Home Tips Jenis Investasi dan Tabungan yang Pas untuk Orang yang Sudah Berusia 30-an

Jenis Investasi dan Tabungan yang Pas untuk Orang yang Sudah Berusia 30-an

by Mas Abadi

Tabungan jadi jawatan keuangan yang tidak dapat dibiarkan begitu saja. Tidak untuk mencukupi kebutuhan setiap hari, tetapi tabungan yang dapat difungsikan sebagai pos yang untuk mencukupi tujuan finansial yang sudah masuk dalam daftar rencana Anda.

 

Secara umum, menyisihkan uang tabungan ke dalam buku tabungan dari gaji setiap bulan, kemudian ditabungkan ke dalam buku rekening bank yang tidak sama, tentu supaya lebih teratur. Namun, kebanyakan masyarakat yang menginjak usia 30 tahun masih memiliki pemikiran, hanya dengan satu tabungan tidak masalah.

 

Faktanya, Anda yang sekarang atau nanti berusia 30 tahun harus mempunyai rekening lebih dari satu. Jika sudah begitu, keadaan keuangan akan lebih tertata rapih serta Anda dapat meraih tujuan sebagai bagian dari melek dan cerdas keuangan.

 

Tabungan yang Wajib Dimiliki saat Usia 30 Tahunan

 

Berikut beberapa ulasan mengenai tabungan yang harus Anda punya ketika dalam usia 30 tahunan.

 

Tabungan Dana Darurat

 

Pertama yakni Tabungan untuk dana darurat. Berdasarkan begitu banyaknya potensi keadaan yang bisa saja akan datang tiba-tiba tidak sesuai rencana, maka memilih membuat dana darurat sangatlah wajib dimiliki. Dana darurat ini dapat Anda pakai ketika kendaraan rusak, dapat dipakai ketika Anda sakit, dapat juga dipakai ketika Anda terkena Pemutusan Hubungan Kerja serta bisa digunakan untuk keperluan serba mendadak yang lain.

 

Kebanyakan, untuk Anda yang menginjak usia 30 tetapi belum menikah, maka Anda harus menyiapkan tiga sampai enam kali pengeluaran bulan untuk memiliki dana darurat. Sedangkan Anda yang telah menikah, maka menyiapkan dana darurat berupa enam hingga dua belas kali pengeluaran setiap bulan. Anda dapat menyiapkan dana darurat paling sedikit hingga 5 % dari penghasilan setiap bulan.

 

Tabungan untuk Item yang Butuh Biaya Besar

 

Anda pun harus mempunyai tabungan yang hanya dibuat untuk beberapa hal yang membutuhkan biaya tinggi. Artinya,  finansial Anda akan lebih diringankan karena Anda telah menyiapkan tabungan khusus ini dari lama. 

 

Tabungan khusus yang untuk hal atau barang yang membutuhkan biaya tinggi ini nantinya akan berdampak pada keadaan keuangan Anda terjamin keamanannya & lebih dalam kendali dengan tidak ikut tercampur atau mengganggu bagian untuk pengeluaran lainnya. Item tersebut berupa

 

Rumah

Rumah tempat tinggal Anda tentunya membutuhkan biaya yang spesial karena mungkin saja ada beberapa sisi rumah yang masih mendapat rusak serta membutuhkan beberapa renovasi kecil. Sebagai contoh, terdapat beberapa ruang dengan atap yang bocor, kemudian keramik pecah atau masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, Anda dan pasangan wajib mempersiapkan tabungan spesial untuk rumah.

 

Kisaran isi tabungan untuk urusan rumah, Anda dapat menyiapkan dana 5 % hingga 10 % jika disisihkan dari dana penghasilan setiap bulan. Tentu saja tergantung kondisi rumah yang Anda tempati. Rumah yang besar tentunya akan membutuhkan lebih banyak biaya yang dikhususkan untuk rumah tersebut, begitu pun dengan denah rumah yang kecil maka dana yang harus Anda simpan tidak perlu terlalu banyak sebanyak rumah yang besar.

Mobil

Kedua, mobil, jika Anda sudah mempunyai kendaraan mobil tentu akan membutuhkan biaya penanganan khusus. Sebagaimana Anda sudah ketahui bahwa karena asuransi mobil pada umumnya tidak mengatasi segala penanganan khusus mobil. Kemungkinan suatu hari nanti, ban mobil rusak atau sudah tiba waktunya ganti ban mobil atau keperluan penanganan untuk service mesin dll.

 

Bahwa biaya yang diperlukan untuk service mobil tidak sedikit, maka sisihkanlah uang Anda sebesar  5 %  sampai ke 10% dana penghasilan setiap bulan. Kalau Anda punya lebih dari satu mobil, sudah dipastikan Anda wajib menyiapkan tabungan yang satu ini laku sesuaikan dengan jumlah mobil yang Anda punya. Memiliki aset atau barang tidak boleh sembarangan untuk pamer gaya hidup saja namun, juga harus bertanggung jawab. 

 

Jangka panjang

 

Kemudian, Tabungan untuk jangka panjang. Walaupun mungkin saja sekarang bisa dikatakan Anda belum membutuhkannya, tetapi pos khusus finansial untuk di masa yang akan datang dalam jangka waktu yang panjang malah akan lebih bagus menyiapkannya sejak dini. Artinya, agar dapat lebih ringan urusan finansial Anda.

 

Berikut beberapa ulasan mengenai investasi dalam jangka waktu yang panjang tentu harus Anda siapkan.

 

Dana Pendidikan Anak

Jika sudah menikah, namun belum mempunyai seorang anak maka tidak masalah. Namun, kamu perlu menyiapkan dana pendidikan anak dengan cara investasi sejak dini supaya kelak nanti bisa menjamin masa depan anak.

 

Dari dana gaji setiap bulan, Anda dapat investasi khusus dana pendidikan anak dapat dimulai jumlah 10 % hingga 20 %. Sedangkan media investasi dana pendidikan anak ini dapat Anda tentukan yakni reksadana, atau pilih emas, bisa deposito, serta bisa pilih saham.

 

Dana Pensiun

Lalu ada dana pensiun, Anda harus menyiapkan dana pensiun mulai saat ini juga supaya semua kebutuhan setelah pensiun atau sudah tua, Anda dapat tercukupi dengan layak, keadaan finansial akan aman terjamin.

 

Sisihkan uang untuk dana pensiun ini sekitar 10% – 20%. Siapkan dana pensiun dalam bentuk investasi deposito, emas, obligasi dan lainnya.

 

Tabungan Pengeluaran Tahunan

 

Berikut ulasan apa saja tabungan pengeluaran tahunan yang wajib Anda disiapkan.

 

Pajak

Pajak merupakan kewajiban Anda sebagai rakyat yang sudah memiliki penghasilan yang kelak sangat bermanfaat untuk pembangunan negara. Setiap orang yang sudah wajib pajak maka membayar pajak setiap satu tahun sekali dalam waktu yang ditetapkan.

You may also like