Home Tips Ini Dia Cara Praktis Cek Rekening Penipu Secara Online

Ini Dia Cara Praktis Cek Rekening Penipu Secara Online

by admin

Perlu diakui bahwa penipuan online masing sangat sulit untuk diberantas. Modusnya pun semakin beragam sehingga masyarakat mudah dibuat lengah dan menjadi korban. Kerugian yang harus ditanggung para korban pun tak main-main, nilainya ada yang mencapai puluhan juta rupiah.  

Aduan kasus penipuan yang diterima oleh Kementerian Kominfo, setiap tahunnya tercatat lebih dari 100 ribu kasus. Laporan tersebut mayoritas berasal dari kasus penipuan transaksi jual beli secara online. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, semakin memudahkan para pelaku untuk melancarkan aksinya.

Mereka memanfaatkan situs belanja online atau e-commerce, di mana platform tersebut memang banyak digunakan masyarakat karena aksesibilitasnya yang mudah. Modusnya bermacam-macam, ada yang meminta calon korban untuk melakukan transaksi di luar e-commerce. Modus lainnya yaitu barang yang dikirim tidak sesuai bahkan para pelaku sengaja mengirimkan kardusnya saja tanpa isi. 

Banyak juga yang mengalami kasus penipuan dengan modus undian berhadiah yang meminta para korbannya membayar pajak atau biaya administrasi. Jumlah uangnya akan mereka tentukan dengan menyertakan “kode unik”. 

Saat ini, berbagai modus baru malah terus bermunculan dan sangat meresahkan. Masyarakat dihimbau untuk hati-hati dan lebih teliti sebelum melakukan transaksi jual beli, terutama secara online. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengecek rekening penipu sebelum bertransaksi. Dan berikut kami berikan cara-caranya untuk cek rekening penipu secara online.

Inilah Cara-cara yang Praktis untuk Cek Rekening Penipu

Sebelum bertransaksi, sebaiknya lakukan checking terhadap rekening penipu. Ini termasuk tindakan yang preventif agar bisa terhindar dari segala tindak penipuan. Banyak sekali korban yang terkecoh dengan penipu karena mengatasnamakan perusahaan besar maupun instansi. Sehingga korban begitu mudahnya percaya dengan oknum penipuan dan tidak berpikir dua kali untuk melakukan transaksi pembayaran.  

Jika ditemukan kecurigaan, sebaiknya Anda segera mengecek rekening yang bersangkutan untuk mengetahuinya. Dan inilah keempat cara yang bisa Anda lakukan, yakni sebagai berikut :

1. Melalui Cek Rekening by Kemkominfo

Tahapan pertama yang mesti dilakukan yaitu membuka situs resmi www.cekrekening.id. Kemudian ikuti langkah berikut ini:

  • Pada halaman muka, pilih Periksa Rekening
  • Pilih jenis akunnya, Bank atau e-wallet
  • Isi nomor rekening bank atau nomor virtual account (jika e-wallet)
  • Klik “Cek Sekarang”
  • Jika terindikasi penipuan, Anda bisa klik “Tambah Laporan”
  • Isilah formulir yang diminta sebagai syarat pelaporan

Di situs ini, pemilik rekening bisa mendaftarkan rekeningnya agar tidak termasuk dalam daftar rekening penipu melalui proses verifikasi data. Dan bagi Anda yang sudah terlanjur menjadi korban penipuan juga bisa melaporkannya melalui situs ini. Pada halaman muka pilih “Laporkan Rekening” kemudian isi formulir seperti Data Rekening, Biodata Terlapor, Biodata Pelapor, Kronologi dan Upload Bukti Kronologi.

Jika menemui kendala, Anda bisa menghubungi kontak whatsapp 08118331316 atau email cekrekening@kominfo.go.id serta melalui akun media sosial resmi.

2. Melalui Situs Resmi Kredibel

Anda bisa mengecek rekening penipu dan melaporkannya melalui Kredibel dengan tahapan sebagai berikut :

  • Buka situs resmi www.kredibel.co.id
  • Pada halaman muka masukkan nomor rekening atau nomor telepon yang dicurigai
  • Kemudian klik “Cari”
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor tersebut, apakah termasuk dalam dalam daftar penipu atau bukan

Pada halaman pencarian, Anda juga bisa menemukan berbagai ulasan dari pengguna kredibel yang pernah menjadi korban penipuan atas nomor tersebut. Untuk melaporkan nomor rekening atau nomor telepon penipu, Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini :

  • Daftar akun Kredibel kemudian Login
  • Atau Anda bisa langsung login menggunakan akun Facebook maupun akun Google yang sudah dimiliki
  • Isi form laporan 
  • Kemudian klik tombol “Laporkan”

Selain nomor rekening, Anda bisa menemukan berbagai ulasan pengguna kredibel terhadap  bisnis yang telah terdaftar. Anda pun bisa mendaftarkan bisnis Anda untuk membangun kepercayaan pelanggan. 

3. Melalui Instagram

Untuk cek rekening yang dicurigai tidak hanya melalui kedua situs di atas namun juga media sosial yakni Instagram. Caranya bagaimana ? Anda cukup membuka akun Instagram @indonesiablacklist. Kemudian carilah daftar nomor rekening yang bersangkutan pada akun tersebut. Mudah, bukan ?

Anda juga bisa melaporkan rekening penipu, jika memang belum ada di daftar yang akun tersebut. Hubungi admin melalui direct message atau kontak whatsapp yang tertera. Dan Anda bisa menceritakan kronologi atau kejadian yang dialami lengkap dengan informasi pelaku tindak penipuan. Selain itu, akun ini juga memberikan mediasi kepada para korban penipuan. Banyak yang akhirnya bisa mendapatkan uangnya kembali karena bantuan akun @indonesiablacklist.

Itulah tadi tiga cara praktis untuk mengecek rekening penipu dan melaporkannya. Sebaiknya sebelum melakukan transaksi apapun, terutama yang memang mencurigakan pastikan terlebih dahulu kredibilitas nomor rekening yang dituju. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari tindak penipuan. 

You may also like