Home Perencanaan Jelaskan Hal-Hal yang Berkaitan dengan Manajemen Keuangan

Jelaskan Hal-Hal yang Berkaitan dengan Manajemen Keuangan

by Mas Abadi
hal-hal berkaitan dengan manajemen keuangan

Manajemen keuangan dalam perusahan adalah salah satu pondasi kesuksesan dalam menjalankan bisnis. Keuangan merupakan dasar operasional suatu perusahaan yang perlu dikelola dengan sangat baik. Memiliki pengelolaan keuangan yang tidak sehat pastinya bisa menimbulkan berbagai macam masalah yang membuat perusahaan menjadi rugi, tidak hanya itu, lebih parahnya lagi usaha yang sudah dibangun selama ini bisa berhenti total akibat dari memiliki manajemen keuangan yang buruk.

Manajemen keuangan sendiri meliputi beberapa hal, seperti merencanakan keuangan, mengambil keputusan ketika akan memakai uang perusahaan sampai pengawasan terkait keluar masuknya arus kas. Nah, berbicara mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan. Pada artikel kali ini akan dibahas secara rinci poin-poin yang ada di dalamnya, maka dari itu simak ulasan ini sampai habis.

1.       Konsistensi

Suatu sistem keuangan di dalam perusahaan, tentu harus diterapkan secara konsisten serta tidak berubah-ubah dari waktu ke waktu. Walaupun begitu, sistem serta kebijakan keuangan yang sudah dipilih bukan tidak boleh melakukan penyesuaian keuangan jika terjadi perubahan yang cukup signifikan di perusahaan. Perubahan ini harusnya diumumkan dan disertai oleh alasan yang sangat jelas dan juga masuk akal.

2.       Transparansi

Pihak manajemen wajib terbuka terhadap apa yang dikerjakannya dan penyimpangan dari prinsip tersebut bisa mengindikasikan bahwa sebuah manajemen sudah menyembunyikan suatu rencana tertentu dan lama-lama bisa menghancurkan atau merusak perusahaan secara menyeluruh. Maka dari itu, transparansi dalam sebuah manajemen wajib ditegakkan.

3.       Akuntabilitas

Prinsip satu ini adalah suatu kewajiban hukum atau moral yang erat kaitannya di setiap individu ataupun kelompok, serta perusahaan ketika memberi penjelasan mengenai bagaimana uang dialokasikan atau bagaimana wewenang yang sudah diberikan. Prinsip tersebut diperlukan sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak yang memiliki kepentingan.

4.       Kelangsungan Hidup

Semua pengeluaran yang sifatnya operasional atau pengeluaran strategi perlu disesuaikan dengan uang yang ada serta dilakukan supaya kesehatan finansial perusahaan dapat selalu terjaga dan terus berada dijalur yang tepat. Hal ini merupakan upaya untuk membuat perusahaan bisa terus hidup dan berkembang menjadi lebih besar.

5.       Integritas

Baik bagi individu, pencatatan keuangan atau laporan keuangan di dalam suatu aktivitas operasional perlu memiliki integritas tingkat tinggi serta tingkat akurasi yang tinggi juga. Hal ini dilakukan untuk membuat target sebuah perusahaan dapat tercapai dan melakukan semua hal menjadi lebih efektif dan juga efisien.

6.       Pengelolaan

Manajemen keuangan tentunya harus bisa mengelola dana atau penghasilan yang diperoleh secara efektif serta menjamin dana itu akan digunakan sebaik dan seoptimal mungkin berdasarkan tugas serta fungsi organisasi yang sudah ditetapkan.

7.       Standar Akuntansi

Untuk prinsip yang terakhir wajib untuk diperhatikan dan diterapkan agar laporan keuangan perusahaan yang dihasilkan pihak manajemen dapat dengan mudah untuk dipahami serta dicermati oleh seluruh pihak yang memiliki kepentingan terkait dengan laporan keuangan yang ada.

Tujuan dari Pengelolaan Keuangan Perusahaan

1.       Mengoptimalkan Keuntungan Perusahaan

Di dalam manajemen keuangan, seluruh aktivitas yang dijalankan bukan hanya sebatas mengawasi jalannya keluar masuk arus kas, namun juga melihat pergerakan anggaran perusahaan yang tidak memberikan keuntungan berarti untuk perusahaan. Sebagai individu profesional yang telah bekerja di bidang keuangan, tentu Anda wajib memperhatikan aktivitas-aktivitas yang tidak terlalu menguntungkan untuk perusahaan kemudian menggantikannya dengan kegiatan lain yang bisa menghadirkan keuntungan dalam waktu dekat ataupun keuntungan jangka waktu yang panjang.

2.       Meningkatkan Efisiensi

Jika sudah menerapkan pola yang tepat dan terukur serta mengatur keuangan dengan sangat baik untuk seluruh aspek terpenting, efisiensi dana yang dimiliki perusahaan bisa meningkat. Hal ini secara tidak langsung akan membuat kondisi perusahaan berada dijalur yang tepat untuk mencapai semua target yang diinginkan.

3.       Menjaga Arus Kas

Menjaga jalannya arus keuangan atau keluar masuk uang kas wajib dipantau selalu supaya tidak ada pengeluaran yang terlalu besar atau pengeluaran terlampau batas. Pengeluaran membengkak ini pastinya bisa menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Jika tidak dihiraukan maka lama-kelamaan perusahaan bisa mengalami kebangkrutan.

4.       Mengurangi Risiko Operasional

Mengambil sebuah keputusan yang matang terkait pengaturan keuangan akan perusahaan dapat mengurangi atau meminimalisir faktor risiko operasional yang bisa terjadi kapanpun akibat dari manajemen keuangan perusahaan yang tidak begitu baik atau stabil.

5.       Proyeksi Jangka Waktu Operasi Suatu Perusahaan

Perencanaan dan pengaturan keuangan yang tepat akan membuat sebuah perusahaan bisa bertahan lama dalam mengarungi persaingan bisnis yang sangat ketat. Penerapan keuangan yang tepat juga bisa memproyeksikan seberapa jauh perusahaan yang didirikan bisa terus berjalan dan terus berkembang. Oleh sebab itu tujuan dari pengelolaan manajemen keuangan ini juga akan dapat mempermudah pihak perusahaan memproyeksi segala macam hal yang berkaitan dengan semua aktivitas yang dijalankan.

 

 

You may also like