Home Perencanaan Inilah Perkiraan Biaya Hidup di Korea Yang Wajib Diketahui

Inilah Perkiraan Biaya Hidup di Korea Yang Wajib Diketahui

by Greg Pascal
Biaya hidup di Korea

Biaya hidup di Korea bagian Selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi para perantau yang mengadu nasib di sana, banyak Tenaga Kerja Indonesia atau TKI bisa mendapatkan kehidupan lebih baik, sebab gaji di Negeri Ginseng ini lebih tinggi daripada di Indonesia.

Anda mau kerja di Korea Selatan? Sebelum pergi melancong ke negara dengan ibukota Seoul ini, perlu mempertimbangkan banyak aspek. Tidak hanya bahasa, juga perlu memikirkan terkait perkiraan biaya yang harus dikeluarkan selama hidup disana.

Setiap negara pastinya punya biaya hidup yang berbeda-beda, termasuk menyewa kamar kost di Korea Selatan tidak seperti di Indonesia, perlu  jaminan berupa membayar uang deposit sebelum menempati kamar kost.

Ada banyak hal yang perlu dipikirkan secara matang ketika ingin mencari nafkah di Korea Selatan seperti tempat tinggal, biaya makan dan minum, transportasi hingga biaya tak terduga lainnya. Butuh persiapan sebelum tinggal di negara yang terkenal K-Pop ini.

Rincian Biaya Hidup

Adapun rincian biaya hidup berdasarkan post pengeluarannya masing-masing, seperti tempat tinggal, biaya makan dan minum hingga transportasi adalah sebagai berikut.

1. Tempat Tinggal

Memilih tempat tinggal di Korea Selatan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan, anda bisa pilih tempat tinggal yang bisa ditempati oleh beberapa orang. Pasalnya, semakin banyak orang yang menempati ruangan maka semakin murah biaya sewanya, dibanding harus sewa kamar pribadi.

Harga sewa kamar berisikan tiga atau empat orang biayanya berkisar antara 150.000 Won hingga 250.000 Won per bulan. Sementara untuk satu atau dua orang dikenakan biaya sewa sekitar 350.000 Won hingga 500.000 Won per bulan

2. Makan dan Minum

Makan dan minum merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setipa hari, maka perlu biaya untuk pengeluaran ini. Perkiraan biaya yang harus dikeluarkan sekitar 10.000 Won per hari, sehingga dalam sebulan biaya yang harus dikeluarkan untuk makan dan minum 300.000 Won.

Biaya tersebut harus dikeluarkan, jika anda makan di kantin atau convenience store yang harga berkisar 5.000 Won, atau makan dan minum di Street Food cukup bayar sekitar 3.500 Won per porsinya. Jika ingin makan di restoran, minimal satu porsinya sekitar 10.000 Won.

3. Transportasi

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari maka perlu alat transportasi, ada berbagai jenis mode angkutan umum yang bisa digunakan seperti bus dan kereta, yang tarifnya hampir sama. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transportasi ini?

Tarif bus dan kereta di Korea Selatan berkisar antara 1.200 hingga 1.500 Won sekali jalan. Jika sehari harus mengeluarkan 3.000 Won untuk transportasi, maka seminggu biayanya bisa 15.000 hingga 21.000 Won. Maka sebaiknya cari tempat tinggal dekat dengan stasiun untuk menekan biaya transportasi.

Biaya hidup di Korea

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Tagihan Utilitas

Menyewa tempat tinggal tentunya ada biaya utilitas seperti tagihan listrik dan gas. Karena negara ini punya empat musim, setiap musim akan mempengaruhi tagihan gas dan listrik. Ketika musim dingin maka tagihan gas jadi tinggi, ketika musim panas maka biaya listrik lebih besar.

Jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk tagihan utilitas ini berbeda-beda, tergantung dari orang yang menggunakan nya. Tagihan listrik berkisar dari 8.000 hingga 20.000 Won, dan tagihan gas kisaran mulai dari 10.000 hingga 20.000 Won.

5. Komunikasi

Tentunya anda membutuhkan koneksi internet agar bisa tetap terhubung dengan relasi kerja atau dengan keluarga di kampung halaman, maka perlu biaya untuk beli paket kuota atau pulsa yang kebutuhannya berbeda-beda setiap orang.

Biaya pulsa atau kuota internet bervariasi antara sekitar 36.000 hingga 69.000 Won per bulan, tergantung dari paket data dan operator jaringannya. Jika ingin hemat biaya, bisa memanfaatkan koneksi WiFi di berbagai tempat umum, atau cari tempat tinggal yang menyediakan WiFi gratis.

Masih banyak biaya lainnya yang tidak terduga, maka selalu biasakan berhemat agar pengeluaran tidak membengkak, atau sesuaikan dengan pendapatan yang diperoleh dari gaji sebagai seorang karyawan di Korea Selatan.

6. Pendapatan Rata-Rata

Berapa pendapatan di Korea Selatan? Pendapatan rata-rata tenaga kerja di Negeri Ginseng ini sekitar 8.590 Won per jam, gaji tersebut bisa diperoleh oleh anda yang sudah berusia minimal 20 tahun, dan maksimal 20 jam kerja per minggu.

Dengan pendapatan yang dihasilkan, harus bisa disesuaikan dengan pengeluaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Maka perlu perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik, agar semua bisa berjalan sesuai rencana. 

Pastinya anda punya tujuan yang harus diwujudkan dengan bekerja di Korea Selatan, misalkan tujuannya bisa menabung untuk masa depan, untuk biaya menikah, atau biaya bangun rumah di kampung halaman sehingga perlu manajemen keuangan yang tepat.

Biaya hidup di Korea mulai dari tempat tinggal hingga transportasi harus diperhitungkan, meskipun gaji pegawai di negara ini cukup tinggi, harus disesuaikan dengan gaya hidup anda agar pengeluaran tidak membengkak, tentunya bisa hidup lebih hemat.

You may also like