Home Investasi Ini dia Pilihan Instrumen Investasi yang Pas untuk yang Berpenghasilan tidak Tetap

Ini dia Pilihan Instrumen Investasi yang Pas untuk yang Berpenghasilan tidak Tetap

by Mas Abadi

Usaha untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, investasi menjadi solusi yang umumnya diambil. Dengan berinvestasi, Anda dapat memperoleh keuntungan dari return  atau bunga. Semakin Anda sadar pentingnya berinvestasi, maka Anda pun semakin dekat dengan tujuan finansial yang sudah dibuat.

Apabila sekarang Anda belum mempunyai investasi, masih ada waktu untuk segera memulainya. Namun, sebelumnya Anda harus mengenal jenis-jenis instrumen investasi yang pas untuk pemula dengan penghasilan yang belum tetap. Yuk, simak ulasanya supaya Anda dapat memilih instrumen dengan tepat.

Pilihan Instrumen Investasi untuk Pemula

Untuk pemula, sangat wajar bila Anda bingung untuk memilih instrumen investasi. Nah, berikut ini pilihan instrumen untuk pemula yang cocok. Anda dapat mempertimbangkan salah satu instrumen di bawah ini.

  • Deposito

Deposito adalah sebuah instrumen berjangka pendek yang semua bank miliki. Sistemnya mirip dengan menabung di bank, namun tidak dapat diambil tiba-tiba sebab terdapat jangka waktu tertentu yang telah disepakati untuk mengambil uang ini.

Anda bisa menentukan jangka waktu tersebut sesuai dengan keinginan, mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan. Dengan menyimpan dana pada jangka waktu tertentu di instrumen investasi ini, Anda dapat memperoleh keuntungan mulai dari 5% sampai 8% per tahunnya.

Lalu, uang itu pun harus ada di bank. Bila Anda ingin mengambil uangnya sebelum tanggal jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan denda. Deposito menjadi salah satu instrumen yang banyak dipilih masyarakat sebab resikonya sangat rendah.

  • Emas batangan

Apabila deposito adalah instrumen untuk jangka pendek, emas batangan merupakan investasi jangka panjang untuk pemula yang masih bingung berinvestasi. Sebab investasi ini mempunyai resiko yang sangat rendah dan harganya nya juga stabil atau bahkan bisa naik melonjak.

Emas batangan salah satu dari logam mulia, yang menjadi instrumen investasi paling banyak diminati oleh orang tua. Sejak dahulu, masyarakat telah berinvestasi pada emas. Bahkan, emas telah menjadi simbol kekayaan sejak dahulu.

  • Saving bonds ritel

Biasa dikenal dengan SBR yang merupakan surat utang yang terbit dari negara. Apabila Anda berinvestasi di instrumen yang satu ini, maka Anda menjadi pemberi pinjaman pada pemerintah. SBR juga masuk dalam investasi jangka pendek yang memiliki resiko sangat kecil.

Hal tersebut sebab SBR ditanggung negara. Minimal modal yang diperlukan yaitu Rp 100 ribu dan bunga yang diberikan sebesar 6,3% per tahunnya. Untuk jangka waktu SBR yaitu selama 2 tahun saja. Tetapi, Anda pun dapat mencairkan uang lebih cepat dengan menggunakan fasilitas “Early Redemption”.

Jika dalam bahasa Indonesianya, SBR merupakan Surat Berharga Negara. Anda dapat berinvestasi di SBN secara online, lho. Apakah Anda berminat? Bila iya, Anda dapat langsung berkunjung ke website Kemenkeu untuk memperoleh informasi lebih detail.

  • Reksa dana

Pilihan instrumen investasi selanjutnya yang bisa Anda pilih yaitu reksa dana. Reksa dana adalah salah satu jenis instrumen paling banyak diminati oleh para pemula. Ini sebab terdapat Manajer Investasi (MI) yang akan membantu Anda untuk mengelola dana.

Dengan demikian, Anda tidak harus memikirkan kemana uang Anda perlu diletakkan untuk memperoleh keuntungan. Anda bisa menggunakan reksa dana pasar uang yang termasuk investasi jangka pendek yang resikonya rendah.

Dengan reksa dana pasar uang ini uang yang Anda miliki akan seluruhnya disalurkan pada obligasi atau SBI (Surat Bank Indonesia). Apabila mempunyai profil moderat atau konservatif, maka RDPU cocok sekali untuk Anda. Selain itu, RDPU merupakan investasi secara online yang mudah dilakukan.

Saat ini banyak sekali aplikasi yang dapat Anda unduh di smartphone untuk berinvestasi. Minimal dana yang diperlukan untuk melakukan investasi pada RDPU hanya sebesar Rp 100 ribu saja.

  • P2P Lending

Tidak hanya RDPU saja, P2P Lending juga bisa Anda manfaatkan untuk memulai investasi dan menjadi investasi online yang banyak dipilih oleh kalangan muda. Sebab, masih terbilang baru, jenis investasi yang satu ini banyak menarik para investor.

Dengan berinvestasi di P2P Lending ini Anda dapat membantu modal untuk para UMKM yang ada di Indonesia. Ini sebab uang Anda akan disalurkan dengan bentuk pinjaman guna modal bisnis. Saat ingin menjadikan instrumen ini sebagai investasi, maka Anda perlu memilih P2P Lending yang telah memiliki izin dan terdaftar di OJK.

Ketika Anda ingin berinvestasi, Anda harus memperhatikan banyak hal, seperti jangka waktunya. Menurut jangka waktu tersebut, maka investasi terbagi pada 2 kelompok besar, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Demikianlah, beberapa pilihan instrumen investasi yang cocok untuk Anda yang memiliki pendapatan tidak tetap. Tidak perlu berkecil hati karena pendapatan yang tidak menentu, investasi sedikit tetapi rutin, maka akan membuahkan hasil yang banyak. Selamat mencoba!

You may also like