Home Tips Ini Dia Biaya, Tempat Pengisian, dan Cara Pengisian Baterai Mobil Listrik

Ini Dia Biaya, Tempat Pengisian, dan Cara Pengisian Baterai Mobil Listrik

by Mas Abadi
Baterai mobil listrik

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini kendaraan bermotor pun tidak menggunakan bahan bakar yang biasa dipakai. Mobil listrik pun sekarang sudah menjadi trend di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentu saja pengisian daya listrik pada mobil ini ada caranya tersendiri serta perhitungan biaya yang berbeda. Bahkan tidak seperti luar negeri, untuk Indonesia hanya ada beberapa tempat pengisian mobil listrik yang sudah tersedia. 

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki mobil listrik, maka harus tahu berapa besaran biaya pengisian yang akan dikenakan, di mana tempatnya serta bagaimana cara mengisi baterainya. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca penjelasannya di bawah ini. 

Keunggulan dari Mobil Listrik 

Tentu saja bagi yang masih awam akan bingung sebenarnya apa saja keunggulan dari mobil listrik. Inilah beberapa keunggulannya yang membuat mobil listrik lebih diminati: 

  1. Suara mesin tidak terlalu berisik dan terasa sangat halus. Bahkan ketika mobil berhenti dalam keadaan hidup, suara yang dihasilkan hanyalah sekitar 30 db hingga 40 db. Sehingga polusi suara karena kendaraan pun bisa berkurang jauh. 
  2. Meski satu mobil listrik masih dijual dengan sangat tinggi, tapi untuk biaya perawatan dan kepemilikan jauh lebih murah. 
  3. Mobil listrik juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Karena banyak komponen dari mobil biasa yang tidak disematkan pada mobil listrik. Contohnya adalah perawatan ganti oli mesin yang memang tidak dibutuhkan oleh mobil listrik. 

Banyaknya keunggulan tersebut, maka tidak heran jika sekarang ini mobil listrik menjadi salah satu kendaraan paling dicari. Sayangnya, hingga sekarang harga mobil listrik masih terlalu mahal. Satu unit mobil listrik dari Hyundai dibanderol sekitar 600 jutaan rupiah. 

Biaya Pengisian Baterai Mobil Listrik 

Mobil listrik memang jenis kendaraan hemat energi, terlebih lagi beberapa lokasi SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum membebaskan biaya pengisian untuk mobil listrik. Pemerintah menyatakan bahwa kebutuhan daya untuk kendaraan listrik ini hanyalah sekitar 1.650 rupiah per kWh hingga 2.466 rupiah per kWh. 

Jika Anda memilih pengisian daya mobil listrik yang paling murah yaitu 1.650 rupiah, maka bila mengisi kendaraan listrik dengan kapasitas baterai sekitar 75 kWH, besaran biaya yang akan dibayarkan adalah sekitar Rp. 123.750 saja. 

Setiap 1 kWh sendiri mampu menempuh jarak sekitar 5,1 km, ini berarti untuk pengisian satu kali bisa menempuh jarak hingga 112,5 km. Dari perhitungan tersebut, maka sudah terbukti bahwa biaya untuk mengisi baterai mobil listrik lebih mudah dibandingkan menggunakan bensin. 

Tempat Pengisian Baterai Mobil Listrik 

Karena sekarang pengguna mobil listrik di Indonesia semakin banyak, maka pemerintah pun terus membangun tempat-tempat untuk mengisi daya mobil listrik. Tempat pengisian ini disebut dengan SPLU atau Stasiun Pengisian Listrik Umum dan SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

Bagi Anda yang berada di daerah Jakarta, dapat mengunjungi Kantor Pusat PLN, PLN UID serta Senayan City. Di sana sudah tersedia tempat untuk mengisi baterai kendaraan listrik. Lalu masih ada tempat lain seperti Dealer Srikandi yang terdapat di Sunter dan Mampang. Anda juga bisa mengisi baterai mobil listrik di Dealer Sun Motor yang berada di kawasan Fatmawati dan Cempaka Putih. 

Untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya sekarang ini sepertinya tidak perlu khawatir lagi, karena memang tempat pengisian daya mobil listrik sudah tersebar. Sedangkan untuk Jawa Tengah dan Yogyakarta bisa datang ke PLN UID di wilayah tersebut. Jika Anda ingin mencari lokasi pengisian terdekat, dapat mendownload aplikasi Charge.IN. 

Cara Mengisi Baterai Mobil Listrik 

Sebenarnya Anda bisa mengisi baterai mobil listrik di rumah, hanya saja untuk bisa mengisi daya hingga penuh membutuhkan waktu hingga 17 jam. Sedangkan jika Anda mengisi di SPLU yang disediakan oleh PLN, maka waktu yang dibutuhkan hanyalah sekitar 3 jam saja. Untuk yang menggunakan teknologi fast charging hanya membutuhkan waktu 1 jam. 

Berikut ini adalah cara mengisi baterai mobil listrik di SPLU atau SPKLU milik PLN: 

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Charge.IN. 
  2. Apabila sudah, maka Anda bisa mendaftar akun baru. 
  3. Jika sudah terdaftar, selanjutnya Anda bisa mencari dimana lokasi SPKLU terdekat. 
  4. Bila sudah menemukan lokasi SPKLU yang paling dekat, maka Anda hanya tinggal mencolokan Gun yang sesuai dengan mobil Anda. 
  5. Lalu, aktifkan NFC pada ponsel dan tempelkan di tempat pengisian baterai dan tunggu sesaat. 
  6. Nanti akan muncul barcode dan bisa langsung Anda Scan QR, lalu masukan kWh yang akan diisi. Secara otomatis keterangan biaya juga akan ikut muncul. 
  7. Untuk saat ini, pembayaran hanya bisa melalui e-wallet LinkAja. Jadi, jika Anda belum menggunakan e-wallet tersebut lebih baik mendownload dan mendaftar terlebih dahulu. 
  8. Jika semua sudah selesai, maka Ada hanya perlu menunggu hingga pengisian daya selesai. 

Demikianlah penjelasan dari biaya dan cara mengisi baterai mobil listrik beserta dengan lokasi di mana Anda dapat mengisinya. 

 

You may also like