Home Perencanaan Jangan Lakukan 5 Hal ini Agar Keuangan Pribadi tidak Sekarat

Jangan Lakukan 5 Hal ini Agar Keuangan Pribadi tidak Sekarat

by admin

Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja Anda membutuhkan berbagai macam kebutuhan pokok. Belum lagi apabila Anda sedang mengalami masa-masa darurat yang memaksa Anda harus menggunakan dana tabungan Anda yang akan menyebabkan pengeluaran bulanan jadi bertambah.

Salah satunya adalah harus pandai mengatur bagaimana kondisi keuangan untuk tetap menjaga segala kebutuhan selama satu bulan penuh bisa terpenuhi dengan baik. Hal dalam mengatur kondisi keuangan adalah sesuatu yang wajib Anda lakukan terutama di masa dan era yang serba digital seperti sekarang yang semua hal bisa Anda akses dengan menggunakan ponsel pintar saja. 

Sebab, mudahnya mengakses internet dari ponsel pintar sekarang bisa menyebabkan Anda tidak kontrol uang bulanan dengan baik. Anda akan tergoda dengan diskon dan belanja online di beberapa marketplace media sosial.

Tidak semua orang bisa mengatur keuangannya dengan baik dan benar. Banyak juga yang berpikir bahwa hidup hanya sekali dan tidak bisa mengulang kembali maka dari itu memilih untuk tidak memikirkan dua kali saat membelanjakan uangnya. Bahkan tidak memperhatikan bagaimana kebutuhan sampai bulan depan bisa tercukupi.

Pada masa seperti sekarang ini, seperti yang sudah Anda ketahui banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai ajang pamer kehidupan pribadi dengan gaya hidup yang seperti menggunakan produk mahal dan mewah. Hal itu juga bisa berdampak pada kondisi orang lain yang merasa ingin memiliki kehidupan yang sama padahal, belum tentu mampu mencukupi gaya hidup mewah jika menggunakan dana dari penghasilan setiap bulannya.

Penghasilan setiap bulan hanya akan terbuang sia-sia dan tidak bermanfaat jika Anda hanya mampu memenuhi keinginan saja. Padahal akan lebih baik jika Anda menggunakan uang Anda untuk kebutuhan terpenting atau kebutuhan pokok yang memang sangat dibutuhkan saat itu juga. 

Apalagi jika Anda sudah terlanjur menggunakan uang tabungan dan dana darurat Anda hanya untuk memenuhi keinginan saja. Maka, siap-siap keuangan hanya akan sekarat di masa yang akan datang karena, Anda tidak menggunakan uang pribadi dengan cara yang bijaksana sebagaimana mestinya.

Jika berdasarkan psikologi ekonomi, berbelanja menggunakan uang konvensional atau uang asli bisa mengurangi kebiasaan belanja yang impulsif dan bisa dibilang tidak akan mudah boros. Jika dibandingkan dengan Anda yang suka berbelanja menggunakan uang secara online atau belanja online dan melakukan transaksi secara online, pada umumnya kebiasaan tersebut hanya akan membuat Anda tidak sadar dan hanya akan lepas kontrol.

Maka dari itu berikut ini beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan supaya keuangan Anda secara pribadi tidak sekarat. Apa saja? Simak yuk!

Mudah Tergoda Diskon dan Promo

Pada umumnya diskon akan selalu muncul di beberapa toko atau pada marketplace online dalam bidang apapun pada saat bulan-bulan menjelang akhir tahun atau bisa juga pada hari-hari perayaan.

Nah, apabila Anda mudah tergoda dengan diskon dan promo tertentu maka isi dompet Anda akan menangis dan sekarat. Ini merupakan salah satu kebiasaan tidak baik sebagai orang yang membelanjakan uangnya menjadi seorang konsumen yang impulsif.

Anda tidak boleh tergoda dengan perkataan orang yang selalu mengatakan “mumpung lagi diskon” dan yang lain sebagainya.

Berbelanja hanya berdasarkan diskon saja bisa dikatakan dengan Anda yang hanya menggunakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak sedang Anda sangat dibutuhkan.

Tidak Pernah Investasi hanya Takut Merugi

Pada poin yang satu ini apabila tidak pernah mencoba investasi hanya alasan takut hanya akan rugi saja maka anggapan itu tidaklah selalu benar. 

Fakta di lapangan menunjukkan berbagai macam investasi dan instrumen investasi yang bisa Anda coba lakukan. Investasi tidak melulu soal saham saja. Anda juga harus tahu bahwa Anda bisa menggunakan emas sebagai alat investasi yang aman, selain itu bisa juga menggunakan investasi reksa dana, lakukan juga investasi properti dan masih banyak yang lain investasi-investasi yang menggunakan instrumen yang cukup aman juga. 

Rajin Memakai Kartu Kredit

Kebiasaan yang satu ini juga cukup membahayakan kondisi keuangan pribadi Anda. Pada umumnya, orang yang menggunakan kartu kredit hanya akan menggunakannya khusus untuk berbelanja. Kebiasaan ini cukup buruk dan hanya akan membawa beban yang harus Anda tanggung di kemudian hari.

Anda tidak akan sadar bahwa transaksi sekecil apapun maka Anda hanya akan merasa memiliki rasa ketergantungan yang tidak akan berujung.

Selalu Merasa Gengsi

Gengsi yang terlalu tinggi bisa memberikan dampak yang negatif untuk kondisi keuangan pribadi. Memang, setiap orang pasti juga memiliki gengsi tapi gengsi terlalu tinggi tidaklah baik khususnya dalam hal untuk memenuhi keinginan orang lain. 

Apabila penghasilan Anda setiap bulan cukup hanya untuk kebutuhan pokok sehari-hari saja maka sebaiknya jangan pernah berpikir untuk mengutamakan gengsi. 

Orang yang gengsi pada umumnya  hanya terpengaruh dengan godaan dari media sosial dan teman-temannya yang menginginkan Anda menjadi orang yang hidup mewah dan apapun memakai barang yang mahal.

Menghamburkan Uang 

Apabila Anda masih salah satu orang yang suka menggunakan uang untuk hal yang tidak penting dengan cara foya-foya, maka hanya akan terjebak dalam kebiasaan yang tidak baik.

Pada umumnya, anak zaman sekarang menggunakan dalih “demi kebaikan diri agar lebih positif” dan hal-hal serupa yang justru malah membuatnya terjerat dalam kehidupan yang konsumtif, boros, dan impulsif.

Kebiasaan menghamburkan uang biasanya hanya digunakan hanya untuk memenuhi keinginan orang lain dan gengsi supaya Anda terlihat bahagia dan hidup mewah, bahkan hanya untuk mengikuti tren saja. 

Padahal uang dari penghasilan bulanan akan lebih bermanfaat jika Anda menggunakan uang untuk hal yang lebih berguna seperti menabung dan investasi atau berhemat dan menabung dana darurat.

Maka dari itu, sebaiknya perbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut supaya kondisi keuangan Anda tidak sekarat di kemudian hari. Anda juga akan mendapatkan hasilnya dengan senang di masa depan, sebab uang yang digunakan untuk kebutuhan akan lebih melegakan daripada menggunakan uang untuk hal yang hanya Anda inginkan saja.

You may also like