Home Pinjaman Inilah Bantuan Modal Usaha Gratis untuk UMKM

Inilah Bantuan Modal Usaha Gratis untuk UMKM

by Greg Pascal
bantuan modal usaha

Dalam masa pandemi pemerintah memberikan bantuan modal usaha UMKM secara gratis. Bantuan ini disediakan sejak Agustus 2020 lalu dan sekarang masih terus dilanjutkan. Bantuan ini tentu sangat dinanti mengingat kondisi UMKM saat ini sedang mengalami kondisi yang sulit.

Selain itu, ada beberapa modal usaha lain yang bisa dimanfaatkan, baik secara gratis maupun dengan kredit yang ringan. Nah, apa saja modal usaha tersebut dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak secara lengkap disini!

Bantuan Usaha Gratis Saat Pandemi

Ada banyak sekali program bantuan modal usaha gratis dari pemerintah untuk masyarakat, termasuk para pelaku usaha. Nah berikut ini beberapa bantuan modal untuk pelaku usaha secara gratis dari pemerintah.

1. Banpres Produktif Usaha Mikro Rp 2,4 Juta

Saat ini UMKM bisa bernafas lega dengan adanya program dari pemerintah khususnya dari Kementerian Koperasi dan UKM. Pasalnya, ada bantuan sebesar Rp 2,4 juta yang disalurkan kepada UMKM di masa pandemi.

Cara untuk mendapatkannya terbilang mudah. Jika Anda adalah seorang pelaku UMKM, bisa ikuti cara ini:

1. Memiliki surat izin usaha perdagangan (SIUP)

Siup ini sekarang bisa didapatkan secara online. Anda akan mendapatkannya dengan mengakses www.oss.go.id. Ikuti langkah-langkah untuk membuat SIUP hingga selesai. 

2. Mengajukan Banpres Usaha Mikro (BPUM)

Bagi pelaku usaha, harus memiliki Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Persyaratan tersebut bisa diajukan dengan melengkapi NIK, nama lengkap, alamat sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon. Pengajuannya dilakukan dengan mendaftarkan diri melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM di masing-masing kota.

Tidak hanya Dinas Koperasi dan UKM, ada lembaga pengusul lain yang bisa membantu Anda mendapatkan banpres ini. Lembaga pengusul tersebut adalah:

  • Dinas Koperasi dan UKM
  • Koperasi
  • Kementerian atau lembaga
  • Perbankan

Setelah pengajuan kepada lembaga pengusul, Anda akan menunggu informasi melalui SMS yang dikirimkan langsung ke nomor telepon.

bantuan modal usaha

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Verifikasi ke bank penyalur

Langkah terakhir, setelah Anda mendapatkan informasi dari SMS, Anda harus verifikasi ke bank penyalur. Bank penyalur tersebut adalah BRI, BNI, dan Mandiri Syariah.

2. Program Kewirausahaan Sosial (Prokus)

Program ini diberikan kepada masyarakat yang sudah terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). Program dari Dinas Sosial ini senilai Rp 3,5 juta untuk pengembangan usaha.

Terkait dengan cara mendapatkan modal usaha dari Dinas Sosial ini harus memenuhi kriteria tertentu. Pertama adalah penerima merupakan masyarakat yang sudah terdaftar dalam PKH.

Kedua, penerima harus memiliki usaha mandiri. Seperti, kuliner, toko kelontong, penjahit, petani, peternak, dan lain sebagainya.

Penerima bantuan ini juga harus bersedia untuk mengikuti beberapa bimbingan dari Dinas Sosial dan bisa memanfaatkan konsultasi usaha. Sehingga pada akhirnya penerima bantuan ini akan mandiri.

Program Bantuan Modal Kredit

UMKM juga bisa mendapatkan bantuan modal kredit ringan dari pemerintah. Keuntungan dari pinjaman ini tentunya berupa suku bunga yang rendah dan plafon yang cukup besar.

Bantuan modal kredit ini merupakan kerjasama antara pemerintah dengan bank dan lembaga keuangan lainnya. Nah, apa saja bantuan modal kredit dari pemerintah yang bisa Anda manfaatkan?

1. Kredit Usaha Rakyat

Bantuan modal ini memiliki memiliki plafon yang cukup besar hingga Rp 500 juta. Untuk mendapatkan bantuan ini tentunya Anda harus memiliki usaha yang produktif, dan memiliki prospek besar dalam perkembangannya. 

Persyaratan lainnya juga dengan memberikan agunan sebagai jaminan modal. Agunan ini juga akan menentukan seberapa besar jumlah kredit yang bisa didapatkan.

Untuk mengajukan KUR ini bisa langsung menghubungi bank pemerintah, seperti BRI, BNI, Mandiri, dan lain sebagainya.

2. Program Kemitraan PKBL

Dana bantuan dari program ini merupakan bantuan yang diberikan oleh BUMN kepada masyarakat. Namun dalam perkembangannya program ini diambil alih oleh PT. PNM sebagai penyalur bantuan kredit usaha.

Persyaratan yang diajukan hampir sama dengan KUR. Anda bisa mengajukannya ke PT. PNM atau beberapa BUMN lain yang dekat dengan lokasi usaha. 

3. PNPM Mandiri

Program ini diberikan kepada warga yang memiliki usaha kecil, khususnya bagi warga miskin di suatu daerah. Untuk mendapatkannya diserahkan kepada musyawarah warga yang tergabung dalam PNPM Mandiri tersebut. Para anggota merupakan pihak pemerintahan desa dan beberapa warga yang diberikan tanggung jawab PNPM Mandiri.

Bantuan Modal Bukan Kredit

Bantuan bukan kredit ini dalam bentuk peralatan dan barang-barang lainnya yang bersifat produktif. Ada banyak lembaga yang menyediakan program ini, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM, dan lain sebagainya.

Beberapa barang yang bisa didapatkan sebagai bantuan usaha seperti, mesin jahit, alat sablon, tenda kaki lima, kulkas, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkannya bisa langsung mengajukan ke berbagai lembaga terkait.

Itulah bantuan modal usaha yang bisa dapatkan baik secara gratis maupun kredit. Banyak program dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan, sehingga usaha Anda bisa berkembang lebih baik lagi.

You may also like