Home Investasi Investasi Saham : Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya Bagi Pemula

Investasi Saham : Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya Bagi Pemula

by Mas Abadi
investasi saham

Sebagai bekal di masa depan, banyak orang yang sudah mulai melakukan investasi sejak dini. Dimana saat ini salah satu yang semakin populer yaitu investasi saham. Pasalnya saham disebut sebut sebagai investasi terbaik, karena bisa dilakukan dengan cukup mudah dan mampu memberikan keuntungan yang tidak bisa dibilang sedikit.

Mengenal Apa Itu Saham

Apabila anda tertarik untuk melakukan investasi berupa saham, maka alangkah lebih baiknya bila mengenali apa itu saham terlebih dahulu. Karena tidak sedikit orang awam yang tertarik melakukan investasi ini hanya karena mendengar banyaknya keuntungan yang diberikan, namun tidak benar benar memahami apa itu saham sendiri.

Alhasil mereka pada akhirnya tidak memperoleh keuntungan yang optimal. Pengertian saham sendiri adalah tanda penyertaan modal dari seseorang maupun suatu badan usaha, di dalam perusahaan atau perseroan terbatas. Jadi dengan menyertakan modal, maka seseorang atau suatu badan usaha ini mempunyai klaim atas pendapatan maupun aset perusahaan.

Dalam hal ini, investasi dan trading saham adalah dua istilah yang tidak bisa disamakan begitu saja. Sebab investasi pada konteks ini merupakan suatu kegiatan membeli saham, kemudian menyimpannya hingga harga aset naik. Dimana kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja secara luas.

Sementara trading saham adalah sebaliknya, dimana umumnya yang melakukan kegiatan ini adalah orang dengan profil tertentu. Jika investor saham akan menyimpan saham yang telah dibelinya hingga harga aset naik, maka seorang trader akan menjual sahamnya dalam waktu singkat tergantung dari naik turunnya harga saham itu sendiri.

Sehingga seorang trader saham membutuhkan dedikasi waktu, analisa, serta strategi yang lebih rumit untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Pasalnya harga saham sendiri di pasar modal sangat dipengaruhi oleh ekonomi global dan politik. Jadi seorang trader harus rajin mengikuti perkembangan ekonomi dan kebijakan yang ditetapkan.

Manfaat dari Investasi Berupa Saham

1. Persentase Pajak Relatif Kecil

Setiap investasi yang anda lakukan tentunya akan dikenai pajak, dimana salah satu keuntungan atau manfaat dari investasi jenis ini yaitu pajak yang dikenakan lebih kecil. Saham memang memiliki persentase yang cukup kecil, yaitu sebesar 0,1 persen dari nilai bruto transaksi penjualan. Tentu angka tersebut terbilang kecil bila dibandingkan dengan pajak investasi properti.

2. Fleksibilitas Investasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, melakukan investasi berupa saham ini berbeda dengan trading saham yang harus terus memantau naik turunnya saham dan perkembangan ekonomi. Meski seorang investor juga perlu melakukannya sesekali, namun anda bisa memantau bursa efek kapan saja dan di mana saja.

Sehingga tidak membuang waktu dan tenaga, hingga membuat pekerjaan utama menjadi terbengkalai. Terlebih saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali dengan aplikasi mumpuni untuk memantau bursa efek hanya dalam satu genggaman. Sehingga anda bisa mendapat keuntungan, sambil terus beraktivitas seperti biasa.

Baca Artikel Selanjutnya : Macam Macam Investasi Jangka Pendek yang Cepat Memberikan Keuntungan

3. Modal Kecil dengan Keuntungan Besar

investasi saham

Mengapa investasi berupa saham disebut sebagai investasi terbaik ? Karena manfaat yang mampu diberikan jenis investasi ini yaitu keuntungan cukup besar dengan modal yang relatif kecil. Minimal modal yang perlu anda gelontorkan untuk pembelian saham yaitu Rp. 100.000 saja, bahkan bisa kurang dengan keuntungan yang mencapai margin 100 persen.

Cara Memulai Investasi Berupa Saham

1. Pahami indeks Saham

Cara investasi saham yang pertama yaitu anda harus memahami terlebih dahulu apa itu indeks saham. Indeks ini merupakan ukuran statistik perubahan harga saham, yang selanjutnya dipilih atas dasar faktor tertentu. Untuk pemula, disarankan untuk mulai dari investasi di saham yang terkumpul pada indeks IDX30 dan LQ45 karena mempunyai likuiditas tinggi.

2. Memilih Sekuritas

Sekuritas merupakan instrumen finansial, yang dapat mewakili posisi anda sebagai kepemilikan saham atas suatu perusahaan publik. Rekening yang anda buat pada perusahaan sekuritas ini bisa digunakan untuk pembelian saham secara online. Dimana masing masing mempunyai tarif transaksi yang berbeda.

Sehingga dalam memilih sekuritas juga tidak boleh dilakukan secara asal. Namun penting untuk tidak tergiur hanya dengan biaya transaksi yang murah. Meski anda sebagai nasabah akan diuntungkan, namun lihat juga bagaimana pelayanannya. Jangan sampai mencari untung namun yang didapat justru sebaliknya.

3. Mengatur Pembelian

Sebagai pemula, pasti ada perasaan ragu ketika mulai melakukan cara investasi saham. Maka dari itu sebaiknya anda mengatur pembelian dengan baik di awal. Cobalah dengan biaya saham yang kecil. Di dalam transaksi ini dikenal istilah satuan lot, dimana satu lot sendiri berisikan 100 lembar saham.

Harga satu lembar saham tersebut ada yang hanya 50 rupiah saja, dengan kata lain 1 lot ini bisa berharga 5 ribu saja dan minimal pembelian yaitu 1 lot saham. Namun dengan budget kecil, tentu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan keuntungan besar. Sehingga perlu ada risiko yang anda ambil jika menginginkan keuntungan besar.

Investasi saham memang bisa menghadirkan keuntungan besar, jika anda berani mengambil risiko. Akan tetapi, jangan langsung habiskan seluruh uang yang ada di rekening untuk menghindari kerugian. Sebaiknya anda gunakan 10 persen saja dari total uang kas yang telah dikurangi dana darurat. Jangan lupa isikan pula rekening efek setidaknya 10 persen per bulan.

You may also like