Home Investasi Investasi Bodong Makin Meresahkan, Ini Cara Agar Kamu Terhindar

Investasi Bodong Makin Meresahkan, Ini Cara Agar Kamu Terhindar

by Mas Abadi

Apakah kamu pernah mendapatkan penawaran terkait investasi yang memberikan keuntungan yang sangat besar? Bila iya, kamu perlu waspada mengelola dana yang kamu miliki. Jangan sampan dana yang telah kamu kumpulkan selama ini hilang sebab salah menaruh dana pada investasi bodong. 

Oleh karena itu, sebelum kamu berinvestasi, ada baiknya simak ulasan pada artikel ini tentang cara terhindar dari investasi bodong yang semakin meresahkan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak dirugikan dan juga uang mu disimpan pada perusahaan investasi yang benar. 

Tips Terhindar dari Investasi Bodong 

Kamu perlu mengetahui sejumlah tips terhindar dari investasi bodong ini agar dana yang kamu kumpulkan tetap aman dan tidak menyebabkan kerugian pada mu. 

1. Pastikan perusahaan mempunyai izin yang jelas 

Untuk mengumpulkan dana dari masyarakat tentunya dibutuhkan izin tertentu dari pemerintah. Jika tidak terdaftar dan tidak mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau biasa dikenal dengan OJK, maka lebih baik kamu tidak berinvestasi pada perusahaan tersebut. 

Jika perusahaan ini menawarkan investasi dengan jangka yang panjang atau komoditi, lebih baik kamu cek izin nya lebih dulu pada BAPPEBTI. Bila tidak terdaftar dan tidak mempunyai izin, ada baiknya kamu tidak menaruh dana mu pada perusahaan tersebut. 

2. Memberikan keuntungan yang realistis 

Semakin besar keuntungan yang diberikan, pastinya akan semakin besar pula resiko yang akan kamu tanggung. Jika terdapat perusahaan investasi yang berani untuk memberikan keuntungan yang sangat besar, ada baiknya kamu harus berhati-hati. 

Jangan mudah tergiur dengan keuntungan investasi yang tidak masuk akal. Sebab, untuk mendapatkan keuntungan investasi yang besar, tentunya kamu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya. 

3. Periksa rekam jejak perusahaan 

Internet mempermudah kita untuk mengetahui rekam jejak sebuah perusahaan. Kamu dapat melakukan riset melalui Google tentang testimoni para investor yang telah berinvestasi pada perusahaan tersebut. 

4. Pelajari perusahaan dalam mengelola dana investasi 

Kamu harus mempelajari bagaimana perusahaan tersebut mengatur dana investasi nya. Jika perusahaan tersebut tampak menutupi dan juga tidak transparan saat menerangkan nya, kamu harus menaruh curiga. Karena perusahaan yang baik dan benar tidak akan menutupi apapun kepada para investor nya.

5. Jangan ikut-ikutan 

Kamu harus mempelajari bagaimana perusahaan tersebut mengatur dana investasi nya. Jika perusahaan tersebut tampak menutupi dan juga tidak transparan saat menerangkan nya, kamu harus menaruh curiga. Karena perusahaan yang baik dan benar tidak akan menutupi apapun kepada para investor nya.

6. Mempunyai rencana investasi 

Supaya terhindar dari investasi bodong, kamu wajib mempunyai rencana investasi yang sangat jelas lebih dulu. Tujuan keuangannya harus jelas akan digunakan untuk apa. Menentukan instrumen investasi perlu sesuai profil risiko. Jika telah mempunyai rencana investasi yang sangat jelas dan detail, kamu tidak akan mudah untuk tergoda dengan tawaran dari investasi bodong.

Cara Pilih Perusahaan Investasi yang Benar 

Setelah kamu mengetahui tips terhindar dari investasi bodong, ada baiknya kamu mengetahui cara memilih perusahaan investasi yang benar seperti berikut ini: 

Sesuaikan dengan budget 

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menyesuaikan budget yang dimiliki. Kamu bisa melakukan investasi sesuai dengan budget. Jangan kamu memaksakan beri investasi dengan cara berhutang karena hal tersebut tidak menjadi jalan yang benar.

Periksa legalitas perusahaan 

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu memeriksa legalitas dari perusahaan tersebut. Harus kamu ketahui apakah mereka mempunyai surat izin usaha perdagangan. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa memeriksanya pada OJK. 

Apabila nama perusahaan tersebut terdaftar, maka kamu bisa berinvestasi di perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, apabila perusahaan tersebut tidak ada didalam daftar nya, ada baiknya kamu tidak investasi pada perusahaan tersebut. 

Ketahui risiko produk investasi 

Langkah berikutnya yaitu kamu perlu memahami resiko dan juga keuntungan berinvestasi. Sebagian investasi memberikan keuntungan yang cukup tinggi tentunya mempunyai resiko yang sangat tinggi juga. Kamu dapat menentukan jangka waktu untuk investasi tersebut yaitu jangka waktu panjang, menengah maupun pendek.

Tentukan jangka waktu berinvestasi 

Produk investasi mempunyai berbagai macam jangka waktu tertentu. Cara memilih nya lewat target, ketersediaan waktu, profil risiko, dana dan keperluan investor. Semakin lama jangka waktu kamu berinvestasi, maka kinerjanya bisa semakin maksimal sesuai dengan jenis investasi yang kamu pilih.

Contohnya jika kamu ingin berinvestasi pada obligasi, dapat kamu pilih selama satu tahun sampai 30 tahun. Semakin lama jangka waktu kamu dalam berinvestasi, maka suku bunga pun akan semakin tinggi.

Nah, itu dia cara supaya kamu terhindar dari investasi bodong dan juga cara untuk memilih perusahaan investasi yang benar. Langsung saja lakukan investasi sekarang juga agar kamu bisa mengamankan aset mu untuk masa depan. 

 

You may also like