Home Karier Inilah Ruang Lingkup dari Manajemen Keuangan

Inilah Ruang Lingkup dari Manajemen Keuangan

by Mas Abadi
manajemen keuangan

Manajemen keuangan merupakan bagian paling penting yang ada di dalam perusahaan. Dapat dikatakan, ruang lingkup manajemen keuangan ini berkaitan dengan pengelolaan dan pencairan dana organisasi atau dana perusahaan. 

Pada dasarnya memang manajemen keuangan merupakan sebuah kegiatan yang nantinya akan melibatkan perencanaan, pemeriksaan, anggaran dana, pengelolaan, pencarian, pengendalian dan penyimpanan dana perusahaan atau sebuah organisasi miliki. Di dalam sebuah perusahaan, hadirnya manajemen keuangan sangat penting. 

Sebab manajemen keuangan akan mengelola kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan cara mendapatkan pendanaan sebagai modal kerja perusahaan, lalu pengalokasian dan penggunaan dana ini, serta mengatur aset yang dimiliki perusahaan supaya perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

Di dalam perusahaan manajemen keuangan mempunyai 4 ruang lingkup yang penting sekali guna memajukan perusahaan. Apa saja ruang lingkup tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini. 

1. Menentukan keputusan untuk berinvestasi 

Ketika ingin memutuskan untuk memperoleh pendanaan atau investasi, manajemen keuangan dibutuhkan untuk menghitung biaya modal yang bisa didapatkan oleh perusahaan, mengevaluasi resiko, dan memperkirakan keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan selepas investasi tersebut diterima. 

Selanjutnya, manajemen keuangan juga dibutuhkan untuk menghitung anggaran modal yang sesuai dengan keperluan operasional perusahaan dan alokasi supaya investasi dapat memperoleh keuntungan yang banyak di masa depan. Menganggarkan modal juga masuk ke dalam penghitungan aset yang perusahaan miliki. 

Manajemen keuangan akan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan keputusan investasi perusahaan, hal tersebut adalah keputusan sangat penting karena sebagai penentu masa depan perusahaan. 

2. Keputusan keuangan perusahaan 

Membuat keputusan investasi ini akan melibatkan mengenai aset, pendanaan dan pengalokasian dana perusahaan. Selain itu, menentukan keputusan keuangan perusahaan ini menjadi hal yang sangat berbeda. Adanya peningkatan jumlah investasi yang diperoleh perusahaan setiap tahunnya, menjadikan manajemen keuangan wajib memperkirakan cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan perusahaan. 

Manajemen keuangan wajib mengembangkan cara yang tepat untuk pengalokasian dana dan juga membuat struktur keuangan supaya tidak terjadi rugi yang harus ditanggung perusahaan di masa depan. Lalu, manajemen keuangan juga wajib menyeimbangkan ekuitas perusaan dan aset supaya perusahaan selalu berada di kondisi yang aman. 

3. Memutuskan pembagian saham 

Pembagian dividen perusahaan memiliki peraturan yang dibuat oleh manajemen keuangan. Hal tersebut dilakukan supaya pembagiannya sama rata dan tidak akan membuat perusahaan menjadi rugi. Manajemen keuangan merupakan pihak yang akan menentukan jumlah besaran persentase keuntungan yang dapat dibagikan untuk dividen. 

Lalu, manajemen keuangan pun wajib bisa memperkirakan keuangan perusahaan di masa mendatang. Contohnya, keuangan untuk pengembangan dan ekspansi bisnis supaya perusahaan bisa berkembangan semakin besar. Memang tanggung jawab dan job desk dari manajemen keuangan ini sangat sulit. Namun, jika Anda sudah terbiasa, pasti Anda bisa melakukannya dengan mudah. 

4. Working capital decision 

Di dalam perusahaan, working capital decision merupakan uang untuk perusahaan yang akan disimpan dan akan dipakai untuk biaya operasional perusahaan. Di dalamnya juga termasuk liabilitas perusahaan dan aset perusahaan. Masing-masing aset yang perusahaan miliki seperti, mesin, alay, gedung dan mobil ini wajib dipelihara dan diperhitungkan oleh manajemen keuangan. 

Sebab aset tersebut sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan nantinya. Lalu, liabilitas perusahaan juga akan diurus langsung oleh manajemen keuangan. Ada sejumlah contoh liabilitas yaitu hutang, tagihan yang wajib dibayarkan dan juga pinjaman dari Bank. 

Mengapa semuanya harus diurus oleh manajemen keuangan? Nah, hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi keterlambatan pembayaran yang nantikan akan berakibat fatal untuk perusahaan. Memang seluruh tugas dari manajemen keuangan ini sangat penitng. Dari harus memperoleh pendanaan untuk perusahaan supaya perusahaan dapat berjalan dengan baik sampai ke pengelolaan keuangan perusahaan. 

Dapat dikatakan manajemen keuangan perusahaan merupakan bagian yang paling penting yang dapat menjadikan perusahaan terus tetap berjalan dengan baik. Selain itu, mengelola manajemen keuangan juga harus dilakukan dengan akurat dan tepat supaya perusahaan tidak mengalami kerugian bahkan hingga mengakibatkan kebangkrutan. 

Oleh sebab itu, manajemen keuangan wajib bisa memperhitungkan setiap detail dari transaksi keuangan dengan akurat, tepat dan berkala. Ruang lingkup manajemen yang bagus sudah pasti bisa menjadikan bisnis lebih berkembang dan mempunyai kontrol keuangan yang sangat baik. 

Salah satu paling penting dari bentuk manajemen bisnis yaitu membuat laporan keuangan. Namun, karena zaman yang sekarang serba canggih ini bisa membantu Anda untuk membuat laporan dengan mudah memakai software akuntansi, Anda tidak perlu lagi membuat laporan keuangan secara manual. Anda bisa temukan banyak software akuntansi di Internet, ada yang diharuskan membayar dan juga ada yang bisa Anda gunakan dengan gratis. 

Demikianlah ulasan mengenai ruang lingkup dari manajemen keuangan yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke dalam bidang ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

You may also like