Home Tips Ini Dia Metode Ampuh Biar Akhir Tahun Nggak Bokek

Ini Dia Metode Ampuh Biar Akhir Tahun Nggak Bokek

by Mas Abadi

Setiap kali menjelang akhir tahun, selalu saja ada begitu banyak godaan dan pastinya akan menguras isi dompet Anda. Jadi, ada baiknya mulai sekarang, Anda mengagendakan terlebih dahulu apa saja yang Akan dilakukan ketika akhir tahun.

Hari libur di akhir akhir cukup panjang dan rasanya tidak afdol bila hanya diam di rumah sambil nonton televisi, pastinya Anda ingin melakukan satu atau hal bersama keluarga atau sahabat. Selain libur panjang, ada pula Harbolnas, ini biasanya godaan untuk para wanita karena akan ada begitu banyak promo di e-commerce kesayangan.

Tips Agar Akhir Tahun Tidak Bokek

Namun, di masa sekarang walau Presiden telah memutuskan bila pandemi sudah berakhir. Tetapi, perekonomian masihlah belum banyak yang kembali seperti sediakala. Anda pastinya harus kembali memperhitungkan anggaran untuk akhir tahun.

Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan menjelang akhir tahun, supaya tidak bokek dan tabungan tetap aman dari penggunaan yang berlebihan. Silahkan simak tips-tips yang akan dibagikan, yaitu :

  • Ajaklah keluarga atau pasangan mengobrol tentang kondisi finansial

Bulan Desember selalu menjadi momen yang baik dalam hal mengevaluasi keuangan pribadi, keluarga dan juga pasangan. Karena dengan begitu Anda bisa mengecek apakah di tahun tersebut Anda berhasil meraih target atau sebaliknya. Bagaimana dengan dana darurat, pengeluaran tidak terduga, investasi yang dijalankan dan lain sebagainya.

Ajaklah keluarga atau pasangan Anda membicarakan tentang kondisi finansial tersebut. Komunikasikan secara mendetail mengenai perencanaan untuk tahun berikutnya. Mintalah mereka untuk lebih memahami kondisi ekonomi keluarga, apabila memang di tahun yang lalu sudah terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak termasuk dalam kebutuhan mendesak.

Mintalah pasangan Anda untuk bisa lebih meminimalkan pengeluaran yang menyangkut kebutuhan rumah dan rencanakanlah dari awal bila memang ingin berlibur pada masa-masa tertentu. Misalnya saat anak-anak libur sekolah atau ada cuti bersama, buat sekalian anggarannya agar sejak awal bisa disisihkan.

  • Menyisihkan anggaran untuk Harbolnas

Apabila Anda termasuk orang yang tidak dapat menahan godaan Harbolnas, sebaiknya mulai saat ini Anda menyisihkan uang untuk hal tersebut. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu produk apa saja yang akan dibeli dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi, Anda tidak boleh membeli sembarangan dan aji mumpung karena harganya sedang murah. Buatlah list dan perhitungan harga-harga dari produk-produk tersebut, supaya Anda bisa menyisihkan uang dan tinggal membelinya ketika Harbolnas berlangsung.

  • Cek, kemudian bandingkan setiap promo yang ada

Dengan begitu banyaknya platform sosial media serta marketplace, sudah pasti Anda harus dapat membandingkan harga dari produk-produk yang ada disana. Karena pastinya promo yang mereka berikan untuk para pelanggannya berbeda-beda.

Misalnya, pada marketplace orange harga sepatu incaran Anda adalah Rp 250.000 dan setelah diskon menjadi Rp 125.000, serta memperoleh bebas biaya pengiriman. Kemudian, di marketplace hijau sepatu tersebut  memiliki harga dan diskon yang sama. Tetapi Anda dibebankan ongkos pengiriman, kira-kira yang mana pilihan Anda?

  • Sebaiknya tunda perjalanan ke luar pulau atau luar negeri

Liburan di akhir tahun itu memang menyenangkan. Namun, di masa saat ini walau sudah berubah menjadi endemi Anda tetap harus berhati-hati. Jadi, jika berencana untuk berlibur ke luar pulau atau luar negeri.

Ada baiknya ditunda terlebih dahulu dan alihkan ke dalam kota atau di provinsi yang sama terlebih dahulu. Karena sebenarnya, walau masih di dalam provinsi pastinya ada lokasi-lokasi tertentu yang bisa dijadikan sebagai tempat berlibur dan sudah pasti anggarannya bisa menjadi lebih murah.

  • Berilah contoh kepada anak untuk disiplin bisa sudah memiliki rencana

Apabila Anda merupakan orang tua yang memiliki anak, maka Anda dapat mempertimbangkan dan mengevaluasi segala kebutuhan keluarga seperti yang sudah disepakati secara bersama-sama dibandingkan tergoda untuk membeli produk yang sedang promo.

Sebagai seorang kepala keluarga, Anda dapat mengevaluasi barang apa saja yang ingin dibeli oleh anak, istri maupun anggota keluarga lainnya. Karena memang, biasanya ayah merupakan benteng terakhir ketika akan membayar belanjaan.

  • Mempersiapkan dana darurat

Agar keuangan Anda tetap aman, tentunya harus bisa memaksa diri sendiri supaya dapat menyisihkan penghasilan yang Anda miliki untuk dijadikan sebagai dana darurat. Dimana anggaran ini sangatlah penting untuk Anda ketika sedang tidak mempunyai uang.

Selain itu, dengan Anda mempunyai dana darurat dapat membantu agar terjauhkan dari kebiasaan berhutang. Karena pada dasarnya tidak ada satupun orang yang akan mengetahui bagaimana hidupnya di masa mendatang.

Demikianlah tips bagi Anda supaya tidak bokek di akhir tahun dan tetap bisa menikmati liburan. Intinya Anda harus terlebih dahulu membuat anggaran, supaya dapat menikmati akhir tahun tanpa merasa bingung karena kehabisan uang.

You may also like