Home Tips Inilah 8 Cara Membagi Uang Harian dengan Cermat

Inilah 8 Cara Membagi Uang Harian dengan Cermat

by Mas Abadi
uang harian

Mungkin sebagian orang yang mendapatkan penghasilan tetap tidak lagi merasakan kesulitan untuk mengelola keuangan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Sebab mereka dapat membaginya sesuai dengan porsi keperluannya yang biasanya tidak pernah berubah.

Tetapi, untuk orang pekerja harian dengan gaji tidak tetap, acapkali mengeluh sebab merasakan kesulitan untuk mengelola keuangannya. Bahkan, banyak juga diantaranya yang rela tidak menabung untuk mencukupi kebutuhan dan keinginannya. 

Padahal, Anda tahu sendiri bahwa menabung dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat di kemudian hari. Seperti, untuk dana masa depan, liburan, pensiun, pernikahan maupun saat ingin membeli barang yang disukai misalnya tas, sepatu, baju bahkan mobil dan rumah.

Apabila Anda pintar untuk mengelola keuangan, maka tidak lagi akan mengalami kesulitan. Untuk pekerja dengan gaji harian seperti ojek online, supir, pedagang dan lainnya, terdapat sejumlah cara untuk membagi uang harian yang dapat dilakukan pada kehidupan sehari-hari. Mari simak ulasannya berikut ini! 

Ketahui rata-rata penghasilan per harinya 

Apabila ingin mulai mengelola keuangan antara tabungan dan kebutuhan, lebih baik Anda ketahui dahulu jumlah dari rata-rata penghasilan harian yang bisa diperoleh. Meskipun hasil yang didapatkan berbeda-beda, pilihlah jumlah paling kecil yang menjadi patokan ketika mengelola keuangan dan sisanya dapat digunakan menjadi dana darurat. 

Contohnya, penghasilan yang bisa Anda dapatkan perhari antara Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu per harinya. Maka, pilih Rp 300 ribu menjadi patokan dan dari jumlah tersebut, Anda harus bisa membagi nya sesuai dengan kebutuhan dan juga tabungan. 

Buatlah daftar anggaran kebutuhan 

Wajib hukumnya untuk Anda yang ingin sukses mengelola keuangan dengan baik, yaitu dengan membuat daftar anggaran kebutuhan. Dengan membuat daftar ini bisa memudahkan Anda mengetahui pengalokasian uang gajian tersebut kemana saja. Saat membuat daftar anggaran ini, cobalah untuk membuatnya dibagi menjadi beberapa bagian, seperti tagihan bulanan, kebutuhan harian, tabungan dan transportasi. 

Setelah Anda mendapatkan gaji, Anda dapat langsung memisahkannya sesuai dengan kebutuhan yang terdapat di daftar anggaran keuangan yang telah dibuat. Sehingga uang yang keluar lebih teratur dan Anda tahu uang itu dipergunakan untuk apa saja. 

Niatkan untuk menabung 

Hal ini yang seringkali diabaikan oleh semua orang yaitu niat. Niat menjadi pondasi utama saat Anda ingin melakukan suatu hal, termasuk juga ketika Anda ingin menabung. Jika tidak ada niat, bagaimana keinginan Anda bisa tercapai? 

Misalnya, saat Anda ingin sekali membeli baju seharga Rp 500 ribu tetapi saat itu Anda hanya memiliki uang Rp 100 ribu saja. Karena Anda tidak ada niat untuk menabung, maka uang Anda juga tidak akan bertambah dan hasilnya Anda tidak akan bisa membeli baju tersebut. Berbeda jika Anda memiliki niat menabung dan melaksanakannya, sudah pasti Anda bisa mendapatkan baju tersebut. 

Memang terlihat sepele, namun hal ini dapat dijadikan sebagai pelajaran. Jadi, apalagi yang harus Anda tunggu? Segeralah niatkan menabung dan realisasikan, supaya apapun yang Anda inginkan bisa terwujud dengan cepat dan mudah. 

Tetapkan jumlah tabungan per harinya 

Jangan menunggu ada sisa uang dulu baru Anda memulai untuk menabung. Yakinlah, belum pasti uang tersebut bisa tersisa. Yang berarti, tanpa disadari Anda akan beli apapun yang diinginkan. Untuk itu, rubahlah cara buruk tersebut ke cara yang lebih baik. Tetapkan jumlah uang yang akan ditabungkan di awal saat Anda membuat daftar anggaran. 

Jadi, setelah mendapatkan penghasilan, segera untuk memisahkan uang tabungan sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Penentuan jumlah ini memang cukup sulit sebab penghasilan Anda yang tidak tetap. Sebagai solusinya, buat dua pilihan seperti, menabung minimal Rp 20 ribu dan maksimal Rp 40 ribu per harinya. 

Liat perbandingan harga setiap belanja 

Jika Anda ingin berbelanja, jangan terlalu buru-buru. Cobalah untuk melakukan survey lebih dulu di sejumlah toko perbelanjaan. Bandingkan harga dan kualitas dari baran yang ingin Anda beli. Selagi bisa memperoleh barang kebutuhan dengan harga yang lebih murah namun mempunyai kualitas bagus, mengapa tidak? 

Dengan demikian, pastinya Anda akan mendapatkan keuntungan yakni dapat lebih menghemat pengeluaran. 

Cari diskon 

Memanfaatkan diskon menjadi cara yang tepat saat Anda ingin berbelanja kebutuhan. Biasanya, terdapat salah satu tempat perbelanjaan yang mengadakan acara dengan banyak diskon di dalamnya. Anda dapat mencari informasi nya di banyak tempat perbelanjaan dengan menanyakan langsung ke pegawai atau bisa Anda lihat juga di internet atau media sosial yang digunakan oleh tempat perbelanjaan tersebut. 

Itu tadi ulasan mengenai cara membagi uang harian yang bisa Anda lakukan mulai saat ini. Jangan lupa untuk menahan godaan dan memprioritaskan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan ya. Selamat mencoba! 

You may also like