Home Perencanaan Ini dia Komponen Biaya Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Merawat Anabul

Ini dia Komponen Biaya Penting yang Harus Dipersiapkan untuk Merawat Anabul

by Mas Abadi

Memelihara hewan bisa memberi banyak manfaat untuk Anda. Kegiatan ini bisa melatih seseorang menjadi individu yang disiplin serta bertanggung jawab. Tidak hanya itu saja, memelihara hewan terbukti dapat mengurangi tingkat stress sehingga menjadi lebih baik dari sisi kesehatan. Salah satu binatang peliharaan anabul paling populer yang dapat menjadi pilihan paling tepat untuk Anda yakni kucing.

Memelihara kucing tergolong mudah. Begitu banyak tutorial di internet atau dimanapun yang bisa dijadikan panduan sebab kucing adalah hewan peliharaan paling populer khususnya di Indonesia. Jika Anda memiliki rencana memelihara anabul seperti kucing, berikut ini beberapa hal penting yang perlu Anda persiapkan.

Langkah Efektif Merawat Anabul

1.       Membuat Daftar Belanja

Baru akan memelihara seekor kucing hampir serupa dengan mempunyai bayi manusia. Akan tetapi pada kasus kucing, tentu Anda harus menyiapkan kotak yang akan diisi pasir untuk kucing. Terdapat beberapa komponen yang harus dibeli atau dikumpulkan, sehingga kucing tersebut merasa sebagai anggota keluarga.

Segeralah berbelanja sebelum kucing tersebut mulai tinggal bersama Anda. Ini bisa meminimalisir stres pada kucing nantinya. Beberapa hal yang juga harus disiapkan seperti makanan kucing, bak atau kotak tempat dia buang air, tempat menghidangkan makanan serta minum, alat perawatan, mainan, tempat tidur, hingga tas yang bisa digunakan untuk membawanya bepergian.

Selain menyiapkan makan dan minum, kota pasir juga sangat penting demi menjaga kesehatan dan memberi kenyaman pada kucing.

2.       Mempersiapkan Ruangan yang Aman

Ruang yang aman bagi kucing tak perlu memberi ruangan terpisah, bisa menaruhnya di sebuah lemari kosong, bagian sudut ruangan atau di bagian rumah sekiranya bisa muat untuk menaruh kucing beserta peralatan.

Hal paling penting yakni kucing Anda mempunyai tempat untuk dia beristirahat atau bisa dikatakan rumah untuknya. Kucing dapat memilih untuk dia bersembunyi atau bergaul oleh pemilik rumah. Akan membutuhkan beberapa waktu untuk si kucing beradaptasi oleh Anda dan lingkungan barunya.

Sediakan tempat yang memang khusus untuk kucing tidur dan pastikan tempat tersebut senyaman mungkin. Dimana selain nyaman, tempat tidur tersebut mudah dicuci, serta cukup  lua bagi kucing dewasa agar bisa meringkuk dengan leluasa.

3.       Kunjungan ke Dokter Hewan

Kunjungan ke dokter hewan merupakan salah satu hal penting dalam merawat kucing peliharaan. Anda harus mempertimbangkan pemberian vaksin terhadap kucing. Selain itu Anda juga dapat memilih untuk membuang cakar kucing. Melakukan konsultasi ke dokter hewan sangat perlu dilakukan demi kelangsungan dan kesehatan kucing Anda.

4.       Makanan Kucing

Asupan yang dimakan kucil pada awal hidupnya akan sangat menentukan kesehatan serta kesejahteraan hidupnya. Kesadaran Anda terkait bahan asupan kucing bukan hanya memastikan usia kucing saja, namun juga kualitas pada kucing itu sendiri, baik dari polanya hingga kesehatannya. Anda harus memastikan membaca keterangan pada makanan kucing agar mengetahui kandungan apa yang ada pada makanan tersebut.

Setelah itu Anda perlu meninjau untuk beberapa waktu kedepan hingga sudah benar-benar aman terhadap pengetahuan yang Anda terapkan tersebut kepada kucing. Pemberian air bersih juga penting bagi kesehatan kucing, walaupun kucing adalah keturunan binatang gurun, kucing tetap terhidrasi selalu.

Soal minumannya, kucing lebih menyukai air bersih mengalir serta segar.  Sementara soal makannya, kucing kecil memerlukan lebih banyak protein dan lemak dibandingkan oleh kucing besar. Maka dari itu, Anda harus mengetahui hal tersebut agar kucing selalu sehat dan riang setiap hari.

5.       Alat Perawatan Kucing

Saat perawatan merupakan waktu paling tepat antara Anda dan kucing baru menjalin ikatan. Pilihlah sisiran yang bergigi rapat serta sikat jepitan untuk membersihkan seluruh badannya. Apabila punya, gunakanlah pemotong kuku khusus untuk kucing, karena jelas itu akan jauh lebih mudah dan nyaman bila dilakukan kepada kucing. Lalu, bila Anda sudah memotong kuku kucing kecil tersebut di awal, maka akan mempermudah pekerjaan ketika dia sudah dewasa.

6.       Bermain oleh Kucing

Menyempatkan waktu bermain oleh kucing merupakan jalinan ikatan batin antara Anda dan kucing peliharaan. Kucing sangat suka bermain apalagi usianya masih kecil. Sebelum Anda memiliki niat untuk membelikan mainan kucing, Anda bisa mengkreasikan sendiri dengan membuat mainan dari benda yang tersedia di rumah, seperti plastik hitam atau bulu-bulu dari kemoceng.

Begitu banyak benda yang bisa dijadikan mainan untuk kucing. Karena kucing kecil sangat mudah tergoda dengan benda yang bergerak, apalagi benda tersebut berukuran lebih kecil darinya. Kucing biasanya akan selalu mengejar mainanya dan sangat interaktif. Kondisi ini bisa mewakilkan bahwa kucing peliharaan Anda sangat sehat dan tidak stress.

Jika diperlukan, Anda bisa sekali-sekali mengajaknya keluar rumah untuk sekedar memberinya udara segar atau paparan sinar matahari langsung. Pagi atau sore hari adalah waktu yang tepat mengajak kucing bermain di luar.

You may also like