja Teknik Kimia Yang Jarang Diketahui

by Mas Abadi
Prospek Kerja Teknik Kimia

Teknik kimia adalah salah satu jurusan perkuliahan yang cukup diminati oleh masyarakat. Sayangnya masih banyak yang bertanya tanya prospek kerja teknik kimia usai berhasil menyelesaikan masa studinya. Sebenarnya banyak sekali profesi yang bisa didapatkan usai lulus sebagai sarjana teknik kimia. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Singkat Jurusan Teknik yang Mempelajari Kimia

Sebelum bertanya tanya tentang profesi yang cocok untuk lulusan jurusan teknik yang mempelajari ilmu kimia, tampaknya mengenal seluk beluk dari jurusan ilmu pasti tersebut tidak kalah penting dilakukan. Jurusan teknik satu ini merupakan cabang multi disiplin yang menggabungkan antara pengetahuan alam dengan eksperimental seperti biokimia maupun kimia.

Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga harus mempelajari berbagai ilmu dasar matematika serta ekonomi. Ilmu tersebut nantinya diperlukan untuk keperluan merancang, proses pengembangan, memproduksi, hingga mengelola proses industri dalam bentuk mentah hingga diolah menjadi produk jadi siap digunakan masyarakat.

Baca Juga Artikel :

Profesi Lulusan Jurusan Teknik Kimia

Prospek Kerja Teknik Kimia

1. Tenaga Pengajar

Para mahasiswa tingkat akhir kemungkinan besar mulai bertanya tanya terkait dengan profesi yang hendak mereka geluti usai menyelesaikan masa studinya, tidak terkecuali para mahasiswa dari jurusan teknik kimia. Jika Anda memiliki bekal dalam ilmu kimia dan tertarik membagikan ilmu tersebut, tampaknya menjadi tenaga pengajar adalah profesi terbaik.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila tertarik menjadi tenaga pengajar kimia. Pertama tama, Anda harus menyandang gelar minimal S1 teknik kimia dan memiliki minat dalam proses belajar mengajar. Namun jika Anda tertarik menjadi dosen perguruan tinggi, setidaknya Anda harus menyandang gelar S2 atau bahkan S3.

2. Industri Pangan

Industri pangan termasuk salah satu opsi karier yang bisa dipilih oleh lulusan teknik yang mendalami ilmu kimia. Profesi satu ini berhubungan dengan teknologi untuk mempelajari sifat fisis, bahan kimia yang terkandung pada bahan pangan serta proses pengolahannya hingga adanya mikrobiologi di dalam pangan.

Secara tidak langsung, pekerja teknik kimia memiliki tanggung jawab besar karena menyangkut pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat luas. Umumnya lulusan jurusan kimia akan bekerja pada bidang produksi, departemen pengolahan limbah, atau rekayasa proses. Apakah Anda adalah salah satu orang yang tertarik menjadi seseorang yang bekerja di industri pangan ?

3. Chemist

Chemist atau dikenal sebagai ahli kimia termasuk profesi yang tidak kalah menarik untuk digeluti. Seorang chemist bertugas menyelidiki sifat materi baik pada tingkat atom maupun molekul, mengukur proporsi serta laju reaksi dari zat asing, hingga membuat senyawa baru yang nantinya sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Sedangkan dalam bidang industri farmasi, jurusan satu ini nantinya bertugas untuk mengembangkan obat sekaligus mempelajari sifatnya. Cara ini dilakukan untuk menentukan kualitas suatu obat stabilitasnya. Profesi ini tentunya membutuhkan keterampilan secara teknik dan bersedia mematuhi segala prosedur yang telah ditetapkan.

4. Quality Control

Quality Control termasuk profesi yang menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan. Pekerja teknik kimia memiliki tugas utama untuk memastikan produk maupun layanan yang diberikan telah disediakan oleh organisasi. Hal ini bertujuan untuk melihat konsistensi organisasi tersebut, dan memastikan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Bahkan mereka yang berprofesi dalam bidang ini akan diminta mengontrol kepatuhan perusahaan terhadap prosedur hukum serta harapan para pelanggannya. Tentu saja pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, sehingga Anda perlu memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh para pekerja quality control.

5. Data Analyst

Teknologi terus mengalami perkembangan pesat setiap tahunnya. Secara tidak langsung, perkembangan teknologi mampu mendatangkan segudang manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya untuk pekerjaan analisis data. Profesi ini tentunya membutuhkan mereka yang memiliki basic ilmu kimia dan gemar statistik.

Jika Anda memiliki dasar kedua ilmu tersebut, tampaknya profesi data analyst bisa menjadi alternatifnya. Seorang data analyst memiliki tugas yang cukup kompleks mulai dari mengumpulkan, memproses, hingga analisis statistik berdasarkan semua data yang berhasil didapatkan sebelumnya. Apakah Anda tertarik dengan profesi unik satu ini ?

6. Project Engineer

Tidak banyak yang tahu bahwa profesi Process Engineer ternyata dapat ditemukan hampir di seluruh perusahaan industri manufaktur. Secara otomatis, peluang untuk mendapatkan pekerjaan pun semakin terbuka lebar di depan mata. Fenomena ini menyadarkan Anda bahwa jurusan satu ini tidak kalah menarik dengan jurusan perkuliahan lainnya.

Seseorang yang berprofesi sebagai project engineer memiliki tugas utama untuk mengatur proses, alokasi tanggung jawab, serta memastikan proyek tersebut berjalan efisien. Bahkan pekerja teknik kimia satu ini bertugas untuk memastikan keberhasilan perusahaan hingga jangka panjang, sehingga beban yang dipikul tidaklah ringan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prospek kerja teknik kimia ternyata tidak kalah menjanjikan dengan jurusan lainnya. Mulai dari sebagai dosen atau pengajar, quality analyst, chemist, data analyst, industri pangan, dan masih banyak lagi lainnya. Profesi mana yang tertarik Anda dalami usai menyelesaikan masa perkuliahan ?

You may also like