Home Perencanaan Inilah Pengertian Sedekah, Keutamaan dan Macam-Macamnya 

Inilah Pengertian Sedekah, Keutamaan dan Macam-Macamnya 

by Greg Pascal
Pengertian sedekah

Pengertian sedekah menurut ajaran islam tidak hanya berupa materi saja, melainkan bisa juga berupa non-materi, maka sedekah bisa dilakukan oleh siapapun termasuk orang yang kekurangan secara materi, serta amalan yang bersifat sosial ini bisa dilakukan kapan saja tanpa batasan nilai dan jumlahnya.

Sedekah adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun, juga tanpa ada batasan nilai maupun jumlahnya. Siapa saja boleh bersedekah, manfaatnya tidak hanya bisa dirasakan oleh yang memberi, juga bisa dirasakan oleh orang yang membutuhkannya.

Contoh sedekah yang bisa dilakukan semua orang, misalnya menambal jalan depan rumah yang berlubang akibat terkikis air hujan. Meski sepele, tetapi manfaatnya besar bagi orang lain, untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Terdapat macam-macam sedekah berdasarkan bentuk yang diberikan kepada penerimanya, yaitu bisa berupa makanan, tenaga, nasihat, ilmu bermanfaat dan lain sebagainya. 

Macam-Macam Sedekah

Saling berbagi atau memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan bisa dilakukan siapa saja, bisa dalam bentuk apa saja, dengan tujuan untuk bersedekah. Adapun macam-macam sedekah berdasarkan bentuk sedekahnya diantaranya sebagai berikut :

1. Sedekah Materi

Sedekah materi adalah memberikan barang yang dimiliki untuk orang lain yang membutuhkan bisa berupa uang, makanan, minuman dan pakaian, hingga memberikan takjil bagi orang yang berbuka puasa.

Sedekah materi sangat dianjurkan oleh Nabi Muhamad SAW, keberkahan senantiasa dilimpahkan, pemberi sedekah akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa.

Sedekah materi bisa dilakukan bagi anda yang ingin membantu dengan memberi makanan dan minuman kepada orang yang kelaparan, membantu korban bencana berupa uang maupun pakaian, dan lain sebagainya. 

2. Sedekah Non-Materi

Sedekah non-materi adalah memberikan sesuatu kepada yang membutuhkan tanpa mengeluarkan materi, melainkan berupa tenaga atau pikiran, nasihat, dan sebuah senyuman tulus kepada sesama.

Jika tidak punya uang atau barang, sedekah ini bisa anda lakukan seperti misalnya memberi bantuan tenaga untuk pembangunan Mushola atau Masjid, membangun tenda darurat bagi yang tertimpa musibah, dan lain sebagainya.

Sedekah non-materi punya manfaat yang besar, baik untuk si pemberi maupun si penerima bantuan. Jadi, siapapun bisa melakukan sedekah non-materi tanpa ada batasan nilai.

3. Sedekah Jariyah

Sedekah jariah adalah jenis sedekah yang pahalanya terus mengalir, meskipun orang yang bersedekah sudah meninggal. Hal ini karena barang yang disedekahkan punya manfaat dan terus digunakan oleh banyak orang.

Sedekah jariyah meliputi harta maupun ilmu yang bermanfaat. Harta yang disedekahkan untuk pembangunan Masjid atau fasilitas umum yang memberikan banyak manfaat dan setiap hari digunakan.

Selain itu, sedekah jariyah berupa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang dan diamalkan, misalnya para pengajar yang mau berbagai ilmu seperti guru sekolah, guru ngaji, dan lain sebagainya. 

Setelah mengetahui macam-macam sedekah beserta contohnya, terdapat beberapa keutamaan sedekah yang bisa dirasakan manfaatnya. Selain bisa mendapatkan pahala bagi yang mengerjakannya, juga bermanfaat bagi yang menerimanya.

Pengertian sedekah

Baca Artikel Selanjutnya :

Keutamaan Sedekah

Adapun keutamaan sedekah bagi yang mengamalkannya adalah sebagi berikut :

1. Sedekah Menghapus Dosa

Dengan sedekah dapat menghapus dosa, dimana dosa orang yang bersedekah akan diampuni seperti air yang memadamkan api, makan jangan sungkan untuk sedekah baik dalam bentuk materi maupun non-materi.

Rasulullah pernah bersabda, bahwa “Sedekah itu dapat menghapus dosa, sebagaimana air itu memadamkan api” (HR. At-Tirmidzi)

2. Sedekah Melipat Gandakan Pahala

Keutamaan sedekah bagi yang mengerjakannya akan di lipat gandakan pahalanya. Bahkan jika sedekahnya dalam bentuk jariah, pahalanya akan terus mengalir meskipun orang tersebut sudah meninggal.

Allah SWT berfirman :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (pahalanya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QA. Al Hadid : 18)

3. Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Bagi yang bersedekah tidak perlu khawatir hartanya berkurang, meskipun secara tersirat terlihat berkurang, tetapi kekurangan tersebut akan diganti dengan pahala dan hartanya akan diganti dan ditambahkan bagi seseorang yang ikhlas bersedekah.

“Dan barang apa saja yang kamu nafkah kan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. saba’ : 39)

Sedekah menjadi amalan yang dicintai Allah SWT. Selain bermanfaat, juga memiliki keutamaan yang bisa didapatkan bagi orang yang secara tulus dan ikhlas bersedekah dalam bentuk apapun itu. Tidak perlu takut hartanya akan berkurang, malah akan diganti dan ditambahkan rezekinya.

Pengertian sedekah secara umum memberikan sesuatu kepada orang lain yang membutuhkan, dan memberikan manfaat bagi yang menjalankannya maupun bagi yang merasakannya. Sedekah bisa berupa materi seperti harta yang dimiliki, juga bisa berupa non-materi seperti tenaga dan pikiran, serta sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir meski sudah meninggal.

You may also like