Home Karier Ini Dia Tugas dan Gaji Staff Administrasi di Perusahaan Besar di Indonesia!

Ini Dia Tugas dan Gaji Staff Administrasi di Perusahaan Besar di Indonesia!

by Mas Abadi
staff administrasi

Dunia pekerjaan memang banyak menyimpan misteri. Hal yang menjadi tolak ukur dalam pekerjaan yaitu kecepatan dan ketepatan yang wajib diikuti oleh seluruh pegawai. Salah satu situasi penting yang diperlukan dalam sebuah perusahaan yakni staff administrasi. Untuk itu, Yuk simak ulasan lebih dalam tentang job desk staff administrasi di perusahaan besar di Indonesia. 

Job desk staff administrasi 

Staff administrasi sudah menjadi posisi yang paling sering ditawarkan di berbagai lowongan pekerjaan. Lalu, tahukan Anda apa itu staff administras? 

Mereka mempunyai pekerjaan yang berhubungan dengan semua hal guna berlangsungnya penyebaran informasi khususnya di dalam perusahaan maupun untuk sistem pelayanan. Menjadi staff administrasi wajib mempunyai skill komunikasi yang bagus dan bisa bekerja dengan gesit. 

Sebenarnya untuk setiap job desk yang mereka miliki tergantung dari perusahaan, tetapi yang biasa nya dilakukan yaitu seperti membuat memo, menjawab telepon, dan mengecek serta menjaga file atau dokumen. Dibawah ini ulasan lengkapnya. 

  • Membuat dan menyalin arsip data 

Telah mutlak menjadi kewajiban untuk para staff administrasi menata data-data perusahaan secara baik dan benar. Data yang tertata dengan rapi bisa membuat para pegawai mudah untuk mendapatkan dan mengakses informasi. Tak heran bila setiap staff administrasi wajib mempunyai ketelitian yang baik. 

Pada umumnya masalah data memang termasuk dalam job desk yang harus dikerjakan jika menjadi staff administrasi. Tak jarang seorang staff administrasi diharuskan untuk menyalin setiap data guna kebutuhan arsip perusahaan. Seluruh dokumen penting wajib disimpan dengan baik. 

Jangan sampai ada dokumen atau data yang terlewat bahkan hilang, sebab jika data tersebut hilang dapat berakibat fatal dan tertundanya kegiatan perusahaan. Bukan hanya dokumen berbentuk teks saja, Anda juga wajib mengarsipkan seluruh data berbentuk gambar maupun foto. 

  • Memasukkan data perusahaan 

Bukan hanya sekedar membuat arsip dan menyalin dokumen saja, ada kalanya staff administrasi juga akan mendapatkan job desk meng-entry data. Rekap data tersebut penting dilakukan untuk melengkapi kebutuhan data perusahaan. Saat melakukan aktivitas tersebut, seorang staff administrasi harus memiliki konsentrasi yang tinggi supaya tidak ada kesalahan. Sebab jika terjadi kesalahan di proses ini dapat berakibat fatal. 

Selain itu, menjadi seorang staff administrasi juga harus memasukkan data seperti kritik dan saran supaya dapat mengambil tindakan sesuai dengan masalah yang terjadi. 

  • Membuat agenda kantor

Pekerjaan, fungsi, gaji dan job desk staff administrasi semua hal tersebut tergantung pada perintah dari atasan langsung. Inilah yang menjadikan seorang staff administrasi harus luwes dan Anda juga akan diminta untuk menjalankan kegiatan apapun. 

Ada sebuah kegiatan yang menjadi salah satu tanggung jawab dari staff administrasi yaitu membuat agenda kantor. Saat melakukan pekerjaan tersebut staff admin dituntut untuk teliti dan memastikan jika tidak ada agenda perusahaan yang bertabrakan satu sama lainnya. 

Pemimpin perusahaan tentunya mempunyai banyak rapat penting, oleh sebab itu staff admin wajib memastikan kembali jika setiap agenda bisa dilaksanakan dengan lancar. Melihat banyak tanggung jawab penting yang akan ditanggung, untuk itu umumnya posisi staff administrasi tidak cuma diisi dengan satu orang saja. 

Besarnya cakupan tugas membutuhkan banyak orang untuk menanganinya. Jika semua kegiatan tersebut dilakukan seorang diri tanpa adanya pembagian tugas, maka tugas tersebut sangatlah memberatkan. 

  • Menyiapkan anggaran biaya kegiatan kerja dan akomodasi

Saat pemimpin perusahaan akan melakukan pertemuan atau kegiatan di luar kantor, umumnya sekretaris akan memberi kabar kepada staff admin untuk menyiapkan semua kebutuhannya. Saat sekretaris merancang berbagai berkas, maka staff admin harus menyiapkan akomodasinya. 

Tidak jarang jika pada acara besar perusahaan ada andil dari staff admin. Anda akan menjadi penghubung lidah antar divisi. Tak jarang juga staff admin ikut dalam penyusunan rancangan biaya supaya setiap kegiatan dapat terkelola dengan baik. Melihat dari ulasan tersebut, tentunya staff admin harus memiliki kemampuan yang luar biasa. 

Besaran gaji staff administrasi 

Sama halnya dengan jobdesk, perihal gaji juga kembali lagi kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Gaji bisa semakin besar jika Anda bekerja di perusahaan besar, begitu pula sebaliknya. 

Tidak hanya mengenai seberapa besar perusahaan saja, ada hal yang mempengaruhi jumlah gaji yaitu lokasi dari perusahaan tersebut dan juga pendidikan yang Anda miliki. Semakin tinggi gelar pendidikan yang Anda miliki, gaji yang didapatkan bisa semakin besar. 

Berdasarkan beberapa survey, besarnya nominal gaji staff administrasi di kota besar yang ada di Indonesia ini diperkirakan mencapai Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Tentunya jumlah tersebut sangat bervariasi dan tidak dapat menjadi patokan. Untuk informasi mengenai gaji ini dapat Anda tanyakan ke pihak HRD saat pertama kali melakukan interview. 

 

You may also like