Home Pinjaman Inilah Cara Membuat Kartu Kredit Beserta Syarat-Syaratnya

Inilah Cara Membuat Kartu Kredit Beserta Syarat-Syaratnya

by Greg Pascal
Cara membuat kartu kredit

Cara membuat kartu kredit dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, yaitu melalui media online. Kemudahan ini dapat diakses oleh semua masyarakat yang ingin membuat kartu kredit tanpa harus pergi ke kantor Bank.

Pengajuan kartu kredit melalui bank sedianya dapat membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran terhadap barang yang dibeli tidak dibayar dengan tunai, atau pembayarannya dilakukan secara angsuran. Namun untuk mendapatkan kartu kredit itu tidak mudah, ada persyaratan yang harus dipenuhi pemohon.

Syarat pembuatan kartu kredit di setiap bank mungkin sama, yang membedakan dari besaran biaya cicilan hingga layanan fasilitas yang akan didapatkan. Lantas, apa saja persyaratan membuat kartu kredit?

Syarat Membuat Kartu Kredit

Untuk membuat kartu kredit agar bisa disetujui, anda perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini

1. Clean Status di BI Checking

Bank akan mengecek catatan kredit pemohon di BI Checking, apakah punya tunggakan pinjaman atau tidak. Jika Bank bersangkutan menemukan tunggakan pinjaman, maka pengajuan kartu kredit oleh pemohon tidak akan disetujui. Dengan demikian, pastikan anda tidak punya tunggakan kredit dan pastikan catatan kredit nada bagus.

2. Siapkan Dokumen Lengkap

Dalam syarat pengajuan kartu kredit, bank akan meminta dokumen pemohon secara lengkap. Pendaftarannya baik melalui online maupun online, selalu siapkan dokumen lengkap yang wajib untuk syarat membuat kartu kredit misalnya KTP, NPWP, slip gaji dan lain sebagainya.

3. Penghasilan Minimum

Penghasilan minimum bagi masyarakat yang mau membuat kartu kredit adalah sebesar Rp 3 juta per bulan, hal tersebut harus dibuktikan dengan dokumen penghasilan. Apabila anda tidak punya penghasilan dibawah Rp 3 juta, maka sebaiknya tidak mengajukan permohonan kartu kredit.

4. Batas Usia Pengajuan Kartu kredit

Syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan kartu kredit bisa disesuaikan dengan kebijakan dari bank terkait. Adanya batasan usia minimum bertujuan untuk memastikan pemohon cakap dalam bertindak secara hukum, sementara usia maksimum untuk memastikan pemohon masih punya penghasilan secara rutin.

5. Verifikasi Data

Setelah menyiapkan dokumen wajib dalam pengajuan pembuatan kartu kredit, pihak bank akan menghubungi pemohon untuk verifikasi data, hal ini bertujuan untuk menghindari kartu kredit fiktif atau diberikan kepada orang lain yang tidak berhak.

Cara membuat kartu kredit

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Membuat Kartu Kredit Online dan Offline

Setelah mengetahui syarat yang harus diperhatikan sebelum membuat kartu kredit. Adapun cara membuat kartu kredit secara online dan offline dibawah ini.

1. Cara Membuat Kartu Kredit Online

Untuk membuat kartu kredit online, anda bisa mengunjungi website resmi bank yang dituju. Pada saat ini, setiap bank sudah punya layanan fasilitas untuk masyarakat yang akan mengajukan pembuatan kartu kredit melalui online.

Anda cukup buka website resmi bank tersebut, kemudian ikuti petunjuk cara pengajuan kartu kredit online. Biasanya anda disuruh mengisi formulir pengajuan sesuai dengan data identitas pemohon. Setelah itu, pihak bank akan menghubungi untuk proses verifikasi data.

2. Cara Membuat Kartu Kredit Offline

Cara membuat kartu kredit offline dengan mendatangi kantor bank terkait yang terdekat di wilayah anda, jangan lupa membawa dokumen lengkap yang diperlukan untuk proses pengajuan kartu kredit.

Adapun dokumen yang harus disiapkan adalah

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi NPWP
  • Slip gaji, penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  • Fotokopi tabungan (3 bulan terakhir)
  • Surat keterangan penghasilan dari perusahaan anda bekerja

Dalam proses verifikasi data baik pembuatan kartu kredit online maupun offline, biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Pihak bank nantinya akan menghubungi anda langsung, perihal pengajuan tersebut diterima atau tidak. Jika diterima, maka kartu kredit akan dikirim ke alamat anda yang tertera di dokumen pengajuan.

Manfaat Kartu Kredit

Apa sih manfaat punya kartu kredit? Kemudahan dalam transaksi tanpa uang tunai menjadi tren saat ini, namun penggunaan kartu kredit harus disikapi dengan hati-hati. Jangan sampai pengeluaran anda membengkak, apalagi harus menunggak pembayaran kartu kreditnya. Maka gunakan kartu kredit secara bijak.

Adapun manfaat kartu kredit sebagai berikut.

1. Banyak Promo Belanja dan Rewards

Dengan melakukan transaksi tertentu, bisa mendapatkan promo belanja dan reward. Misalnya promo penginapan, restoran hingga traveling.

2. Cicilan Bunga 0 Persen

Biasanya ada beberapa transaksi yang memberlakukan bunga 0 persen, maka biaya cicilan bisa dibayar tanpa bunga. Apalagi jika digabung dengan promo diskon belanja, bisa lebih hemat bukan?

3. Belanja Online Makin Gampang

Belanja online kini pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, tidak perlu lagi melakukan top up saldo. Anda cukup mengisi identitas diri dan memasukan informasi kartu kredit untuk melakukan pembayaran belanja online.

4. Kartu Kredit Untuk Dana Darurat

Kartu kredit bisa digunakan untuk keperluan darurat, bisa tarik tunai di ATM dengan fitur cash advance. Tapi setiap transaksi tarik tunai ada limitnya dan dikenakan biaya.

5. Kemudahan Transaksi di Luar Negeri

Kartu kredit bisa digunakan di luar negeri, anda tidak perlu menukar kan uang ke mata uang asing lagi. Hal ini berkat label Visa dan Mastercard kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi luar negeri.

Apakah anda berminat membuat kartu kredit? Cara membuat kartu kredit memang tidak mudah harus melalui proses pengajuan dengan syarat yang harus terpenuhi berdasarkan ketentuan yang berlaku. Pastikan anda memenuhi persyaratan tersebut agar pengajuan kartu kreditnya diterima

You may also like