Home Bisnis Jenis Usaha yang Cocok Untuk Kamu yang Introvert

Jenis Usaha yang Cocok Untuk Kamu yang Introvert

by admin

Bidang usaha atau bisnis saat ini bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam bentuk apapun. Peluang yang ada terbuka bebas dan luas untuk bisa dimanfaatkan oleh siapapun tanpa terkecuali. Hanya bermodal kemauan dan ditunjang dengan kemampuan, kamu bisa dengan mudah membuka bisnis pribadi dan siap menjemput kesuksesan melalui jalan usaha yang kamu pilih.

Karakter pengusaha yang mayoritas diketahui harus orang yang terbuka, memiliki komunikasi, adaptasi dan sosialisasi yang baik dengan lingkungan dengan cepat untuk bisa menyesuaikan kondisi atau biasa dikenal sebagai orang memiliki kepribadian extrovert

Lalu bagaimana dengan orang memiliki kepribadian Introvert? Apakah bisa juga menjalankan sebuah usaha? Bukan hal yang tidak mungkin, kembali pada prinsip awal bahwa dengan adanya kemauan didukung oleh kemampuan mampu dan memudahkan siapapun untuk membuka bisnis. Jadi, tidak perlu khawatir dalam berusaha menemukan hal baru.

Daftar usaha yang cocok untuk si Introvert

Kebalikan karakter atau kepribadian extrovert yaitu introvert. Karakter introvert ini merupakan bentuk karakter seseorang yang secara psikologi didefinisikan sebagai orang yang cenderung menyendiri atau hanya dapat berinteraksi dengan satu atau dua orang saja yang dianggap dekat dan bisa dipercaya olehnya. 

Karakter tersebut kerap dipandang sebelah mata dan menjadikan seorang introvert terkurung dalam tekanan dan ketakutan untuk bersosialisasi. Padahal pada kenyataannya sifat atau karakter yang ada belum tentu menjadi pilihan atau keinginan dari yang bersangkutan, loh! 

Stigma masyarakat kepada seorang introvert yang dianggap anti sosial menjadikannya dilematis dalam memilih jalan hidup salah satunya pekerjaan. Meskipun begitu, jangan merasa khawatir dan merasa sendiri, kamu masih bisa memilih pekerjaan yang bisa kamu jalani dan dianggap sesuai dengan karakter yang kamu miliki.

Kamu yang merasa menjadi seorang introvert bisa mempertimbangkan pemilihan usaha yang dianggap cocok. Dalam artikel dibawah ini akan membahas daftar usaha yang cocok untuk kamu si introvert.

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu cabang usaha yang tidak pernah sepi peminat baik bagi kamu calon pengusaha baru maupun pasar konsumennya. Peluang usaha ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka dan memulainya di rumah maupun memiliki toko sendiri. 

Selagi manusia membutuhkan makan dan minum, kamu jangan khawatir untuk tidak menemukan pasar. Hanya saja, kemudahan dan peluang bisnis kuliner yang sangat terbuka ini menjadikannya banyak pesaing. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu menjadi creator dan sekaligus innovator yang bisa menghadirkan produk kuliner yang berbeda atau lain daripada yang lain. Melalui bisnis kuliner, kamu yang merasa introvert bisa berlaku atau berperan sebagai manajer usaha saja ataupun sekaligus sebagai chef, pemegang resep segala produk yang dijual. 

Dalam pekerjaan ini, kamu tidak terlalu dituntut untuk bersinggungan atau berhadapan langsung dengan orang lain. Kamu bisa memilih untuk memegang kendali via dapur ataupun di balik meja untuk memantau manajemen usaha.

2. Seniman atau Pengrajin

Seperti diketahui pada umumnya seorang seniman atau pengrajin selalu menjadi orang fokus dalam menekuni dan menyelesaikan karya-karyanya. Jika jiwa kreatif kamu lebih dominan dan secara teknis kamu cukup berbakat di bidang seni atau kerajinan, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. 

Biasanya, satu karya seni yang dihasilkan dibanderol dengan harga yang tidak sedikit. Satu produk karya seni seperti lukisan, produk kriya, dan lain sebagainya bisa tembus harga hingga ratusan juta rupiah. 

Cabang seni dan kerajinan yang luas bisa kamu sesuaikan dengan minat dan bakat kamu, kemampuan dan kemauan kamu. lewat bidang usaha ini kamu yang merasa introvert akan lebih merasa lebih bernilai dan berpeluang menghasilkan pendapatan dari usaha yang dijalani.

3. Desain Grafis

Era digital cukup memberikan berbagai macam perubahan di beberapa aspek kehidupan. Contohnya pada dunia marketing, berita informasi publik, dan segala macam hal kebutuhan dasar maupun tambahan manusia dilakukan secara online

Hal tersebut menjadikan konten yang memuat beragam informasi dan produk perlu ditampilkan melalui gambar visual yang menarik di berbagai media digital. Kondisi tersebut membuka peluang usaha yang lebih luas sebagai seorang desain grafis. Tentu kamu tidak asing lagi dengan jenis pekerjaan ini. 

Gambaran pekerjaan yang dikerjakan oleh seorang desain grafis akan sangat cocok bagi kamu yang juga merasa seorang introvert. Bekerja lewat karya dengan gawai sebagai medianya, tanpa harus berinteraksi dengan banyak orang menjadi cara kerja seorang desain grafis pada umumnya.

Itulah gambaran usaha yang cocok bagi kamu yang merasa sebagai seorang introvert. Masih banyak jenis usaha yang bisa kamu jajali seperti menjadi seorang Content Writer, Blogger, Programmer, dan lain-lain. Semoga informasi diatas cukup memberikan gambaran dan motivasi bahwa seorang introvert pun bisa menjadi pengusaha dalam bidangnya.

You may also like