Home Bisnis Ini Dia 10 Cara Membuat Toko Online yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bisnis

Ini Dia 10 Cara Membuat Toko Online yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bisnis

by Mas Abadi
cara membuat toko online

Di era digital seperti sekarang ini, membuat toko online sepertinya sudah menjadi keharusan untuk seluruh pemilik usaha. Karena saat ini, penjualan lewat online dirasa lebih berhasil untuk menjangkau seluruh konsumen dengan mudah. Selain itu, toko online juga terbilang praktis untuk pembeli karena tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke toko offline. Lalu bagaimana cara untuk membuat toko online ini? Simak penjelasannya berikut ini. 

Tentang Toko Online 

Banyak yang menganggap bahwa e-commerce dan marketplace sudah masuk kategori toko online, tapi sebenarnya ada perbedaan. Maka daripada itu, Anda harus memahami terlebih dahulu perbedaan dari ketiganya. 

Marketplace merupakan platform online yang mempertemukan antara pembeli dan penjual secara langsung. Marketplace memiliki tingkat keamanan yang sangat baik, sehingga jarang sekali terjadi penipuan baik itu dari segi pembeli maupun penjual. 

Tapi, dalam marketplace tingkat persaingan terbilang tinggi karena satu brand atau barang akan dijual oleh berbagai toko yang ada. Contoh marketplace adalah seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan lain sebagainya. 

Sedangkan untuk e-commerce, biasanya tidak ada tempat untuk para penjual. Di mana e-commerce hanya menjual barang dari brand sendiri dan yang bekerja sama dengan mereka. Contoh dari e-commerce adalah seperti Sociola, JD.ID, Orami dan lain sebagainya. 

Dari penjelasan tersebut, maka bisa dikatakan bahwa toko online adalah sebuah tempat yang menjual barang-barang yang diproduksi sendiri. Toko online ini biasanya menggunakan website atau media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk menjual seluruh produk. 

Cara Membuat Toko Online 

Peningkatan penjualan dari online inilah yang menyebabkan banyak sekali toko online yang bermunculan. Bagi Anda yang juga ingin membuka online shop, berikut ini adalah 10 caranya: 

  1. Domain untuk nama toko 

Pertama-tama, tentu saja Anda harus membuat nama online shop terlebih dahulu. Nama ini akan menjadi identitas untuk toko Anda sehingga akan mudah dikenal. Sebisa mungkin dalam membuat nama domain untuk online shop adalah unik, pendek dan mudah diingat.

Tapi, lebih baik Anda membuat nama toko ini lebih dari satu. Hal ini untuk mengantisipasi adanya nama toko atau domain web yang sama. Jika Anda ingin tahu apakah domain untuk toko masih tersedia atau tidak, lebih cek di tool khusus untuk melihat domain yang tersedia. 

2. Pilih web hosting 

Jika sebelumnya domain web adalah nama untuk toko online, sedangkan web hosting adalah wadah tempat Anda berjualan. Dalam web hosting akan tersimpan seluruh data tentang toko online yang Anda miliki. Ketika memilih web hosting ini lebih baik memperhatikan kebutuhan toko. Jangan sampai saat toko sedang ramai dikunjungi, web malah down. 

3. Buat di Wordpress 

Wordpress adalah salah satu platform blog yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi toko online. Wordpress pun tersedia dengan gratis, meski untuk beberapa jenis domain Anda harus membayar. Tapi, setidaknya tidak terlalu mahal. Platform ini sangatlah cocok untuk digunakan pemilik toko online pemula. Kelebihan lain dari Wordpress adalah sangat muda untuk dioptimasi. 

4. Buat desain website semenarik mungkin 

Setelah membuat website, maka Anda harus memastikan bahwa desainnya cukup menarik. Anda bisa membuat desain sesuai dengan produk yang dijual. Bisa juga mendesain web sesuai dengan identitas dari toko Anda. Berikan warna-warna yang sekiranya cocok dengan produk. Pastikan juga bahwa ukuran font dan gambar beresolusi tinggi. 

5. Upload foto produk 

Ketika berjualan online, maka foto produk adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Anda dapat menyusun seluruh foto produk agar lebih mudah dicari. Pastikan bahwa foto menampilkan visual yang jelas serta menarik. Karena dari foto, calon pembeli akan menilai apakah sudah sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak. 

6. Deskripsikan seluruh produk 

Tidak hanya mengupload foto produk yang menarik saja, Anda juga harus memberikan deskripsi atau penjelasan tentang produk tersebut. Keterangan tentang produk sangatlah penting agar membuat pembeli semakin yakin untuk membeli produk Anda. Tidak hanya itu saja, ada deskripsi ini akan membantu pembeli membayangkan produk tersebut. 

7. Jelaskan sistem pengiriman produk 

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan sistem pengiriman produk yang dibeli. Karena transaksi dilakukan secara online, maka penjual dan pembeli tidak saling bertemu. Maka, Anda harus menjelaskan masalah pengiriman barang. Semisalnya dikirim dengan ekspedisi apa, lalu juga harus memberi tahu barang dikirim dari kota mana. 

8. Optimasi website 

Selanjutnya agar website toko online juga mudah untuk dicari, maka lakukanlah optimasi dengan menggunakan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Teknik ini sendiri bertujuan agar meningkatkan pengunjung toko Anda. Selain itu, Anda juga harus optimasi user experience. Optimasi yang satu ini sendiri untuk membantu Anda mendapatkan pengalaman berbelanja dari pengunjung toko akan website toko yang dikelola. 

9. Share website 

Cara selanjutnya adalah dengan share web toko online Anda. Sebarkan atau pasarkan toko Anda di beberapa media sosial yang dimiliki. Hal ini untuk membantu menaikan visitor toko online yang dikelola. Tidak ada salahnya memasarkan website dengan bantuan influencer atau endorse. Cara ini cukuplah ampuh untuk meningkatkan traffic website. 

10. Lakukan pengecekan website 

Cara terakhir adalah dengan melakukan cek website toko. Anda harus memeriksa ulang foto produk, deskripsi dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melakukan tes seperti check out barang, pembayaran dan lain sebagainya. Hal ini akan membantu sekali untuk mengetahui kesiapan website toko online Anda. 

Itulah beberapa cara membuat toko online yang harus Anda perhatikan. Dengan mengikuti cara tersebut, maka Anda bisa membuat online shop yang berkualitas dan menarik pembeli. Hal paling penting ada membuat website yang ramah dibuka dengan menggunakan smartphone, ya. Karena masyarakat lebih memilih mencari toko online melalui ponsel pintar mereka. 

You may also like