Home Bisnis Jualan Sembako Bisa Dikembangkan Lewat Digital, Begini Caranya

Jualan Sembako Bisa Dikembangkan Lewat Digital, Begini Caranya

by Mas Abadi

Zaman seperti sekarang ini akan kesulitan jika tidak mengikuti zaman di mana semua penjual sudah beralih ke online shop. Apalagi dengan adanya digitalisasi seperti sekarang pun, membuat semakin luas jangkauan dan persaingan pun jadi semakin banyak dan ketat.

Sekarang ini hampir semua hal yang bisa dijual dengan memanfaatkan digitalisasi yang ada atau internet. Termasuk dalam menjual sembako, mungkin akan terdengar remeh namun, nyatanya di luar sana tetap banyak orang yang harus memenuhi kebutuhan sehari-hari namun tidak ada waktu luang untuk belanja sendiri ke pasar atau supermarket.

Maka solusi terbaiknya adalah dengan membeli keperluan sehari-hari melalui digital/online yang bisa jadi lebih praktis dan bisa pilih sesuai keinginan. Tinggal tunggu sambil bekerja maka barang sudah sampai.

Namun, ada juga beberapa orang yang sudah menjadi pengusaha dan menjual sembako yang masih mengalami kesulitan tentang bagaimana memulai usaha dengan berkembang ke digital. Padahal bisa sekaligus menjual secara langsung di toko sekaligus bisa sekalian menjual barang secara online jadi keuangannya bisa dua kali lipat.

Ini Tips Jualan Sembako yang Bisa Dikembangkan ke Digital

Jika ingin berkembang maka usahakan ikuti zaman dan beralih ke digital agar toko mudah dikenal banyak orang. Selain itu, menjual barang secara online juga bisa bantu membuka peluang dapat keuntungan yang banyak.

Melebarkan sayap dalam bisnis juga penting dengan menjalin mitra bisnis. Berikut ini adalah tips dan cara mengembangkan usaha sembako ke digital. Simak dan perhatikan yuk!

GoMart dari Aplikasi Gojek

Perlu diingat bahwa memang pada awal kemunculannya, aplikasi Gojek bertujuan sebagai jasa antar bagaikan ojek namun, keuntungan yang mudah adalah bisa pesan lewat aplikasi dan online yakni Gojek. Namun, lama kelamaan aplikasi ini memiliki fitur dan inovasi yang semakin memudahkan penggunanya. 

Beberapa fiturnya adalah GoRide, GoCar, GoTix, GoBiz, Go,Green, GoFood, bahkan ada banyak yang lainnya lagi, salah satunya adalah GoMart.

Jika ingin megembangkan bisnis sembako pada platform digital dan online, kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan bekerja sama dengan Gojek untuk menjual barang dan memudahkan calon pelanggan membeli produk kamu.

Usahakan perhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dengan mudah jadi mitra kerja dengan Gojek dan bisa datang kunjungi website resmi untuk dapat info detailnya. Berikut ini adalah syarat yang harus diperhatikan,

  1. Jual barang sehari-hari berupa bahan-bahan kebutuhan pokok, makanan ringan, makanan yang masih segar, instan makanan dan sejenisnya.
  2. Toko harus ada pada wilayah yang dekat dengan layanan dari GoMart yang sudah ada dan ditentukan.
  3. Bisa jadi mitra dengan 1 atau lebih toko dengan 1 entitas sama namun bukan franchise.

Sayur Box

Salah satu cara lain yang bisa dengan jadi seorang reseller SayurBox apabila memang kamu masih sangat pemula dan tidak tahu bagaimana mengelolanya. Perlu diketahui bahwa SayurBox sendiri merupakan media untuk menjual dan membeli berbagai macam hasil produk pertanian dan juga daging dengan cara online. 

SayurBox memang pada awalnya dikembangkan Amanda Cole agar bisa bantu para petani Indonesia agar mudah menjual produk dari pertanian mereka. Jika kamu ingin jadi reseller maka, kamu harus memahami konsep sederhananya.

Itu artinya kamu akan menjual lagi produk-produk yang kamu ambil dari SayurBox kepada para calon pelanggan. Ada juga syarat yang harus kamu penuhi agar bisa menjadi reseller SayurBox dengan mudah. Agar lebih lengkap bisa kunjungi website resminya.

Marketplace

Sekarang ada berbagai macam platform yang bisa bantu seseorang membeli kebutuhan-kebutuhan termasuk kebutuhan pokok sehari-hari. Untuk di Indonesia sendiri, terdapat cukup banyak marketplace yang memiliki pengguna masing-masing yang sudah percaya.

Kamu bisa juga menggunakan platform marketplace yang populer untuk menawarkan barang jualan. Sebab, akan banyak peluang barang jualan kamu banyak diminati dalam marketplace yang populer dan banyak penggunanya.

Contohnya di Indonesia marketplace yang banyak penggunanya adalah BliBli, Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan sejenisnya yang masih banyak juga yang lain yang bisa kamu pilih. 

Menggunakan marketplace akan mempermudah karena kamu tidak membutuhkan toko fisik. Cara daftarnya pun cukup mudah dan setiap marketplace memiliki ciri khas dan aturan masing-masing.

Media Sosial

Zaman digital tidak akan lepas dari media sosial yang ikut berperan. Untuk memperluas kemungkinan adalah dengan memanfaatkan media sosial untuk media promosi. Usahakan memilih media sosial yang populer dan kamu harus rajin update jika ada stok baru atau menanggapi respon kepada calon pembeli. 

Kamu bisa menyisipkan nomor kontak atau email yang mudah diakses dan dihubungi agar tetap terhubung dengan pelanggan dengan mudah. Misalnya, ada pesanan datang, mencatat pesanan dan sebagainya.

You may also like