Home Tips Jurus Mau supaya Gaji nggak Gampang Terkuras Habis

Jurus Mau supaya Gaji nggak Gampang Terkuras Habis

by admin

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang langsung membayar barang-barang yang didambakan di keranjang e-commerce Anda atau memesan bahan makanan secara online segera setelah Anda mendapatkan gajian? Sering kali Anda langsung merasa dompet Anda semakin sesak, padahal baru saja membayar padahal gajian berikutnya masih jauh. 

Pada tingkat itu, sepertinya gaji biasa-biasa saja melewati tagihan. Jika kita selalu menjalani hidup dengan mengandalkan gaji setiap bulan, menjadi sulit untuk menabung, apalagi berinvestasi, dalam jangka panjang. 

Mencatat semua pemasukan serta pengeluaran

Catat semua pendapatan yang Anda terima setiap bulan, baik  gaji tetap maupun pendapatan tambahan. Hal yang sama berlaku untuk setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Jadi, jangan sampai salah dan lupa untuk mencatat pengeluaran ataupun pemasukan

Penting untuk memperhatikan pos mana yang menjadi pengeluaran terbesar Anda : misalnya paket data, konsumsi, internet, transportasi dan pembelian baju atau lainnya. Anda dapat mencoba metode Kakeibo atau menggunakan fitur Monetary yang otomatis mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan.

Buat budgeting

Setelah Anda mengetahui kebiasaan belanja bulanan Anda, Anda bisa mulai membuat anggaran. Ini untuk mencegah Anda membelanjakan lebih dari yang ditetapkan. Jika Anda menggunakan metode Kakeibo dari catatan keuangan Anda, Anda dapat melanjutkan penganggaran menggunakan metode yang sama. 

Sebagai alternatif, Anda dapat mencoba metode penganggaran Li KaShing atau metode yang lebih minimalis seperti metode 50-30-20 dan 80-20. Anda dapat mencoba banyak cara dan melihat metode yang mana lebih cocok untuk Anda.Ingatlah bahwa penganggaran tidak dimaksudkan untuk membatasi Anda, tetapi untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda sehingga Anda dapat menikmati hidup dan tidak ada penyesalan.

Membayar tagihan

Apa hal pertama yang Anda lakukan saat menerima gaji? Sebelum Anda membeli sesuatu, pastikan Anda membayar tagihan atau cicilan terlebih dahulu. Jangan  melebihi tenggat waktu untuk menghindari denda. Setelah itu, Anda sisihkan minimal 10% dari penghasilan Anda untuk ditabung. 

Jika Anda mengikuti metode penganggaran 50-30-20 hingga 80-20, Anda dapat menyisihkan setidaknya 20% untuk investasi atau tabungan, sedangkan dengan metode Li-KaShing, Anda disarankan untuk menyisihkan 25% dari penghasilan Anda.

.Jika Anda merasa berat, Anda dapat dimulai dengan 10% terlebih dahulu dan kemudian perlahan-lahan meningkatkan kapasitas Anda. Adalah penting bahwa Anda dapat menyisihkan uang guna ditabung setiap bulan. Setelah situasi keuangan Anda stabil, Anda nantinya dapat membayar ke dana darurat dengan mencicil.

Memisahkan pos-pos untuk pengeluaran

Setelah Anda memisahkan uang untuk membayarkan semua kewajiban dan menyimpannya untuk ditabung, Anda dapat memisahkan sisa uang Anda ke dalam jalur pengeluaran sesuai dengan anggaran yang telah Anda buat. Selain  sistem amplop, Anda juga bisa menggunakan kartu debit Jenius untuk tunjangan pos. 

Contohnya e-Card untuk hobi atau hiburan, x-Card digunakan berbelanja kebutuhan rutin, x-Card guna mengembangkan diri (kursus online, buku, dll), dan lain sebagainya. Jadi, sama halnya seperti mengalokasi tabungan, Anda tidak perlu membuka rekening bank baru guna kebutuhan lain.

Membuat daftar belanja

Wajar untuk mengatakan bahwa daftar belanjaan adalah hal yang lebih sederhana, tetapi itu dapat mencegah Anda mengeluarkan uang terlalu banyak. Saat berbelanja kebutuhan pokok Anda secara mingguan maupun bulanan, cobalah untuk fokus pada barang-barang yang ada di daftar belanja Anda. 

Jangan mudah tergoda untuk membeli produk yang lain. Jika Anda menginginkan barang yang tidak ada dalam daftar belanjaan Anda, pastikan  itu adalah barang yang Anda butuhkan dan sesuai dengan anggaran belanja Anda.

Perhatikan produk promo

Tidak ada salahnya untuk memperhatikan promosi yang sedang berlangsung, baik saat berbelanja offline maupun online. Ketika berbelanja offline, Anda dapat melihat di rak bagian barang promosi, lalu periksa apakah produk yang Anda inginkan ada di sana.

Masak sendiri agar lebih hemat

Kalau dipikir-pikir, memang repot untuk memasaknya sendiri. Akan ada banyak keuntungan bagi Anda apabila memasak sendiri. Selain akan lebih sehat, sebab Anda dapat mengetahui bahan makanan yang digunakan seperti MSG, garam hingga penggunaan minyak. 

Anda juga dapat menghemat pengeluaran dengan memasak untuk diri Anda sendiri. Selain itu, juga bisa belajar memasak untuk makanan yang ingin Anda cicipi. Sepertinya, jika Anda ingin mencoba makanan Korea, maka cobalah untuk mempelajari cara membuatnya.

Bijaklah dalam memakai credit card

Ingat, credit card bukanlah uang tambahan, tetapi alat pembayaran. Jadi, menggunakan credit card bukan berarti Anda memiliki uang ekstra yang bisa dipakai untuk berbelanja sesuka hati, sebab Anda harus tetap membayar saldo yang digunakan melalui kartu kredit Anda. Gunakanlah credit card tersebut dengan bijak serta selalu menyisihkan uang untuk bayar tagihan credit card Anda nanti.

You may also like