Home Tips Ini Dia Cara Dapat Uang dari Tiktok untuk Pemula, Influencer dan Profesional

Ini Dia Cara Dapat Uang dari Tiktok untuk Pemula, Influencer dan Profesional

by Mas Abadi
cara dapat uang dari Tiktok

Bagaimana caranya agar dapat menghasilkan uang dari TikTok? Pertanyaan ini belakangan sering sekali dilontarkan oleh para pengguna aplikasi ini. Platform yang semula memiliki nama Douyin tersebut, pertama kali masuk ke Indonesia adalah pada bulan September tahun 2017 lalu.

Sekarang aplikasi TikTok dikenal sebagai platform populer dan dikenal dapat memberikan penghasilan yang cukup banyak secara online. Pemasaran influencer merupakan alasan utama mengapa banyak sekali orang bisa menghasilkan uang melalui aplikasi ini.

Dengan menggunakan sistem pemasaran tersebut para influencer bisa mempengaruhi pengguna TikTok lain agar menghasilkan pundi-pundi uang dari platform video pendek ini. Apalagi di masa Covid-19 sekarang ini, terjadi kenaikan yang sangat signifikan pada pengguna aplikasi TikTok. Bahkan angkanya cukup mencengangkan, yaitu 22,2 juta per Agustus 2020 lalu dan hanya di Indonesia.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Agar Anda bisa mendapatkan uang dari Aplikasi TikTok, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti berikut :

  • Influencer Marketing

Anda pastinya telah mengenal istilah pemasaran yang banyak digunakan pada semua platform sosial media. Konsep pemasaran adalah bekerja sama dengan sebuah perusahaan atau pelaku bisnis yang membayar jasa dari influencer agar dapat mempengaruhi masyarakat untuk mempromosikan sesuatu. Promo dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan kepopuleran dari seorang influencer.

  • Live dan Payout Coin

Cara untuk mendapatkan uang selanjutnya adalah dengan menghimpun donasi dari para viewers ketika Anda menggunakan fitur spesial milik TikTok, yaitu Live Streaming. Cara ini sangat efisien apabila followers atau pengikut Anda sudah banyak.

Buatlah konten yang dapat menarik minat banyak pengguna lain. Biasanya para viewers akan memberikan apresiasi kepada Anda dengan mengirimkan sticker gift yang nantinya dapat ditukarkan atau dicairkan menjadi uang.

  • Jasa Pengelola Akun

Langkah selanjutnya adalah dengan menjadi seorang TikTok Manager. Maksudnya, Anda mengelola akun dari seorang content creator atau influencer yang sedang naik daun dan membantunya untuk dapat berkembang.

Nantinya Anda akan bertugas untuk menjembatani influencer tersebut dengan brand atau sebuah perusahaan yang berminat menggunakan jasa dari akun creator, melalui cara inilah Anda bisa mendapatkan komisi.

Jika Anda mengerti tentang marketing, maka pekerjaan ini sangatlah cocok. Namun, Anda harus mampu untuk meningkatkan engagement serta mengerti tentang strategi content. Lalu Anda juga dituntut agar dapat memiliki ide kreatif.

  • Platform Iklan Tiktok

Anda juga dapat memanfaat platform iklan untuk mendapatkan uang dari aplikasi TikTok. Caranya adalah dengan mendaftarkan produk yang ingin dijual kepada pihak TikTok agar mendapatkan akses ke fitur iklan. Seperti, Facebook dan Instagram. TikTok juga bisa membantu Anda untuk mengatur kemunculan iklan dari produk yang dijual.

  • Menjadi Agensi Influencer

Sekarang ini banyak sekali pemilik bisnis atau perusahaan yang menggunakan TikTok sebagai salah satu strategi pemasaran mereka. Hal ini tentunya dapat dimanfaatlah oleh para content creator atau influencer untuk mendapatkan keuntungan. Tentunya dengan adanya peluang ini, Anda sebagai agensi yang menaungi para influencer.

  • Jasa Konsultan

Selanjutnya hanya dapat dilakukan apabila Anda merupakan seorang TikTokers yang sudah profesional. Dimana Anda telah memahami bagaimana caranya membuat sebuah video konten yang bisa menjaring ribuan atau ratusan ribu penonton.

Tentunya hal tersebut merupakan sebuah langkah yang baik dengan berbagi pengalaman Anda selama menggunakan aplikasi TikTok. Anda dapat membantu para content creator baru yang ingin menjadi terkenal.

Tentunya jasa konsultansi ini tidaklah gratis, Anda boleh memberikan tarif yang memang telah ditetapkan atau berdasarkan perjanjian dengan klien. Karena pastinya para pengguna baru yang menginginkan kesuksesan akan mencari seorang profesional demi membantu mereka.

  • Jual Beli Akun

Terakhir adalah dengan melakukan jasa jual beli akun yang telah memiliki banyak viewers dan juga pengikut. Anda dapat membuat dulu satu buah akun, lalu tingkatkan engagementnya, jika sudah stabil serta baik, bangunlah sebuah komunitas dengan animo yang sama dengan Anda. Kemudian jika akun tersebut telah besar, Anda bisa menjualnya kepada brand atau perusahaan yang berminat.

Cara Meningkatkan Pengikut TikTok

Sama saja dengan platform sosial media lain, bila Anda ingin mendapatkan penghasilan dari aplikasi TikTok Anda harus memiliki pengikut dan penonton dalam jumlah besar. Tujuannya adalah agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang secara signifikan.

Setidaknya Anda harus memiliki 10.000 sampai dengan 1 juta followers agar dapat melakukan monetisasi akun. Karena itu ada baiknya, Anda mulai menambah jumlah pengikut dari akun yang Anda miliki.

Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini agar pengikut naik dengan cepat :

  1. Buatlah profil akun yang unik, Anda harus dapat membuat konten secara menarik agar nantinya disukai oleh banyak orang.
  2. Pahamilah lagu atau tren musik yang sedang booming saat ini.
  3. Anda dapat menautkan akun TikTok ke media sosial lain yang Anda miliki agar lebih banyak penonton serta pengikutnya.
  4. Di TikTok sering sekali mengadakan challenge, ikuti tren tersebut karena ini juga salah satu cara menjaring followers dan viewers.

Sebenarnya banyak sekali platform yang dapat memberikan penghasilan kepada Anda, karena semuanya bisa dapat berhasil atau tidaknya bergantung dengan diri Anda sendiri. Anda harus dapat melihat peluang, sabar, teliti dan jangan mudah menyerah.

You may also like