Home Investasi Jenis-jenis Investasi Terbaik Demi Masa Depan, Anda Wajib Tahu

Jenis-jenis Investasi Terbaik Demi Masa Depan, Anda Wajib Tahu

by Mas Abadi
jenis-jenis investasi

Perlahan tapi pasti, kesadaran warga Indonesia akan investasi semakin meningkat. Apalagi mengingat investasi secara online semakin mudah. Kaprah dari investasi sendiri sebenarnya tidak terbatas dengan stok saham atau properti saja, melainkan ada jenis-jenis investasi lain yang lebih kekinian. Dianggap kekinian, karena dinilai lebih banyak diminati dan aman.

Beragam Investasi Yang Bisa Anda Coba

1. Reksadana

Reksadana memang satu aliran dengan investasi saham. Namun, yang membuatnya lebih direkomendasikan adalah kemudahan dan juga newbie friendly. Dalam artian lain, model investasi ini paling disarankan untuk Anda yang belum paham akan pasar modal. Semua mekanismenya juga dianggap lebih mudah dan aman.

Hal ini karena, sistem operasional dari reksadana sendiri dilakukan oleh pihak Manajer Investasi. Dana yang Anda keluarkan untuk membeli saham akan dikelola langsung, dan Anda pun tidak perlu ribet mengatur segala kebutuhannya. Menariknya reksadana juga lebih murah karena sistemnya adalah mengumpulkan dana saham dari banyak investor.

2. Emas Batangan

Investasi emas memang bukan hal baru, mengingat harga emas akan selalu mengalami fluktuasi. Karenanya, emas yang Anda beli pasti akan berharga lebih tinggi di masa depan. Meski demikian, emas dianggap bahan investasi yang paling minim resiko dan berharga stabil. Bahkan, beberapa instansi negara pun mulai menawarkan jenis investasi ini dengan modal rendah.

3. Saham

Jika berbicara investasi, maka tidak jarang jawabannya muncul dari Saham. Jenis investasi pada saham dinilai yang paling menjanjikan karena investor dapat meraih untung hingga jutaan rupiah. Meski demikian, investasi dalam dunia saham sendiri perlu ilmu dan kepintaran mengelola dana yang baik. Hal ini karena risiko yang diampu juga lebih besar.

4. Tabungan Deposito

Meski tidak sepamor jenis lainnya, deposito bisa menjadi investasi aman dan terjamin. Yang menjadikannya lebih baik adalah sistemnya ada ditangan kesepakatan Anda dan juga pihak bank. Seluruh bagian deposito seperti dana awal, suku bunga, durasi, hingga pencairannya dapat diatur sesuai kesepakatan. Dananya juga aman karena dijamin LPS (lembaga penjamin simpanan).

5. Properti

Sama dengan emas, investasi properti memang masih dianggap ideal. Apalagi jika dikaitkan dengan kebutuhan properti yang semakin meningkat setiap tahunnya. Jumlah lahan yang sempit berbanding terbalik dengan kebutuhan hunian, yang akhirnya membuat harga tanah atau rumah selalu meningkat. Menariknya, Anda dapat memulai investasi dengan penawaran KPR.

6. P2P Lending

P2P lending memang masih dianggap asing, terutama jika Anda tidak familiar dengan Fintech. Padahal, investasi ini bisa dikaitkan dengan meningkatnya fenomena pinjaman online. Inti dari investasi ini adalah menyewakan dana pada pemilik platform pinjol. Investor dapat meraih keuntungan mencapai 20% dari total dana yang diinvestasikan.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengintip Pilihan Instrumen Investasi yang Menguntungkan Dengan Minim Risiko

Tips Investasi Yang Perlu Dicamkan

jenis-jenis investasi

Sebelum Anda memulai investasi, tentunya tidak boleh sembarangan ikut tren saja. Meski opsi tersebut dinilai lebih aman dan terjamin, sayangnya Anda harus pertimbangkan beberapa hal. Mengingat setiap investasi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, begitu pula dengan risiko naik turunnya potensi untung yang tidak bisa dihindari. Untuk itu, berikut tipsnya.

1. Tujuan Dan Durasi Dari Investasi

Tujuan melakukan investasi akan menjadi jaminan Anda turut berkomitmen dengan aktivitas tersebut. Intinya, Anda mesti merumuskan untuk apa dan keinginan apa yang ingin diraih dari investasi. Umumnya, tujuan yang bisa Anda gunakan adalah tabungan untuk masa depan atau untuk investasi membeli rumah.

Selain tujuan, Anda juga bisa menentukan durasi dari investasi yang akan dilakukan. Pada dasarnya memang investasi itu tidak ada batasnya. Namun, memberi durasi akan menjadi cara mengatur dana dan juga mencapai tujuan. Alokasi waktu tersebut juga menjadi pengingat bahwa investasi memiliki sifat jangka panjang, tidak instan.

2. Pelajari Produk Investasi

Setelah memiliki tujuan yang pasti, saatnya mempelajari produk investasi tersebut. Meski beberapa jenis tidak memerlukan pemahaman yang dalam, namun Anda wajib paham dasarnya. Seperti contohnya, mengerti kondisi market dan ekonomi saat ini. Yang mana paling krusial di dalam estimasi dana, return, hingga sistem pada investasi saham atau lainnya.

3. Menyesuaikan Alokasi Dana

Pintar mengatur keuangan adalah dasar dari investasi. Garis bawahi bahwa investasi memiliki sifat jangka panjang, sehingga Anda harus bijak dalam mengatur besaran dana. Jangan termakan ide return besar dengan dana besar. Pasalnya Anda juga harus alokasikan uang untuk kebutuhan primer lainnya, seperti makan, hutang, atau kebutuhan harian.

4. Tetap Konsisten

Investasi itu butuh konsistensi dan improvisasi yang tepat. Camkan bahwa Anda tidak akan mendapat return yang baik jika menyerah di awal. Karenanya, Anda harus terus konsisten dalam mengalokasikan dana dan juga melek akan tren terbaik. Terutama untuk kondisi pasar, saham, dan juga untung rugi yang didapat.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mata warga Indonesia akan kebutuhan investasi memang semakin meningkat. Terutama untuk kalangan muda yang digempur dengan iklan jenis-jenis investasi kekinian di dunia saham, properti, tabungan deposito, reksadana, hingga emas batangan. Mana yang terbaik? Pertimbangkan tips di atas dan tentukan sendiri pilihan anda!

You may also like