Home Pinjaman Ini dia sejumlah resiko pinjaman online yang wajib dipelajari

Ini dia sejumlah resiko pinjaman online yang wajib dipelajari

by Mas Abadi

Tidak ada di dunia ini yang tidak berisiko, termasuk pinjaman uang  online. Ada baiknya untuk memahami risiko pinjaman online sebelum mengajukan pinjaman. Resikonya semakin besar jika Anda tidak membayar cicilan tepat waktu.

Pinjaman online menjadi pilihan populer untuk kebutuhan sehari-hari atau sebagai pilihan cicilan. Tidak bisa dipungkiri, cara ini memang nyaman dan tidak membutuhkan banyak persyaratan. Anda hanya perlu menggunakan smartphone untuk mendapatkan pinjaman  online. 

Apa risiko pinjaman online? Selain kecepatan dan kemudahan, pinjaman online 

Juga memiliki beberapa risiko yang harus diwaspadai nasabah. Semua risiko tersebut dapat diatasi jika Anda mengelola pinjaman online dengan baik. Apa  risiko pinjaman online jika kita tidak menggunakannya dengan benar?akumulasi bunga 

Lembaga pinjaman online harus memiliki batas bunga 0,4 persen per hari agar tidak membebani nasabah. Jumlah ini tentu kecil, tetapi menjadi besar karena terakumulasi dari waktu ke waktu. Dengan asumsi Anda memiliki jangka waktu 1 bulan, akumulasi bunga pada saat pembayaran adalah 12 persen (30 x 0,4 persen). 

Kebocoran data 

Risiko ini terdengar di mana-mana dan Anda harus menyadarinya. Risiko ini biasanya muncul ketika Anda menggunakan aplikasi pinjaman online ilegal. Mereka mengakses data berupa nomor kontak di ponsel Anda dan akan menghubungi Anda jika Anda gagal membayar utang tepat waktu. 

Biasanya teror ini dilakukan oleh lembaga pinjaman online yang tidak diatur oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Teror ini dan risiko kebocoran data sebelumnya membuat kehidupan pribadi nasabah pinjaman online tidak nyaman dan memalukan. 

Tercatat di daftar hitam/ blacklist OJK 

Dokumen yang dimasukkan dalam aplikasi fintech berguna bagi penyedia pinjaman online untuk mengetahui identitas nasabah. Jika Anda tidak dapat membayar cicilan utang Anda, bersiaplah untuk dilaporkan ke OJK dan masuk daftar hitam. Risiko ini memiliki ekor yang panjang dan Anda tidak akan mendapatkan pinjaman  dari lembaga keuangan manapun karena nilai kredit Anda yang buruk. 

Waktu pencairan dana 

Risiko ini muncul ketika Anda mengharapkan pencairan dana cepat  dari pinjaman online. Selain lama pembayaran, ada juga nasabah yang belum memiliki kepastian pengajuan pinjamannya akan disetujui. Anda harus mengatasi risiko ini dan mencari tahu berapa lama subsidi akan dibayarkan, terutama jika menyangkut perusahaan pembiayaan yang sangat membutuhkan uang cepat. 

Biaya administrasi 

Selain bunga, pelanggan dapat dikenakan denda keterlambatan atau biaya keterlambatan jika angsuran tidak dibayar tepat waktu.jumlah angsuran dapat melebihi batas atau jumlah pokok pinjaman semula. Hindari risiko ini dengan meminta transparansi tentang biaya keterlambatan dan berusaha untuk tidak gagal bayar dalam pembayaran pinjaman. 

Batas pinjaman rendah 

Jika Anda ingin meminjam uang dalam jumlah besar, hal pertama yang harus Anda waspadai adalah risiko ini. Batas kredit, terutama yang tanpa agunan, biasanya cukup rendah dan hanya dapat ditingkatkan jika nasabah telah melakukan beberapa kali pinjaman. 

Alhasil, banyak orang yang meminjam uang dari berbagai aplikasi pinjaman online untuk mengumpulkan uang saat dibutuhkan.tidak ada transparansi. Karena  online, informasi yang disampaikan tentang pinjaman online terkadang cenderung tidak lengkap. 

Biasanya informasi ini tentang angsuran yang harus dibayar, itulah sebabnya dana pembayaran sering berkurang atau jumlah angsuran meningkat. Anda harus kritis dan bertanya tentang biaya dan hak yang akan Anda dapatkan sebelum mengajukan pinjaman online. 

Jangka pendek 

Jangka waktu adalah jangka waktu pinjaman yang disepakati antara debitur dan kreditur. Selama  waktu ini Anda harus membayar cicilan bulanan.singkatnya, jangka waktu adalah jangka waktu angsuran pinjaman yang  disetujui oleh peminjam dan mereka adalah perusahaan fintech. 

Suku bunga pinjaman jangka pendek biasanya lebih tinggi daripada pinjaman jangka panjang. Jangka waktu pelunasan sangat penting karena mempengaruhi jumlah angsuran yang harus dibayar setiap bulannya dalam jangka waktu tersebut. 

Investasi bodong 

Investasi penipuan berarti penipuan investasi. Ini adalah investasi ilegal yang  telah berlangsung selama berbulan-bulan.secara umum, investasi palsu lebih rentan terhadap serangan investor. Tapi itu juga penting bagi debitur. 

Kita harus memastikan bahwa tempat di mana pinjaman itu diambil adalah tempat yang resmi. Karena kalau tidak resmi pasti masuk dalam kategori investasi curang. Salah satu cara untuk menghindari penipuan investasi adalah dengan mengecek apakah perusahaan fintech lending tersebut terdaftar di OJK atau tidak. Risiko penalti pinjaman online untuk pelunasan lebih awal 

Tidak berlaku untuk semua perusahaan fintech lending. Semua syarat dan ketentuan berbeda untuk setiap perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang mengenakan penalti pada peminjam yang membayar di muka pinjaman, tetapi beberapa tidak. Pastikan untuk membaca perjanjian pinjaman online dengan cermat sebelum Anda mengambil pinjaman.

You may also like