Home Investasi Jangan Takut, Berikut Cara Main Saham Untuk Investor Pemula

Jangan Takut, Berikut Cara Main Saham Untuk Investor Pemula

by Mas Abadi
cara investasi saham

Rasanya tidak lengkap jika bahasan investasi tanpa hadirnya bahasan saham.Investasi saham sendiri semakin kondang dan banyak penikmatnya. Berbeda dengan dulu yang membuat maju mundur untuk main saham. Untuk anda yang masih pemula, berikut penjelasan mengenai investasi saham lengkap dengan cara investasi saham.

Sekilas Tentang Investasi Saham

Jika merujuk pada pengertian, saham sendiri adalah bukti kepemilikan atau penyertaan seseorang pada sebuah perusahaan maupun perseroan terbatas. Sehingga ketika anda memiliki saham, maka anda juga bisa disebut dengan owner atau pemilik perusahaan. tetapi semua tergantung dari berapa porsi saham yang anda miliki.

Wujud saham berupa selembar kertas yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan. selain itu di dalamnya juga menyatakan jika di dalam dokumen tersebut nama yang tercantum, merupakan pemilik perusahaan sesuai porsinya. Apabila perusahaan tersebut sehat, maka anda bisa mendapatkan laba yang besar karena memiliki nilai jual yang tinggi.

Saham sendiri dibagi dalam beberapa jenis yang juga perlu untuk anda ketahui. Ada saham biasa atau yang dikenal Common Stocks, dimana saham memiliki karakteristik yang bisa diklaim kepemilikan di semua penghasilan maupun aktiva milik perusahaan. Saham biasa, jika terjadi hal yang tak diinginkan, anda sebagai investor hanya menanggung sejumlah yang diinvestasikan.

Jenis selanjutnya saham preferen yang merupakan gabungan saham biasa dan obligasi. Saham juga dibedakan berdasarkan kinerja perdagangan, salah satunya adalah saham blue chips. Saham satu ini banyak diburu oleh investor karena dari perusahaan yang reputasinya tinggi, pendapatan stabil dan juga bisa sebagai petinggi di industri.

Jenis lainnya bisa berupa bearer stock, dimana secara fisik tidak tertulis pemiliknya. Berbeda dengan saham atas nama yang pada kertasnya ditulis pemegang saham dengan jelas. Ada juga jenis saham income stocks. Dimana jenis ini memiliki keunggulan untuk membayar dividen lebih tinggi. Dan juga jenis jenis lainnya yang wajib untuk anda pelajari lebih dulu.

Bagaimana Membeli Saham?

Setelah anda mengetahui sekilas tentang investasi saham, tentu anda bertanya tanya bagaimana cara untuk membelinya. Indonesia sendiri memiliki BEI atau Bursa Efek Indonesia, dimana banyak perusahaan yang ada di dalamnya. Di tahun 2020, tepatnya di bulan September tercatat setidaknya 713 perusahaan yang menjadi bagian BEI.

Dan untuk memudahkan para pemula dalam membeli saham, BEI membuat indeks saham yang akan memperlihatkan pergerakan harga atas beberapa saham yang dipilih. Untuk transaksi jual saham sendiri bisa anda lakukan melalui dua cara. Cara membeli saham yang pertama bisa menggunakan jasa pialang saham atau jasa sales broker.

Selain bisa melalui sales broker, anda juga bisa melalui online trading tetapi tetap melibatkan perusahaan broker. Ada banyak aplikasi maupun software yang disediakan broker untuk trading. Manapun cara yang anda pilih, anda tetap harus berhati hati dan memastikan semuanya aman.

Baca Artikel Selanjutnya : Tertarik Investasi, Berikut 7 Bank Yang Tawarkan Bunga Deposito Tertinggi

Cara Main Saham Untuk Pemula

cara investasi saham

1. Memahami Ilmu Dasar Investasi Saham

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum membeli saham adalah mempelajari tentang saham. Ilmu dasar ini nanti akan membantu anda sehingga tidak salah langkah. Mengingat saham merupakan investasi yang keuntungannya besar juga resiko yang besar. anda bisa mulai belajar dengan aplikasi dan mencoba simulasi trading yang banyak ditemukan.

2. Menentukan Broker

Langkah selanjutnya adalah memilih broker yang terpercaya ataupun sekuritas yang tepat. Untuk memudahkan, anda bisa melihat daftar perusahaan broker yang sudah terdaftar di BEI. Ada baiknya jika anda memilih broker yang menyediakan aplikasi trading paling mudah. Broker sendiri akan membantu anda dari proses pembelian sampai akhir.

3. Royal Boleh, Kebablasan Jangan

Memang banyak yang menganggap jika bermain saham membutuhkan modal yang besar. Padahal saat ini sudah ada saham yang dijual dengan Rp 50 perak saja untuk setiap lembarnya. Dalam saham, anda harus membelinya dalam satuan lot. Sehingga tidak banyak modal yang dibutuhkan, tetapi jika investasinya kecil maka incomenya juga kecil.

Maka dari itu, ada baiknya untuk bijak dalam mengelola modal anda. Tak perlu mahal, ada baiknya anda memilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Anda bisa menggunakan rumus keuntungan 1% dari budget yang dikeluarkan. Cara membeli saham ini sering diabaikan padahal akan membantu anda untuk lebih efisien.

4. Menentukan Saham Yang Akan Dibeli

Anda juga harus menentukan saham mana yang akan anda beli, dan bisa dibilang cara ini yang sulit. Guna membantu anda, anda bisa memilih saham yang masuk dalam daftar indeks IDX30 atau Indeks LQ45. Dimana saham saham tersebut umumnya memiliki likuiditas yang tinggi dan memiliki latar belakang yang kokoh.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui ketika anda penasaran dengan investasi saham. Cara investasi saham tidaklah sulit, anda hanya butuh untuk memiliki jam terbang tinggi. Pastikan untuk sering memantau keadaan pasar saham, sehingga anda bisa memantau sekaligus bisa membeli saham baru saat harganya turun.

You may also like